teenz-heart-juni-2014

Teenz Heart — Teman Curhat • LVI

KERAS KEPALA
Kak gimana caranya menghadapi musuh yang keras kepala itu?
Laras, Pasuruan, 089677119xxx

Dengan kasih, Laras, karena Tuhan Yesus sendiri memerintahkan untuk mengasihi musuh kita dan mendoakan orang yang menganiaya kita (Mat. 5:44). GBU.

BIKIN GR
Kak, ada cowok yang care sama aku, danbikin aku GR. Tapi akhir-akhir inidiabersikap biasa saja. Terus sekarang aku harus gimana nih kalau ketemu dia? Akujarang banget ngerasain kayak gini.
Anggi, Kediri, 085607370xxx

Hai Anggi, semua manusia pasti suka diperhatikan, benar nggak? Nah, mungkin kali ini gilirannya Anggi yang harus memperhatikan sesama. GBU.

GALAU
Kak, aku galau, dijauhi teman-temanku karena aku kurang pintar matematika dan belum punya motor sendiri. Aku bingung, apakah aku harus mencari teman lagi atau tetap berteman dengan mereka. Kami sudah lama berteman kak.
NN, 089624844xxx

Tetap sabar ya. Jangan menganggap rendah dirimu sendiri. Cari tahu apa kelebihanmu dan syukuri serta kembangkan itu. Mengapa harus sedih bila belum diberkati Tuhan sepeda motor sedangkan banyak orang harus bekerja atau sekolah dengan berjalan kaki sejauh puluhan kilometer tanpa mengeluh? Jadilah kuat. GBU.

SELALU IRI
Syalom kak, bagaimana menghilangkan rasa iri serta pikiran negatif terhadap orang lain?
Tika, 082197767xxx

Syalom Tika, hitunglah berkat yang kamu terima satu per satu setiap hari dan bersyukurlah karenanya. Isilah pikiranmu dengan merenungkan firman Tuhan setiap saat dan berdoa pada-Nya dengan tak henti-henti. GBU.

INGIN MENGUBAH STATUS
kak, aku punya sahabatyang sudah lama. Akumenganggapnya lebih dari sekadar teman, aku ingin menyatakan perasaanku padanya.Tapi aku takut kalau persahabatan kami akan putus. Apa yang harus kulakukan kak?kak, aku punya sahabatyang sudah lama. Akumenganggapnya lebih dari sekadar teman, aku ingin menyatakan perasaanku padanya.Tapi aku takut kalau persahabatan kami akan putus. Apa yang harus kulakukan kak?
Andi, 085253834xxx

Syalom Andi, mengutarakan perasaan tidak ada salahnya. Tapi perhatikan tujuan dan cara menyampaikan itu. Apakah kamu ingin menyatakan perasaan untuk menjalin hubungan yang lebih dalam ataukah hanya sekadar mengaku saja? Kamu bisa mengatakan lebihdulu bahwa kamu tidak ingin perasaanmu padanya mengganggu persahabatan kalian. Semangat ya! GBU.

GAK DIANGGAP PENTING
Syalom kak, aku punya pacar yang sikapnya cuek habis,lebih suka ngumpul sama teman-temannya daripada sama aku. Dia selalu mengutamakan mereka kak, aku harus gimana ya?
Itha, 082342129xxx

Syalom Itha, beberapa orang memang lebih memprioritaskan sahabat di atas pacarnya. Kalau kamu merasa terganggu dengan hal ini, sebaiknya kamu bicarakan dengannya. Jika ia mengasihimu, iapasti bisa menghargai perasaanmu. GBU.

SEKADAR MENCINTAI
Kak, apakah berdosa kalau kita mencintai seseorang, walaupun tidak bermaksud memilikinya, karena dia berbeda agama dengan kita?
Dian, 085240067xxx

Hai Dian, apakah mencintai yang kamu maksud adalah mengagumi? Atau mencintai sebagai pacar? Tidak ada salahnya bila kita mengagumi seseorang karena kelebihan yang dia miliki, selama kita tidak memujanya di atas Tuhan. Namun kalau kita berpacaran dengan seseorang yang kita sendiri tahu bahwa kita tidak akan memilikinya, bukankah itu kebohongan? GBU

BERTANGGUNG JAWAB
Kak, menjadi Ketua OSIS yang bertanggung jawab itu seperti apa?Saya merasa belum bertanggungjawab dalam menjalanka ntugas sebagai Ketua OSIS.
Julia, Saparua, 085244460xxx

Wah, senang melihatmu memuliakan nama Tuhan di sekolah. Di dalam setiap organisasi pasti ada kewajiban (tugas) yang harus dikerjakan, termasuk juga pemimpin organisasi seperti OSIS. Nah, kamu bisa menilai sendiri apakah kamu sudah mengerjakan semua tugas tersebut dengan maksimal? Tanggung jawab bisa terhadap Tuhan, atasan (guru dan staf sekolah), sesama (pengurus OSIS) dan orang yang kita pimpin (anggota OSIS). Semangat ya. GBU.

MERASA TAKUT
Kak,kalau kita sudah duduk di bangku SMA kelas 1,wajar gak sih, takut tinggal bersama orang lain, karena jauh dari orang-tua?
Tania & Shinta, 085395128xxx

Hai, mungkin maksud kalian rasa kuatir. Wajar saja terutama anak yang belum pernah terpisah atau hidup jauh dari orang-tuanya sebelumnya. Dalam hal ini tidak dipengaruhi usia anak tersebut. Anak yang terbiasa hidup dengan orang-tua akan merasa kuatir karena hal-hal yang selama ini dihadapi orang-tua mereka akan mereka hadapi sendiri, semisal bila di rumah baju terbiasa dicucikan mama, atau pembantu, sekarang harus dicuci sendiri. GBU.

HAPPY VALENTINE DAY
Happy valentine day… Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu(Ams. 17:17)
Yovi, 085348443xxx

Ada lanjutannya loh: “Dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran”. Selamat Hari Kasih Sayang, Yovi. Jesus loves you.

USIA TEPAT BERPACARAN
Hai kak, pacaran bagusnya umur berapa?
Githa, 082345698xxx

Bila sudah dewasa dong, Githa sayang. Menurut Undang-Undang negara kita, 17 tahun sudah dinyatakan dewasa, namun, ingat ya, kedewasaan tidak hanya diukur dari segi fisik atau usia saja. Tetapi juga kematangan rohani dan mental yang pada umumnya sekitar usia 20 tahun. Faktor lain yang menyertai kemandirian juga diperlukan saat memasuki sebuah hubungan. Dalam hal ini kamu bisa bertanya pada orang-tuamu, apakah menurut mereka kamu sudah memenuhi hal tersebut. GBU.

REBUTAN COWOK
Kak aku heran, mengapa temanku berkelahi hanya karena cowok?
Jackline, Timika, 085298811xxx

Wah, jangan tiru mereka ya, Jackline. Perkelahian demi cowok seperti itu menunjukkan bahwa mereka belum dewasa, karena belum bijak dalam bersikap, bagaimana bersaing secara sehat dan tidak merugikan orang lain, dan tidak mempermalukan nama Tuhan. GBU.

TUHAN YANG BESAR
Tuhan baik dan peduli samaanak-anak-Nya. Aku jadi lebihpaham bagaimanaharus bersikapdewasa, memutuskan yang terbaik, danjugamenghadapisetiap masalah. Hei masalah, aku punya Tuhan Yang Maha Besar! GBU
Grace, 085755779xxx

STerpujilah Tuhan, Grace! Tetap rendah hati dan andalkan Dia saja ya. GBU.

 

MAU NGAKU NIH..
Kak, gimana caranya bilang ke ortu kalau selama ini aku sudah pacaran, soalnya aku sudah kelas 2 SMA,dan belum juga diizinkan pacaran.
Femy, 085341029xxx

Hai Femy, setiap orang-tua punyaaturan berbeda tentang kapan anaknya siap berpacaran. Mengingat kamu yang masih sekolah dan kamu sudah melanggar apa yang mereka katakan, mulailah dengan meminta maaf pada mereka, dan sampaikan perasaanmu yang sebenarnya dengan sopan. Dengarkan saja apa yang mereka katakan tanpa harus membantah dan membela pendapatmu sendiri.Hormati keputusan mereka dan lakukan dengan taat, selebihnya percayakanlah pada Tuhan Yesus. GBU.

NEW COMERS
Shalom Kak Lia,aku baru baca Kerygma Teenz. Salam kenal ya kak.GBU
NN, 08999105xxx

Hai! Siapa namamu? Ayo dong kirim foto dan biodata lengkapmu supaya Teenz Friends bisa lebih mengenalmu. GBU.

CHOICES OF LIFE
Hidup memiliki dua pilihan yakni: Memilih dan Dipilih.Jika memilih, maka pilihlah yang terbaik, Jika dipilih, maka jadilah yang terbaik. GBU.
NN, 085244460xxx

Wah, kata-katamu bagus, terimakasih ya. GBU.

 

HIDUP TAKUT AKAN TUHAN
Kak, saya ingin hidup takut akan Tuhan, tapi tidak tahu bagaimana caranya.
Devita, 085205185xxx

Devita yang manis, caranya tidak lain dimulai dengan berdoa, membaca dan merenungkan firman-Nya setiap hari, dengan demikian kamu akan tahu apa yang Ia inginkan untuk kamu lakukan. GBU.

CINTA SEGITIGA
Kak, saat ini aku menjalani cinta segitiga, tapi bingung harus menentukan mana yang kupilih. Aku sayang keduanya. Tapi kalau pilih salah satu, yang lain pasti terluka. Aku bingung kak.
Donny, 08523757xxx

Donny yang terkasih, sebaiknya kamu segera memutuskan mana yang kamu pilih, karena Tuhan membenci orang yang mendua hati (Yak. 1:8; 4:8). Tentu saja bila kamu memilih, risiko terluka bagi yang tidak dipilih pasti ada. Berdoalah minta tuntunan Roh Kudus dan segeralah memutuskan. GBU.

KADO DARI TUHAN
Tak selamanya kado dari Tuhan selalu dibungkus indah atau sesuai kehendak kita. Kadang kado itu berbungkus masalah, beban, sakit-penyakit, tekanan. Namun, sekumal apapun bungkusnya, sadarilah bahwa pasti di balik bungkusan yang kurang menarik itu ada sesuatu yang indah yang Tuhan sediakan bagi kita.
Jeane, 085344346xxx

Amin!Terimakasih untuk kata-kata penguatannya. GBU.

 

SALAM…!
Syalom kak, mau salam-salam buat Teenz Friends semoga semakin maju ya.
Laras, Waingapu, 085205132xxx

Thanks, Laras. Kirim juga dong foto dan biodatamu. GBU.

 

RENCANA TUHAN ?
Hai kak, sebulan yang lalu pacarku mutusin aku, tiba-tiba ia datang dan bercerita kalau ia berbuat dosa setelah mutusin aku. Aku berusaha mengampuni dan menuntunnya untuk bertobat. Tapi aku bingung, apakah ini rencana Tuhan? Doakan aku juga ya kak, aku ingin sekolah Alkitab. GBU.
Yusak, Kediri, 083846525xxx

Hai Yusak, apa yang sudah kamu perbuat sudah tepat, Tuhan mau kita saling mengampuni dan berbuat baik pada sesama kita (termasuk membimbing teman untuk bertobat; Luk. 17:4; Yak. 4:17). Kami mendukungmu dalam doa. GBU.

SULIT BERUBAH
Kak, pacarku sifatnya sulit untuk berubah danselalu terpengaruh oleh teman-temannya.Dia juga punya mantan pacar yang masih jealous gitu.Gimana nih?
Othy, 082341612xxx

Hai Othy, kita tidak bisa memaksakan seseorang untuk berubah sesuai keinginan kita tetapi kita bisa memulai perubahan yang baik dari diri kita sendiri. Soal mantan pacarnya, tetaplah bersikap tenang dan baik padanya. Jika sikapnya menganggu hubungan kalian, kalian bisa membicarakannya baik-baik. GBU.

PUTUS ATAU LANJUT?
Hai kak, aku sudah merasa gak cocok dengan pacarku dan sudah meminta putus.Tapi dia gak mau. Apa aku harus melanjutkan hubungan ini?
Desy, 085754214xxx

Hai Desy, melanjutkan atau tidak itu terserah kamu, yang penting harus putus atau berjalan baik-baik. Kamu bisa mempertimbangkan semua risiko sebelum kamu memutuskan untuk berhenti atau melanjutkan hubungan. Berdoalah minta Roh Kudus memberikanmu hikmat untuk memilih keputusan yang tepat. GBU.

Photo Credit: http://www.mini-invasive.net

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *