teenz-heart-juni-2014

Teenz Heart — Teman Curhat • LV

LDR
Syalom,aku lagi LDR (Long Distance Relationship)nih,seiman tapi jarang ketemu. Aku takutdia disana macam-macam. Gimana cara menghilangkan rasa takutku, supaya LDR ini tetap bareng di jalan Tuhan?
Grace, Probolinggo, 085755779xxx

Grace sebuah hubungan harusdidasari rasa saling percaya (1 Kor. 13:7). Kekuatiran mungkin bisa muncul, namun kita tidak boleh hidup dalam kekuatiran. Perdalamlah hubungan kalian semisal dengan saling bercerita, mendoakan dan mendukung, tanpa ada paksaan.Serahkan semua pada Tuhan. GBU.

BINGUNG!
Hai kak, karena aku ranking 1, guru-guru sering memintaku menuliskan pelajaran di papan agar dicatat semua murid. Nah, suatu kali aku tidak maju untuk menulis di papan agar bisa bergantian dengan teman-teman yang lain. Tapi guruku memarahiku, katanya aku gak mau bagi ilmuku pada teman-temanku.Padahal kalau aku yang maju terus, mereka mengatakan aku kok gak mau kasih kesempatan buat yang lain. Aku bingung kak.
NN, 085262234xxx

Hai, sayang, coba utarakan maksudmu tersebut secara jujur dan sopan pada gurumu, agar ia mengerti. Jika gurumutetap tidak mengizinkan, taatilah gurumu. GBU.

DIEJEK
Kak, aku punya teman beda agama, yang selalu mengejek agamaku. Gimana caranya untuk menjauhi dia tanpa menyakiti perasaannya?
Aryo, 085235048xxx

Syalom Aryo, mengejek bagaimana? Tetap sabar ya, danampunilah dia. Mungkin kamu bisa bersikap biasa saja terhadap dia. Tetaplah mendoakan dia, agar Tuhan Yesus mengubahkan hatinya. GBU.

MAU GABUNG.
Syalom, akuingin bergabung dengan Teenz Friends, tolongkasih tahu dong caranya, thanks.
Uchan, 085319533xxx

Hai, Uchan, kirimkan foto dan biodata lengkapmu ke alamat Redaksi Kerygma Teenz, PO BOX 239 Malang,atau melalui SMS atau email ke redaksi@kerygmateenz.com. Kami tunggu ya, GBU.

PECEMBURU
Syalom,saya punya pacar, dia suka cemburu sampai aku gak boleh chatting atau comment pada temen cowok di Facebook. Hubungan kami putus nyambung. Tapi kami saling mencintai. Bagaimana aku menghadapinya?
Dian, Semarang, 087831447xxx

Dian terkasih, sebaiknya kalian membicarakan batas-batas yang disetujui bersama, semisal dalam hal ini. Jadi baik kamu atau pacarmu tidak ada yang dirugikan. Dan tentu, setiap keputusan haruslah didasarkan pada kasih (1 Kor. 13:4-7). Selamat mempraktikan komunikasi yang baik. GBU.

TUNTUNAN TUHAN
Tuhan tidak pernah memberitahu kita tentang jalan yang akan kita lewati.Tapi ada satu hal yang pasti: Ia akan menuntun langkah demi langkahsampai kita berhasil menggapai mimpi. Ia tidak akan membiarkan kita jatuh tergeletak,sebab tangan-Nya selalu menopang kehidupan kita. SelamatberkaryabagiTuhan, sahabat…
NN, 081337888xxx

Terimakasih untuk kata-kata penguatannya. GBU.

 

BARU PUTUS
Kak, aku baru putus sama pacarku, tapi aku kasihan sama dia. Aku harus gimana?
Mey, Jayapura, 081248752xxx

Hai Mey, tidak baik menyesali apa yang sudah terjadi, ini jadi suatu pelajaran: pertimbangkanlah semua akibat baik atau buruk sebelum mengambil keputusan. Dan mengasihi dengan kasihan itu dua hal yang berbeda ya; pacaran tidak didasarkan atas saling kasihan, tetapi saling mengasihi. GBU.

PACARAN DI SEKOLAH
Hai kak, adikku dan pacarnya putus karena ketahuan guru di sekolah. Lalu pacarnya itu nembak aku.Aku takut ketahuan adikku, karena ia masih sayang padanya. Gimana ya kak?
Natalia, 081396873xxx

Hai Natalia, alangkah baiknya bila kamu berfokus pada studimu terlebih dahulu. Jadilah teladan buat adikmu. Tambah lagi, bukankah ada aturan untuk tidak berpacaran dulu di sekolah? Belajar taat yuk. GBU.

USUL
Syalom,aku punya punya permintaan nih. Tolong dong muat Alvin Idola Cilik atau Alvin Jonathan Sindunata untuk cover Kerygma.
Juan, 085296740xxx

Thanks, untuk masukanmu. Kami pertimbangkan. GBU.

 

GAK BISA MOVE ON
Kak, aku ingin melupakan mantanku, tapi teman-temanku di gereja suka mengingatkanku tentang dia.Aku harus gimana ya?
Nadia, 081396873xxx

Hai Nadia, cobalah mengutarakan pada teman-temanmu bahwa kamu ingin mereka membantumu melupakan mantanmu. Bila mereka tetap membicarakannya, kamu bisa tidak menanggapinya dengan diam saja, atau bila kamu tidak ingin mendengarnya, kamu bisa meninggalkan percakapan alias kabur, tidak ada yang melarangmu kok, jadi mereka akan mengerti maksudmu. GBU.

SELALU ADA BUAT TUHAN
Syalom kak, saya ingin menjadi orang yang selalu ada buat Tuhan.
Fany, 085763319xxx

Bener nih Fan? Kalau Tuhan minta tolong kamu mengunjungi saudara-Nya yang di Rumah Sakit, sedangkan temanmu mengajak jalan-jalan, apa benar nih kamu mau milih ada buat-Nya? Mendukungmu dalam doa buat komitmenmu ini. GBU.

INGIN DISUKAI
Gimana ya, kak, supaya orang yang kita sukai, bisa suka sama kita dan jadi pacar kita? Dia gak suka sama aku, tapi aku suka sama dia kak. Aku ingin dia jadi milikku.
Sri, 083185399xxx

Sri terkasih, yang bisa kamu lakukan adalah memperbaiki kepribadian diri sendiri, sehingga orang lain tertarik pada kita.Tetapi ingat ya, kita tidak bisa memaksa orang lain untuk memiliki perasaan yang sama kepada kita. Percayalah bahwa Tuhan Yesus akan mempertemukanmu dengan seseorang yang tepat menurut-Nya dan pada waktu-Nya. GBU.

PUASA
Syalom kak,gimana caranya kita berpuasa? Aku mau dari jawaban kakak sendiri.
Aries, 083845785xxx

Sebagai anak Tuhan, pola atau aturan yang kita gunakan tentu harus sesuai dengan firman-Nya. Ada banyak cara berpuasa dalam Alkitab,semisal puasa Daniel, puasa Ester atau puasa Tuhan Yesus. Beberapa gereja menetapkan program bagi jemaatnya agar berdoa-berpuasa bersama dalam jangka waktu dan untuk pokok doa tertentu. Semuanya itu menyangkut CARA, tapi yang paling penting bagaimana SIKAP kita dalam berpuasa yang bisa kamu baca dari Matius 6:16-18 dan Yesaya 58:1-12. GBU.

SEMANGAT!
SSyalom, KerygmaTeenz yang makinoke, apapun yang terjadi, tetaplahlakukan yang terbaiksepertiuntukTuhan.Tetap semangat. GBU
Ruth, Medan, 082368814xxx

Terimakasih. Kamu juga tetap semangat ya. GBU.

 

RINDU MAMA
Kak,kenapa mamaku pergi ninggalin aku sejak aku kecil. Dulu aku tinggal dengan Oma dan Opa, tapi sekarang mereka sudah menginggal dunia. Sampai sekarang aku masih heran, sebenarnya mamaku di mana? Kenapa dia gak pernah hadir dalam kehidupanku?
Vivi, 085241428xxx

Vivi sayang, jangan sedih ya, percayalah apa yang terjadi semuanya itu sudah dirancangkanTuhan Yesus demi kebaikanmu, sekalipun sampai saat ini kamu tidak memahaminya (Pkh. 3:11; Yer. 29:1; Mzm. 139: 16). Dan ingatlah bahwa sekalipun orang-tuamu meninggalkanmu, Tuhan Yesus menyambutmu (Mzm. 27:10).

JERAWAT
Pagi kak, wajahku berjerawat dan banyak orang mengejekku karena hal itu. Jangankan berkumpul dalam ibadah, keluar rumah saja aku minder. Akhirnya aku berusaha mengobati jerawat ini kak, aku malu pada Tuhan Yesus karena tidak bisa beribadah. Tolong bantu saran dan doanya kak. Trims.
Kasih, 082343162xxx

Wah, alangkah senangnya Tuhan Yesus bila kecantikanmu berasal dari hatimu, seperti namamu yaitu kasih. Ingatlah Tuhan menciptakanmu dengan sangat istimewa, dahsyat dan ajaib (Mzm. 139:13-14); dan kamu mulia, berharga dan dikasihi Tuhan (Yes. 43:4). Jangan biarkan perkataan orang lain mengintimidasimu, tetapi fokus tunjukkan kelebihanmu semisal dalam hal prestasi, teladan, dll. Kami mendukungmu dalam doa. GBU.

GALAU
Kak, aku sedih dan sakit hati nih, adik kelasku yang dulu pernah nembak aku dan tidak kujawab, karena takut hanya main-main saja, sekarang nembak sahabatku. Aku sebenarnya suka dia kak, gimana ya supaya dia tahu dan dia bisa jadi pacarku?
NN, 085751303xxx

Wah, kamu cowok atau cewek nih? Lalu apakah dia dan sahabatmu sudah jadian? Kalau sudah, jangan ya. Karena tidak baik merebut pacar orang. Namun jika sahabatmu menolak, dan kamu seorang cowok, kamu bisa mengungkapkannya padanya, tapi kalau kamu seorang cewek, kamu bisa menunjukkan perasaan sukamu dengan memberi perhatian lebih padanya. GBU.

BERANTEM TERUS
Kak, aku sedih orang-tuaku sering berantem, karena papa sering melakukan hal yang tidak disukai mama. Aku ingin ada damai dalam keluargaku kak. Kadang aku iri pada teman-temanku yang keluarganya rukun. Aku harus gimana ya kak?
NN, 082391813xxx

Sayang, kamu bisa mendukung orang-tuamu dalam doa,agar hati mereka senantiasa dipenuhi Roh Kudus. Jika hati mereka sedang tenang, kamu bisa bisa ungkapkan perasaanmu terhadap mereka. Kami mendukungmu dalam doa. GBU.

Photo Credit: http://www.mini-invasive.net

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *