teenz-heart-juni-2014

Teenz Heart — Teman Curhat • LVII

MENJAGA HIDUP
Kak, gimana caranya supaya tetap menjadi baik dan bertobat?
Yuyun, Sulteng, 085756346xxx

Yuyun terkasih, bertobat dan menjadi baik adalah hal yang berbeda. Bertobat adalah berhenti melakukan dosa dan melakukan sebaliknya (melakukan perintah-Nya). Sedangkan berbuat baik adalah melakukan apa yang menurut kita baik. Keduanya dapat dilakukan dengan menjaga hidup kita sesuai firman Tuhan (Mzm. 119:9). GBU.

USUL NIH…
Kak, aku usul….tolong dong Kerygma Teenz memuat profil Steve Idol dan Alvin Idola Cilik.
Juan, Manado, 081362882xxx

Usul kamu, kami pertimbangankan ya. Terimakasih. GBU.

 

FOKUS
Kak, bagaimana caranya supaya aku fokus dan tidak memikirkan cowok yang aku sukai?
Dewi, 083185186xxx

Syalom Dewi, cobalah memusatkan perhatianmu pada pelajaran. Bergaulah dengan teman-teman yang semangat belajar dan isilah waktu-waktumu dengan belajar, dengan demikian perhatianmu akan tercurah lebih banyak untuk belajar. GBU

TIDAK MALAS
Syalom, gimana sih supaya kita tidak malas mengerjakan tanggung jawab kita? Aku sering kena marah mama karena malas, kak. Aku ingin berubah jadi lebih baik, sarannya dong kak! GBU.
Sri, 083185399xxx

Hai Sri, senang sekali mendengar komitmenmu untuk berubah. Tapi yang terlebih penting, kamu memenuhi komitmen tersebut. Mintalah pertolongan Roh Kudus untuk senantiasa mengingatkanmu akan komitmenmu. Lakukanlah segala sesuatu atas dasar kasih pada Tuhan (1 Kor. 16:14, Kol. 3:23). GBU.

PLIN PLAN
Saya bingung kenapa cowok yang aku suka tidak memberi kepastian,tapi malah mendekati cewek lain.Padahal saya tau kalau dia juga suka pada saya.
Dessy, Medan, 082362018xxx

Hai Dessy, seorang yang dewasa akan menunjukkan rasa tanggung jawabnya terhadap apa yang ia rasakan dengan jujur kepada dirinya sendiri. Sabarlah menunggu bila memang Tuhan memberikan perasaan yang sama sepertimu, pada waktu-Nya Ia akan membawanya kepadamu. Tetaplah berdoa, agar Tuhan tunjukkan yang terbaik bagimu. GBU.

MAU YANG SEIMAN
Hai, aku punya pacar tapi dia tidak seiman. Sekarang ini aku lagi pendekatan dengan salah seorang teman cewek yang seiman. Bagaimana ya?
NN, 085722968xxx

Hai, sebaiknya kamu membereskan hubunganmu dengan pacarmu terlebih dahulu, baru melakukan pendekatan dengan teman seimanmu tersebut. GBU.

KURANG PERHATIAN
Kak, pacarku kurang perhatian padaku, aku harus gimana dong?
NN, 085754214xxx

Suatu hubungan yang sehat bersifat timbal balik (kedua belah pihak). Namun, setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam mengungkapkan kasihnya. Cobalah mengenali cara pasanganmu mengungkapkannya. Jangan lupa bahwa hubungan pacaran haruslah didasari dengan kasih (1 Kor. 13). Jadilah teladan dalam berbuat kasih (1 Tim. 4:12). GBU.

TAKUT MEMUTUSKAN
Kak, aku ragu untuk mengambil keputusan. Aku punya cowok yang tidak seiman dan sikapnya kurang baik padaku, sering menyakitiku, aku ingin mengakhirinya kak. Tapi aku sayang banget padanya. Aku takut menyesal dan salah mengambil keputusan. Bagaimana ini kak?
Ani, 085256560xxx

Ani sayang, cobalah memperhitungkan akibat baik dan buruk dalam setiap keputusan yang kamu ambil. Pertimbangkanlah mana yang lebih berkenan pada Tuhan, tentunya dengan mengukurnya sesusai kebenaran firman Tuhan (2 Kor. 6:14). GBU.

BERTEPUK SEBELAH TANGAN
Kak cowok yang aku suka ternyata sayang sahabatku, dan begitu juga sahabatku pada cowok itu.Jadi aku bingung apa aku harus menjauh dari mereka berdua atau aku harus merelakan cowok itu?
Enjel, 082173474xxx

Hai Enjel, sebaiknya kamu tetap berteman baik dengan mereka berdua namun tetap menjaga untuk tidak saling menyakiti. Pada dasarnya, kasih adalah tidak mementingkan diri sendiri dan tidak cemburu (1 Kor. 13:4-5). GBU.

TEMAN EGOIS
Sebenarnya menghadapi teman yang sangat egois itu gimana ya? Tiap kali aku nasihati, pasti dia tidak mau tahu.
Lily, 082369124xxx

Hai Lily, tetaplah bersabar dan berdoalah untuknya (1 Tes. 5:14). GBU.

 

KAPAN YA…
Syalom, kak, kapan ya saya dapat pasangan hidup karena setiap kali punya teman dekat pasti tidak seiman. Aku ingin punya pasangan hidup yang seiman.
Ovi, Blitar, 085755893xxx

Wah, coba kamu lihat pertanyaan Aries dari Kediri di atas. Yakinlah Tuhan Yesus pasti menjamin masa depan yang terbaik bagimu, asal kita setia menanti janji-Nya yang indah pada waktu-Nya (Pkh. 3:11,; Yer. 29:11). GBU.

DIMINTA BALIKAN
Kakaknya mantanku memohon padaku agar aku balikan dengan adiknya. Tapi aku gak mau kak, dia belum berubah. Gimana kak?
NN, 081247510xxx

Sebaiknya kamu menolak kakaknya dengan baik dan sopan. Tetap sabar ya. GBU.

 

BIMBANG
Syalom kak, aku punya pacar, tapi dia orangnya egois dan pelit. Aku harus putusin atau berbicara langsung?
Syane, Timika, 085344346xxx

Syalom Syane, bila kamu berbicara langsung padanya, berarti kamu memberi kesempatan bagi dia untuk memperbaiki dirinya.Tapi kamu juga harus sabar dan membantunya dalam proses perubahan tersebut, semisal memotivasinya dengan kata-kata positif. Namun bila kamu keberatan dengan sifatnya itu dan tidak sanggup lagi, kamu bisa memutuskannya. Semua keputusan ada risiko dan akibatnya, jadi pertimbangkanlah baik-baik dan berdoalah supaya Tuhan memberimu hikmat. GBU.

MINTA PERHATIAN LEBIH
Kak, gimana caranya menyikapi orang yang kita sayang, tapi minta perhatian melebihi pacar kita?
Dhita, Lampung, 085769647xxx

Sayang kepada siapa nih? Saudara, orang-tua atau sahabat? Sayang pada orang-tua tentu harus di atas sayang kita pada saudara, sahabat dan pacar. Setelah itu sayang pada saudara. Nah, yang ketiga, kamu bisa membuat pilihan, kepada sahabat atau pacar dahulu. Tapi, bila kamu punya pacar,ada hal-hal yang perlu diperhatikan menyangkut komitmen dalam hal saling menjaga dan menghormati perasaan pasangan. Kamu bisa membicarakan hal ini dengan pacarmu, sehingga tidak terjadi salah paham.GBU.

SUARA TUHAN
Kak, suara Tuhan itu apa?
Rini, Kalteng, 08533217xxx

Rini terkasih, suara Tuhan adalah pernyataan yang Tuhan sampaikan pada kita secara pribadi. Tuhan Yesus dapat menyatakan isi hati-Nya (suara-Nya) melalui banyak cara. Jika dalam Perjanjian Lama manusia memerlukan nabi-nabi-Nya sebagai juru bicara-Nya, dalam Perjanjian Baru manusia dapat langsung mendengar-Nya dalam hadirat Roh Kudus yang memberikan pengertian dalam hati kita. Yang perlu diingat yaitu suara Tuhan tidak pernah bertentangan dengan kebenaran firman-Nya. Itulah sebabnya, kita perlu mengasah kepekaan kita melalui suara-Nya yang tertulis (membaca-merenungkan Alkitab). GBU.

NILAI JELEK
Malam kak, akhir-akhir ini nilaiku jelek karena sering SMS-an. Gimana solusinya ya?
Surani, 085753263xxx

Solusinya: kurangi waktumu untuk SMS-an. Saat belajar matikan HP atau aturlah dalam silent-mode tanpa getar dan suara. Bila perlu, mintalah teman SMS–mu untuk tidak SMS atau menghubungimu pada jam tersebut. GBU.

PANGGILAN
Kak, aku Sudah terbiasa dipanggil “kakak” sama temanku di gereja, lalu sekarang dia panggil aku dengan nama saja, kok aneh ya? Apa aku harus maksa dia manggil aku “kakak” ya?
Lina, 085398464xxx

Hai Lina, selama panggilan itu (entah nama atau panggilan akrab “kakak”) tidak melecehkan, sopan dan tidak mempengaruhi hubungan kalian (tidak menjatuhkan,dsb), maka itu tidak masalah. Eh, tahu nggak, budaya barat (Western), panggilan nama langsung dianggap lebih akrab loh, dibanding dengan panggilan lain seperti kakak, adik, dsb.

WHEN YOU SMILE
Senyum itu tak bersuara tapi penuh makna. Murah tapi tak ternilai dengan rupiah.Mudah tapi selalu nampak indah. Senyum itu hal biasa tapi bisa jadi istimewa. Jadi,hiasilah aktivitasmu dengan senyuman agar semua orang ikut tersenyum.
NN, 085344874xxx

Wah, terima kasih. Tetap buat Tuhan Yesus tersenyum selalu ya. GBU.

 

ADU DOMBA
Syalom kak,aku punya teman yang suka mengadu domba. Dia menuduh aku mau merebut pacarnya, padahal pacarnya itu teman akrabku sejak di SMP.
Nesaya, 085751139xxx

Syalom, tetap sabar dan tunjukkan kasih senantiasa ya. Doakan temanmu, bila perlu ajaklah dia berbicara baik-baik empat mata, tanyakan bila ada sikapmu yang tidak berkenan baginya. Berusahalah mendengarkannya saja tanpa menyanggah. Dan jadilah teladan dengan berbuat baik padanya terlebih dahulu. GBU.

HIDUP YANG BERSYUKUR
Hidup tidak selalu berjalan mulus. Butuh kerikil supaya kita berhati-hati; semak duri supaya kita waspada; air mata supaya kita tahu merendahkan diri; masalah supaya kita tahu bersandar kepada Tuhan.Masalah sebesar apa pun akan terasa ringan bagi hati yang bersyukur.
NN, 085344346xxx

Wah, terimakasih untuk kata-kata penguatannya. GBU.

 

BUKAN YANG UTAMA
Kak, apa yang harus aku lakukan jika pacarku tidak mengutamakan aku, tapi malah mengutamakan kepentingannya sendiri?
NN, 085341029xxx

Perlu diingat sebelum resmi menjadi pasangan suami istri, prioritas pasangan kita bukanlah kita. Mereka masih memiliki Tuhan, keluarga, saudara dan hal lain yang bisa menjadi prioritas mereka. Jika kamu ingin perhatian yang lebih darinya, mengapa tidak memulainya dari diri sendiri dengan memberi perhatian yang lebih padanya terlebih dahulu? GBU.

MELUPAKAN MANTAN
Shalom kak, aku ingin melupakan mantanku, caranya gimana ya kak?
Febria, +6283866328xxx

Febria, kamu bisa mengisi hari-harimu dengan berbagai kegiatan, misal: olah raga, membuat ketrampilan atau bergabung dengan kegiatan teman-teman di gereja. Ketika waktu luangmu sedikit maka kesempatan untuk mengingat mantan pacarmu juga berkurang. Terpenting adalah kesungguhan hati dalam doamu, minta Tuhan Yesus terus menguatkan hatimu. GBU.

PROMO
Shalom Kak Lia, aku mau tanya di Teenz Heart boleh promosi nomor gak ?
Juan, +6282165105xxx

Tentu boleh. Ada baiknya kamu kirimkan biodata dan fotomu ke redaksi Kerygma Teenz agar semua kawan bisa mengenalmu. GBU.

GIMANA CARANYA?
Shalom kak, gimana caranya untuk fokus membaca firman dan berdoa ? Soalnya ada saja hal yang membuatku tidak berkonsentrasi membaca firman dan berdoa. GBU.
Fei Fei, +6287857539xxx

Fei-fei yang manis, kamu yang lebih tahu jadwal keseharianmu. Sebaiknya, saat bangun tidur di pagi hari atau akan tidur di waktu malam, kamu menyempatkan membaca Firman Tuhan dan berdoa. GBU.

MENGAPA MENGAMPUNI ?
Hallo Kak Lia, mengapa kita masih harus saling mengampuni ?
Randy, +6285333504xxx

Bacalah Matius 6:14-15 ya, agar kamu paham apa alasan kita harus mengampuni. GBU.

 

Photo Credit: http://www.mini-invasive.net

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *