teenz-heart-juni-2014

Teenz Heart — Teman Curhat • LIII

DISINDIR MANTAN
Hai kak, gimana sih menanggapimantan pacaryang seringmenyindir dan menjelek-jelekkan cowokku? Gimana cara kita menanggapinya?
NN, 085254696xxx

Hai sayang, tentang mantan pacarmu, ada baiknya kamu mulai membatasi diri untuk berhubungan dengan dia. Jika kamu merasa tindakan dia sudah melebihi batas sebagai seorang teman dan kamu tidak merasa nyaman, kamu berhak untuk tidak perlu berhubungan dengan dia. GBU.

MEMPERMALUKAN KELUARGA
Kak, keluargaku selalu mengingat kesalahan yang secara tidak sadar aku lakukan. Setiap hari mereka menunjukkan kebenciannya padaku. Memang sih, kesalahan itu cukup mempermalukan keluargaku, aku harus gimana ya?
NN, 085659085xxx

Hai, sayang, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah meminta maaf pada keluargamu dan berusaha untuk menunjukkan pertobatanmu, dengan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Memang tidak mudah, dan kamu harus belajar bersabar untuk menumbuhkanrasa percaya keluargamu. Tetap andalkan Tuhan Yesus, agar kamu bisa lewati waktumu. GBU.

BELAJAR MANDIRI
Aku sebenarnya mau ikut training tamborin. Tapi, terkadang tidak ada yang mengantar. Cari solusinya ya kak, biar aku bisa ikut training. GBU.
Lia, Surabaya, 08563225xxx

Lia, berusahalah mencari teman yang sama-sama mengikuti kegiatan tersebut agar kalian bisa pergi bersama-sama. Ini mungkin waktu yang baik bagimu untuk mulai belajar mandiri. GBU.

PACARAN YANG SEHAT
Kak, pacaran yang sehat tuh yang gimana?Bolehkah berciuman? Kadang aku dan pacarku suka terbawa nafsu.
NN, 085254696xxx

Hai sayang, usiamu berapa?Pacaran yang sehat itu tentunya untuk mempermuliakan nama Tuhan, termasuk menjaga nilai kekudusan dan kesopanan. Sebaiknya, hindari kontak fisik yang membangkitkan gairah seksual, seperti berpelukan dan berciuman. Berhati-hatilah agar cinta kasihmu tidak berubah menjadi hawa nafsu,sebaliknya isilah waktu kebersamaan dengan hal-hal positif seperti belajar bersama, melayani bersama, dsb (2 Tim. 2:22, Mat. 26:41). GBU.

PACARAN DI FB
Kak, aku punya cowok tapi kami tidak pernah bertemu. Kami sama-sama pelayanan di tempat yang berbeda. Kami kenal dari FB, terus saling berkomunikasi via media itu. Gimana ya kak? Aku khawatir.
Elen, Medan, 085358728xxx

Elen terkasih, seperti pepatah mengatakan “Teliti sebelum membeli”, sebaiknya kamu memastikan terlebih dahulu siapa dan bagaimana dia sesungguhnya dalam dunia nyata. Ada banyak hal negatif yang terjadi karena ketertarikan seseorang lewat FB atau sosmed.Perlu diingat, utamakanlah keamananmuuntuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kejahatan, penipuan dsb. Konsultasikan dengan ortumu dan berdoalah untuk semua tindakan yang kamu lakukan. GBU.

PENGAMPUNAN-NYA
Syalom, bagaimana cara memohon ampun kepada Tuhan atassemua kesalahan kita dan meminta kasih anugerah-Nya?
Susi, 085238334xxx

Susi sayang, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengaku dan memohon di hadapan Tuhan, dan menerima pengampunan-Nya (1 Yoh. 1:9).Kemudian, janganlah mengulangi kesalahan atau dosa itu kembali, melainkan layanilah Tuhan dengan melakukan kehendak-Nya. GBU.

EJEKAN TEMAN
Kak, ada teman yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus dan mengejek, bagaimana sebaiknya sikapku?
Andreas, 085235048xxx

Hai Andreas, jangan membalas mereka, tapi tetaplah menunjukkan kasih sambil berdoa untuk mereka dan meminta hikmat supaya Tuhan memampukanmu menjadi teladan bagi mereka (Mat. 5:39–48). GBU.

MELAWAN SI JAHAT
Kak, aku punya kebiasaan buruk,cepat emosi, pemalas,dan suka mencuri uang mama saya. Bagaimana solusinya supaya hal ini tidak menjadi kesempatan bagi Iblis untuk menjatuhkanku?
085344607xxx

Syalom, hal pertama yang kamu lakukan adalah kamu harus jujur mengakui apa yang kamu lakukan pada mamamu, meminta maaf dan meminta pertolongan agar kebiasaan buruk ini bisa kamu atasi. Kedua, kamu harus belajar disiplin membaca firman Tuhan, agar hidupmu dipenuhi kebenaran dan tuntunan-Nya. GBU.

PERCAYA GAK YA?
Kak, umurku 15 tahun, aku punya pacar yang tidak seiman.Dia bilang mau mengikut Tuhan Yesus. Gimana kak, apakah aku harus percaya padanya?
Tyur, Riau, 085356760xxx

Tyur sayang, alangkah baiknya bila seseorang menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat oleh karena keputusan pribadi dan bukan karena pengaruh siapapun. Bila kamu berniat untuk mengenalkan Tuhan Yesus kepadanya, kamu bisa berteman baik saja dengannya. Sebaiknya kamu berfokus pada belajar, mengingat usia kamu belum cukup dewasa untuk membangun hubungan serius (pacaran). GBU.

MASIH DITERIMA GAK YA?
Kak, aku sudah lama tidak ke gereja, apakah Tuhan Yesus masih menerimaku?
Jhony, 085239280xxx

Masih dong, ingat tentang perumpamaan anak yang hilang kan (Luk. 15:11-32). Tuhan Yesus membuka tangan-Nya lebar bagimu, ayo ikut ibadah lagi di gereja. GBU.

HANYA BUNGKAM
Kak, pacarku mutusin aku, tapi dia tidak mau menjelaskan kenapa. Tiap kali ditanya, dia bungkam. Aku harus gimana?
Marsel, 085238267xxx

Hai Marsel, cobalah bertanya padanya kembali saat hatinya sudah tenang dan dengan penuh kelembutan. Jika ia merasa berat untuk berbicara langsung, kamu bisa memintanya untuk menuliskanatau menyampaikannya kepada orang yang dia percaya untuk disampaikan padamu. Tetap semangat ya. GBU.

DITEMBAK
Saya ditembak oleh mantan pacar sahabat saya.Tapi kalau diterima saya takut dibilang “teman makan teman” dan sahabat saya juga menyarankan agar saya terima dia.Sahabat saya itu juga pernah berpacaran dengan mantan pacar saya. Jadi apa yang harus saya lakukan?
Ayu, 085336317xxx

Hai Ayu, hubungan berpacaran kamu sungguh ribet banget ya.Berapa usiamu? Jika kamu masih muda, sebaiknya kamu keluar dari lingkungan pertemanan semacam itu, agar kamu memiliki wawasan yang lebih luas. Mungkin kamu perbanyak teman saja lebih dahulu, fokus pada sekolah atau pekerjaan. Percayalah, Tuhan akan berikan yang terbaik sebagai pasanganmu kelak. GBU.

KEMBALI BERSEMANGAT
Kak, gimana supaya aku bisa kembali bersemangat belajar?
Gresia, 082391813xxx

Hai Gresia, kamu bisa memulai menyemangati dirimu sendiri semisal dengan memikirkan tentang cita-citamu dan bagaimana mewujudkannya. Kamu bisa belajar secara kelompok bersama teman-temanmu, agar ada suasana baru. Tuhan Yesus menolongmu.

MIKIR DIA TERUS
Kak, aku kok sering memikirkan seorang cowok yang sering antar jemput aku ya? Setiap hari aku berdoa agar ia disertai Tuhan. Kak, apakah dia dapat merasakan hal yang sama denganku ya?
Lina, 085398464xxx

Wah, kamu sedang jatuh cinta tuh, Lin. Kita tidak bisa tahu bagaimana perasaan seseorang sebelum orang itu menunjukkan pada kita. Kamu boleh saja berdoa baginya dan memikirkannya, tapi jangan sampai itu menjadikan Tuhan nomor dua dalam hatimu ya. Tetaplah mengutamakan Tuhan dan prioritas hidupmu (seperti belajar). GBU.

SAKITNYA DIBOHONGI
Kak, aku bingung, kenapa ya pacarku selama ini tidak jujur padaku? Akhirnya dia mengakui kalau dia hanya mempermainkan aku. Sakit banget rasanya dibohongi oleh orang yang kita sayangi dengan tulus.
Nove, 08974580xxx

Tetap sabar ya Nove,yakinlah bahwa Tuhan Yesus mengizinkan hal tersebut terjadi karena Ia mengasihimu. Ia tahu yang terbaik bagimu dan masa depanmu. Roh Kudus menolong dan memberi kekuatan bagimu. GBU.

KAKAK CEREWET
Kak, aku sebel banget sama kakakku yang cerewet dan sering meledekku. Aku juga sudah punya pacar yang sayang banget padaku, tapi aku belum memberi tahu orang tuaku. Gimana ya kak?
Rina, 081396873xxx

Hai Rina, kecerewetan kakakmu kemungkinan adalah bentuk rasa kasihnya padamu, jadi tetaplah bersabar dengan kakakmu.Sebaiknya kamu jujur pada orang tuamu, sehingga mereka bisa memantau hubungan berpacaran kalian. GBU.

RUSAK HUBUNGAN
Kak, temanku diam-diam suka sama pacarku. Aku sudah cerita pada pacarku tentang hal itu. Tapi aku bingung harus gimana? Aku takut persahabatanku rusak karena cinta.
Wati, 082387524xxx

Wati, sebaiknya kamu jujur menjelaskan hubunganmu dengan pacarmu, kepada sahabatmu, dengan kasih dan kelemah lembutan. Karena dusta, walaupun untuk kebaikan tetap saja dosa, kasihilah sahabatmu dengan tulus (Rm. 12:9). GBU.

MENJAGA HIDUP
Kak, gimana caranya supaya tetap menjadi baik dan bertobat?
Yuyun, Sulteng, 085756346xxx

Yuyun terkasih, bertobat dan menjadi baik adalah hal yang berbeda. Bertobat adalah berhenti melakukan dosa dan melakukan sebaliknya (melakukan perintah-Nya). Sedangkan berbuat baik adalah melakukan apa yang menurut kita baik. Keduanya dapat dilakukan dengan menjaga hidup kita sesuai firman Tuhan (Mzm. 119:9). GBU.

USUL NIH…
Kak, aku usul….tolong dong Kerygma Teenz memuat profil Steve Idol dan Alvin Idola Cilik.
Juan, Manado, 081362882xxx

Usul kamu, kami pertimbangankan ya. Terimakasih. GBU.

 

FOKUS
Kak, bagaimana caranya supaya aku fokus dan tidak memikirkan cowok yang aku sukai?
Dewi, 083185186xxx

Syalom Dewi, cobalah memusatkan perhatianmu pada pelajaran. Bergaulah dengan teman-teman yang semangat belajar dan isilah waktu-waktumu dengan belajar, dengan demikian perhatianmu akan tercurah lebih banyak untuk belajar. GBU.

TIDAK MALAS
Syalom, gimana sih supaya kita tidak malas mengerjakan tanggung jawab kita? Aku sering kena marah mama karena malas, kak. Aku ingin berubah jadi lebih baik, sarannya dong kak! GBU.
Sri, 083185399xxx

Hai Sri, senang sekali mendengar komitmenmu untuk berubah. Tapi yang terlebih penting, kamu memenuhi komitmen tersebut. Mintalah pertolongan Roh Kudus untuk senantiasa mengingatkanmu akan komitmenmu. Lakukanlah segala sesuatu atas dasar kasih pada Tuhan (1 Kor. 16:14, Kol. 3:23). GBU.

PLIN PLAN
Saya bingung kenapa cowok yang aku sukatidak memberi kepastian,tapi malah mendekati cewek lain.Padahal saya tau kalau dia juga suka pada saya.
Dessy, Medan, 082362018xxx

Hai Dessy, seorang yang dewasa akan menunjukkan rasa tanggung jawabnya terhadap apa yang ia rasakan dengan jujur kepada dirinya sendiri. Sabarlah menunggu bila memang Tuhan memberikan perasaan yang sama sepertimu, pada waktu-Nya Ia akan membawanya kepadamu. Tetaplah berdoa, agar Tuhan tunjukkan yang terbaik bagimu. GBU.

MAU YANG SEIMAN
Hai, aku punya pacar tapi dia tidak seiman. Sekarang ini aku lagi pendekatan dengan salah seorang teman cewek yang seiman. Bagaimana ya?
NN, 085722968xxx

Hai, sebaiknya kamu membereskan hubunganmu dengan pacarmu terlebih dahulu, baru melakukan pendekatan dengan teman seimanmu tersebut. GBU.

KURANG PERHATIAN
Kak, pacarku kurang perhatian padaku, aku harus gimana dong?
NN, 085754214xxx

Suatu hubungan yang sehat bersifat timbal balik (kedua belah pihak). Namun, setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam mengungkapkan kasihnya. Cobalah mengenali cara pasanganmu mengungkapkannya. Jangan lupa bahwa hubungan pacaran haruslah didasari dengan kasih (1 Kor. 13). Jadilah teladan dalam berbuat kasih (1 Tim. 4:12). GBU.

TAKUT MEMUTUSKAN
Kak, aku ragu untuk mengambil keputusan. Aku punya cowok yang tidak seiman dan sikapnya kurang baik padaku, sering menyakitiku, aku ingin mengakhirinya kak. Tapi aku sayang banget padanya. Aku takut menyesal dan salah mengambil keputusan. Bagaimana ini kak?
Ani, 085256560xxx

Ani sayang, cobalah memperhitungkan akibat baik dan buruk dalam setiap keputusan yang kamu ambil. Pertimbangkanlah mana yang lebih berkenan pada Tuhan, tentunya dengan mengukurnya sesusai kebenaran firman Tuhan (2 Kor. 6:14). GBU.

Photo Credit: http://www.mini-invasive.net

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *