teenz-heart-juni-2014

Teenz Heart — Teman Curhat • LXIII

PROMO
Shalom Kak Lia, boleh gak promosi nomor?
Juan, +6282165105xxx

Tentu boleh. Ada baiknya kamu kirimkan biodata dan fotomu ke redaksi Kerygma Teenz agar semua kawan bisa mengenalmu. GBU.

GIMANA CARANYA?
Shalom kak, gimana caranya untuk fokus membaca firman dan berdoa ? Soalnya ada saja hal yang membuatku tidak bisa berkonsentrasi. GBU.
Fei Fei, +6287857539xxx

Fei-Fei yang manis, kamu yang lebih tahu jadwal keseharianmu. Sebaiknya, di pagi hari, setelah bangun tidur, lanjutkan dengan berdoa dan membaca Firman Tuhan. Lakukan rutin setiap hari agar kamu memiliki kedisiplin. GBU.

MENGAPA MENGAMPUNI ?
Hallo Kak Lia, mengapa kita masih harus saling mengampuni ?
Randy, +6285333504xxx

Bacalah Matius 6:14-15 ya, agar kamu paham apa alasan kita harus mengampuni. GBU.

 

BERUBAH
Shalom, belakangan ini papa berubah dan sudah tidak mau ke gereja. Banyak banget alasannya. Aku harus gimana ya kak sebagai anak? GBU.
Pricilia, Tangerang, 0856719xxxx

Jangan jemu-jemu untuk mengingatkan Papamu. Mungkin Papamu sedang menghadapi sesuatu yang belum bisa diceritakan ke kamu. Teruslah berdoa bagi papamu agar Tuhan mengubahkan hatinya.

APAKAH BOLEH?
Kak apakah dosa jika anak Tuhan berpegangan tangan, memeluk, berangkulan saat berpacaran. Apakah dosa saat mencium pipi pasangannya? Mohon sharingnya ya kak.
Elvin, 082349526xxx

Elvin terkasih, sebaiknya kamu menghindari hal-hal sedemikian rupa saat berpacaran, karena terkadang hal itu menumbuhkan rangsangan yang menyebabkan tindakan yang lebih berani dan berisiko. Jagalah kekudusan hidupmu dengan mencegah hal-hal yang mendatangkan risiko buruk. GBU.

BERTANYA
Renungan harian remaja Kerygma Teenz itu kan bilingual, mengapa gak di buat sebelahan ya, maksudnya misal di sebelah kanan bahasa Indonesia dan di sebelah kiri bahasa Inggrisnya. Lumayan kan buat belajar bahasa inggris. Apakah redaksi menerima naskah renungan? Usul, tambah rubrik Cerpen dong. Makasih.
Mila, Jakarta, 089621335xxx

Terima kasih untuk masukanmu, akan kami pertimbangkan. Mengenai naskah renungan, telah ada tim redaksi yang menyiapkannya. Meski demikian jika kamu ingin terlibat dalam pelayannan ini, kamu dapat mengirimkan contoh naskah renungan kamu melalui email redaksi. GBU.

HATI YANG PEDIH
Kak aku mau curhat. Besok ada syukuran memperingati orang-tuaku. Di rumah yang Kristen tinggal saya dan nenek saja. Nenek saya tidak mau berhenti menangis. Saya pun sebenarnya tidak rela. Gimana dong kak?
Bella, 083834411xxx

Bella terkasih, ada penghiburan di dalam Tuhan Yesus (2 Kor. 1:4), hiburlah nenekmu dan ajaklah berdoa. Jika kita percaya, Tuhan Yesus yang akan menguatkan dan mengggantikan dukacita menjadi sukacita. GBU.

SELALU DIMARAHI
Kak, kenapa aku selalu dimarahi keluargaku? Padahal kalau aku bertengkar dengan adik, ada kalanya yang salah itu adik. Dia salah saja dibenarin. Tapi kalau aku salah ya tetap salah.
Vivi, 085354704xxx

Hai Vivi, sebagai seorang kakak, wajar jika kamu belajar mengalah. Jadilah teladan yang baik bagi adikmu, nasihati dengan lemah lembut jika dia melakukan kekeliruan agar dia juga belajar menghormatimu. GBU.

PACAR SELINGKUH
Pagi, Kak, jika pacar kita selingkuh dan kita membalasnya dengan selingkuh, apa boleh?
Arieska Shylla, 085293119xxx

Arieska terkasih, Tuhan Yesus senantiasa mengajarkan kasih pada kita. Ada baiknya kamu membicarakan permasalahan tersebut berdua dengan pacarmu, dengan kepala dingin. Jika memang ia tidak serius dengan komitmen kalian berdua, ada baiknya kamu juga belajar mengampuni dan melepaskan dia. Tuhan Yesus menolong memulihkan hatimu.

GAK SUKA
Syalom, aku punya teman cowok yang dekat sama aku. Dia orangnya baik, tapi sayang perokok. Aku gak suka cowok perokok.
RLA , Jakarta Utara, 089666248xxx

Hai, sayang, cobalah ingatkan dia secara baik-baik (1 Kor.6: 19). Jika memang dia tidak mau mendengarkan ucapanmu, ada baiknya kamu mulai menjaga jarak dengan dia, dan berteman biasa saja. GBU.

MERASA GAK TERIMA
Shalom kak, adik saya sudah lima tahun meninggal, tapi aku gak pernah mengikhlaskannya pergi. Aku sangat merindukanya dan selalu menyalahkan diriku sendiri atas kematianya. Apa yang harus aku lakukan?
Jean, Palangkaraya, 082350458521

Jean terkasih, berhentilah menyalahkan dirimu sendiri. Jika kamu rindu, berdoalah. Percayalah, Tuhan Yesus yang adalah sumber kehidupan bagi kita, akan memberikan tempat di surga bagi adikmu. Jadi, tak ada lagi yang perlu dikhawatirkan. GBU

MERASA SENDIRI
Kak dulu waktu masih kelas 5C banyak sekali sahabatku, tapi sejak aku naik kelas XI-E aku merasa kesepian. Aku terpisah dari sahabat-sahabatku. Bagaimana caranya agar aku dapat banyak teman lagi? Makasih.
Catharine, Jayapura, 081240916xxx

Hai Chatarine yang cantik. Terimalah teman-temanmu yang sekarang ini, dengan lebih terbuka. Mereka juga bisa sangat menyenangkan kok. Ohya, meski berbeda sekolah/kelas, bukankah kamu masih bisa berjumpa dengan sahabat-sahabatmu diwaktu senggang. Sesekali buatlah janji bertemu. GBU.

DOA YANG BENAR
Syalom, bagaimana susunan doa yang baik dan benar, ketika kita sedang memimpin doa bagi orang banyak? Thanks.
Rendy, 08979130xxx

Rendy terkasih, Tuhan Yesus telah mengajarkan kita cara berdoa, (Matius 6: 5-13). Hal terpenting saat berdoa adalah, mengucap syukur atas penyertaan-Nya, dan memintalah hal yang secukupnya dalam hidup. GBU.

SUKA SIH, TAPI…
Kak, tolong solusinya, kenapa ya pacarku tetap gak mau berpacaran denganku… padahal aku sudah belajar sabar. Di sisi lain sahabatnya juga suka dengannya. Pacarku sebenarnya suka juga denganku. Balas ya kak!
Govani, Sukorejo, 085950437xxx

Hai Govani, kalian sebenarnya sudah pacaran atau belum? Kalau memang dia suka kamu, maka dia tidak akan berupah pikiran meskipun ada yang mendekatinya. Lain kali SMS yang jelas ya!

HARUS BAGAIMANA?
Kak, aku pacaran dengan saudaraku. Bahkan sudah pernah putus nyambung, karena kita berdua takut ketahuan oleh orang tua kita. Tapi kami masih saling menyayangi.
Alfrida, Jayapura, 085354757xxx

Hai Alfrida, tujuan berpacaran adalah menikah. Seandainya kalian menikah, maka akan terjadi pernikahan incest (pernikahan sedarah) secara ilmiah memang ditakutkan akan muncul bahaya penyakit yang ditimbulkan oleh recessive genes atau kelainan gen. Baca Imamat 18, di situ kamu akan menemukan bahwa Allah melarang pernikahan incest. Jadi berfikirlah kedepan untuk hubungan kalian. GBU.

BUTUH LAPTOP
Saya sedang butuh laptop untuk praktik kerja, tapi orang tua tidak punya uang. Saya sudah berusaha mencari uang sebisa saya, namun uangnya tetap tidak cukup. Saya tidak tahu harus berbuat apa?
Rahma, Sulteng, 085342660xxx

Hai Rahma, apakah kamu sudah berdoa dan memohon pada Tuhan Yesus? Berdoalah agar Tuhan membukakan jalan bagimu, entah itu melalui saudaramu yang lain, gurumu, atau kawanmu. Percayalah, Dia pasti buka jalan bagimu. GBU.

MULAI GOYAH
Kak, bagaimana caranya dekat dengan Tuhan? Imanku sudah mulai goyah dan malas membaca Alkitab. Apa yang harus aku lakukan?
Vivi, 085354704xxx

Vivi, berusahalah melawan rasa malasmu. Biasakanlah bangun pagi, berdoa dan mengambil waktu membaca firman Tuhan sebelum melakukan hal yang lainnya. Semangat ya. Kamu pasti bisa! GBU.

MOTIVASI DIRI
Bagaimana cara memotivasi hidup kita?
NN, 085262234xxx

Dengan terus mendekatkan diri kepada Allah, maka kamu akan lebih menghargai hidup ini (Mazmur 1:2-3).

KENA LABRAK
Kak, aku punya teman (Y) yang suka dengan seorang cowok (S). Cowok ini adalah mantan kakak tingkat kami (X). Kak X meminta nomor temanku (Y) ke aku. Akupun memberikannya. Awalnya X melabrak Y, beberapa menit kemudian Y melabrak aku dan menuduhku suka juga dengan mantannya (S).
Ema Yunita P, 085740539xxx

Hai Ema, berhati hatilah sebelum memberikan nomor kontak seseorang. Ini merupakan pelajaran yang berharga bagimu bukan?

LDR
Kak, sekarang aku sering bertengkar dengan pacarku, karena hubungan kami jarak jauh (LDR). Aku bilang mau datang, tapi ada halangan terus. Makanya dia marah sama aku. Makasih. GBU.
Andre, 085212456xxx

Andre terkasih, syarat untuk Long distance relationship (LDR) adalah saling setia, percaya, berkomitmen dan doa. Jika pasangan tidak menepati salah satunya pasti akan timbul gesekan, rasa kurang percaya mulai muncul. Ada baiknya kamu lebih terbuka pada pacarmu agar rasa curiganya bisa diatasi. GBU.

MELARANG
Kak, apakah salah jika aku melarang pacarku untuk pergi ke Eropa untuk melaksanakan tugasnya ? Karena aku tidak bisa jauh darinya.
Lestari, Murung Raya, 085347972xxx

Hai Lestari, jarak memang akan membuat rasa rindu semakin besar. Tapi jika kepergiannya untuk masa depan, kenapa dilarang? Kalian masih bisa berkomunikasi dengan telepon, skype atau Sosmed. Maka sepakatilah kemana arah hubungan kalian. Jika memang serius, kalian harus saling menjaga integritas. Bukannya melarang yang lain untuk berkembang. GBU.

DICUEKIN
Kak, aku ada teman pelayanan di gereja yang suka sama aku. Aku sudah nembak dia, cuman dicuekin. Padahal di belakangku dia selalu cerita sama kakak rohaninya kalau dia sebenarnya juga suka sama aku. Gimana cara menghadapi dia? Makasih.
Hany, 081232662xxx

Hany terkasih, terkadang Tuhan meminta kita untuk belajar bersabar untuk menguji hatimu. Sambil menunggu jawabannya, ujilah hatimu apakah kamu memang benar-benar siap berhubungan dengan dia secara serius, demikian pula dengan dirinya, apakah dia akan menjadi pasangan yang tepat bagimu. Tetaplah berdoa!

PENOLONGKU
Tuhan Yesus baik sekali. Ketika ada masalah, Dia selalu mensupport dan menolongku.
Ema, 085740539xxx

Puji Tuhan! Hanya Dialah Tuhan dan penolong kita. Jadi, semakin dekatkan dirimu kepada Allah. GBU.

DILARANG IKUT!
Syalom, Om dan tanteku melarang aku ikut PMPPK (Persekutuan Mahasiswa Pemuda dan Pelajar Kristiani Jayapura). Namun aku ingin banyak tahu tentang Tuhan Yesus. Aku merasa seperti ada dia dalam penjara.
NN, +6285254366xxx

Hai, sayang, apakah selama ini kamu pernah berbicara secara terbuka terhadap mereka? Jika belum, tentu kamu harus jelaskan tentang apa itu PPMK. Pengenalan terhadap Tuhan Yesus bisa juga kamu lakukan dengan jalan semakinbertekun membaca firman Tuhan dan melakukannya dalam hidupmu. Jangan lupa doakan om dan tantemu. GBU.

BERTANYA
Siang, bolehkah aku bergabung dengan Kerygma Teenz. Aku ingin kirim foto juga. Terima kasih, GBU.
NN, +6282188988xxx

Senang sekali mengenalmu. Segera kirim foto dan biodata lengkapmu ke alamat redaksi atau melalui email ke redaksi@kerygmateenz.com. GBU.

Photo Credit: http://www.mini-invasive.net

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *