teenz-heart-juni-2014

Teenz Heart — Teman Curhat • LIV

CARA AGAR LUPA
Syalom, aku ingin melupakan cowok yang aku suka, tapi tidak bisa.Gimana ya kak?
Cindy, 081344907xxx

Syalom, kamu bisa mulai menghindari hal-hal yang dapat memicu ingatanmu tentang dia, semisal foto, barang pemberian, dsb. Selain itu, arahkanlah pikiranmu kepada hal yang lain semisal pelajaran, hobi, dsb. Yang terpenting jangan lupa berdoa minta kekuatan dari Roh Kudus ya. GBU.

GODAAN INTERNET
Kak, belakangan ini saya mendapatkan nilai-nilai jelek, saya sadar kalau sering internetan. Ketika saya coba untuk belajar, selalu berakhir dengan internetan. Tolong solusinya, kak.
NN, 083849748xxx

Sebaiknya kamu menghindari belajar di dekat atau menggunakan koneksi internet untuk sementara waktu. Mintalah bantuan orang tua atau keluargamu untuk memantaumu. Tidak ada yang mustahil bila kamu percaya. GBU.

CARI PACAR
Kenapa ya, setiap kali pacaran aku kok gak pernah dapat yang seiman,padahal ingin banget seperti temanku yang pacarnya seiman. Aku harus gimana nih kak?
Aries, Kediri, 087858730xxx

Hai Aries, ibarat kalau mau cari ikan, carilah di lautan, perbanyaklah bergaul dengan yang seiman, semisal komunitas gereja, pelayanan, persekutuan sekolah, dsb. Dengan demikian, kamu membuka kesempatan bagi dirimu sendiri untuk mengenal sesama anak Tuhan. GBU.

DIA BAIK, TAPI…
Kak, pacarku tuh baik, tetapi dia perokok dan kalau pacaran minta ciuman. Akutakutuntukmelakukannya dan aku sudah sering menasihatinya. Gimana nih, aku bingung.
NN, 081344060xxx

Berdoalah baginya dan dukunglah untuk dia berubah semisal menghindari kencan di tempat yang sepi, sehingga tidak membuka peluang untuk jatuh dalam pencobaan. Bertindaklah tegas sebagai wanita untuk tidak berkompromi dengan dosa, namun dengan kasih membangun hubungan pacaran sehat dan mempermuliakan nama Tuhan. GBU.

BELAJAR ATAU MELAYANI?
Syalom,bagaimana cara membagi waktu antara studi dan pelayanan? Mana yang harus diutamakan?
Thia, Sulut, 082188702xxx

Syalom Thia, kamu bisa membuat jadwal kegiatanmu sendiri dan menepatinya, sehingga antara studi dan pelayanan tetap berjalan dengan baik. Tetapi yang terutama tentu saja studimu. Pelayanan bukan berarti hanya melakukan pekerjaan gereja. Rajin belajar dan menjadi teladan di sekolah juga melayani Tuhan. GBU.

BERTEPUK SEBELAH TANGAN
Kak cowok yang aku suka ternyata sayang sahabatku, dan begitu juga sahabatku pada cowok itu.Jadi aku bingung apa aku harus menjauh dari mereka berdua atau aku harus merelakan cowok itu?
Enjel, 082173474xxx

Hai Enjel, sebaiknya kamu tetap berteman baik dengan mereka berdua namun tetap menjaga untuk tidak saling menyakiti. Pada dasarnya, kasih adalah tidak mementingkan diri sendiri dan tidak cemburu (1 Kor. 13:4-5). GBU.

TIDAK EGOIS
Kak, bagaimana cara mengubah sifat egois kita ya?
Yhana, 082348813xxx

Hai Yhana, mintalah Roh Kudus untuk mengubah sikapmu. Selalu tanamkan di hatimu akan kebaikan dan kasih Tuhan Yesus kamu terima dalam hidupmu, sehingga yang ingin kamu lakukan hanyalah membalas kebaikan-Nya dengan mengasihi sesama. GBU.

TEMAN ATAU NILAI?
Kak, aku bingung, ada temanku yang ingin supaya aku tidak usah berusaha untuk mendapat nilai yang baik saat ujian. Dia mengancamku bahwa pertemanan kami akan putus jika aku tidak menurutinya. Aku sudah terlanjur mendapat nilai baik. Gimana nih kak?
Cristy, 082370266xxx

Syalom Cristy, ada baiknya kamu sedikit menjauhi temanmu itu oleh karena perbuatannya yang tidak baik. Carilah teman yang dapat membantumu belajar lebih baik dan menjadi berkat di sekolah sehingga mempermuliakan nama Tuhan. Ingatlah pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik (1 Kor. 15:33, Ams. 13:20). GBU.

MEMENDAM RASA
Kak, aku menyukai kakak kelasku. Tetapi dia menyukai teman kakakku. Aku sudah berusaha memendam rasa tapi tidak bisa. Gimana nih?
Ein, 081242834xxx

Hai Ein, berdoalah kepada Tuhan Yesus supaya menolongmu menemukan orang yang juga menyukaimu. Tetap kuat dan percayalah Dia yang mengatur masa depan yang terbaik untukmu. GBU.

SERIUS DONG!
Hai kak, aku sudah beberapa kali menyatakan perasaanku pada orang yang aku suka, yaitu adik kelasku. Tetapi dia tidak pernah memberikan respon serius akan pernyataanku. Aku serius ingin pacaran sama dia kak, walaupun hanya sebentar. Terus aku harus gimana ya?
Surani, 085751303xxx

Hai Surani, bertanyalah dan mintalah dia menjawab dengan jujur dan serius, namun ingatlah bahwa kita tidak bisa memaksa orang lain menerima perasaan kita. Lebih baik kamu berfokus pada studimu dan mengembangkan prestasi dan talentamu. Yakinlah Tuhan Yesus menyediakan jalan bagimu untuk masa depanmu pada waktu-Nya. GBU.

GAK NYAMAN
Syalom,setelah pacarku memutuskanku, aku jadimerasa tidaknyaman setiapkalimelihat orang berpacaran. Aku sedihsekalikak, aku masih sakit hati. Gimana yakak menghilangkan rasa tidaknyaman itu?
Ester, 085371117xxx

Ester sayang, mintalah Roh Kudus untuk memampukanmu mengampuni masa lalumu sendiri dan melepaskan damai sejahtera-Nya dalam hatimu. Kamu juga bisa menolong dirimu sendiri dengan mendatangi pelayanan konseling gereja, pendeta atau pembina rohanimu. Tuhan Yesus menolongmu.

BUAH ROH
Kak, buah Roh itu namanya apa saja?
Ela, 085751307xxx

Coba bukalah Alkitabmu dan bacalah Galatia 5:16-26. Tuhan Yesus memberkati.

 

MASIH SAKIT HATI
Syalom,aku kok masih sering sakit hati kalau melihat mantanku dengan cewek lain ya kak?
Sania, 082267834xxx

Syalom Sania, sebaiknya kamu mengampuni dan melupakan masa lalumu. Mintalah Roh Kudus untuk menolongmu. GBU.

MAU GABUNG
Syalom, apakah saya boleh bergabung di sini? Sayaingin punyabanyak teman dan lebih dekat dengan Tuhan.
Theresia, Medan, 085763165xxx

Syalom! Tentu saja boleh dong sayang. Bagaimana kalau kamu juga mengirimkan foto dan biodatamu sehingga kita semua bisa lebih mengenalmu. GBU.

PARENTS’ TRUST
Bagaimana caranya menjaga kepercayaan orang tua kita?
Dhesri, 082348813xxx

Ada banyak cara, misalnya menaati dan menghormati mereka, bertanggung jawab atas diri sendiri semisal melakukan tugasmu tanpa harus disuruh, menjaga nama baik mereka dengan tidak melakukan yang buruk dan menjadi teladan bagi orang lain, dsb. GBU.

MASIH TERINGAT YANG LAMA
Kak, kenapa ya aku masih mengingat mantanku, padahal aku sudah punya pacar yang baru. Aku harus gimana supaya sesuai kehendak Tuhan?
Icha, 6287758744xxx

Hai Icha, kamu bisa memulai dengan berdoa dan mendekatkan diri pada-Nya dengan membaca serta merenungkan firman-Nya sehingga kamu tahu apa yang Ia inginkan. Sebaiknya kamu juga berfokus bagaimana mengasihi pacarmu yang sekarang dengan tulus (Rm. 12:9). GBU.

ORTU ATAU TETANGGA?
Kak, waktu orang tuaku menyuruhku melakukan sesuatu, tetanggaku meminta tolong sesuatu yang lain padaku. Apakah berdosa kalau kita menolong mereka dengan mengabaikan perintah orang tua kita?
Agri, 085395386xxx

Hai Agri, yang menjadi prioritas adalah orang tua kita. Kamu bisa mengatakan kepada tetanggamu untuk menunggumu menyelesaikan tugas yang diberikan orang tuamu. Atau kamu bisa meminta izin kepada orang tuamu sebelum mendahulukan menolong tetanggamu. GBU.

TEENZ FRIENDS
Syalom, gimana caranya membuat Teenz Friends?
Dera, Banyubiru, 085866947xxx

Syalom Dera! Kamu bisa mengirimkan foto dan biodata lengkapmu ke alamat Redaksi Kerygma Teenz, PO BOX 239 Malang. Atau melalui email ke redaksi@kerygmateenz.com. Kami tunggu kirimanmu. GBU.

SETIALAH
Kak, akhir-akhir ini, yang entah kenapa aku dan pacarku kurang dekat. Lalu ada cowok lain yang mendekatiku dan mengatakan suka padaku. Aku belum menjawabnya. Gimana ya kak?
Titin, 087818966xxx

Titin sayang, alangkah baiknya bila kamu membereskan hubunganmu dengan pacarmu terlebih dahulu baru berfokus pada yang lain. Ingatlah bahwa apa yang kita tabur akan kita tuai. Tuhan Yesus juga tidak menghendaki ketidak setiaan (Luk. 12:42-46), termasuk dalam hal membina hubungan. GBU.

BERUBAH
Kak, aku rasa pacarku berubah saat dia pulang kampung. Aku berusaha menghubungi dia via FB, tapi tidak pernah dibalas sekalipun dia sedang online. Kira-kira kenapa ya kak?
Sisi, 085764625xxx

Sisi sayang, sebaiknya kamu berbicara padanya secara langsung dan pribadi semisal via telepon, jangan melalui jejaring sosial media seperti Facebook, karena itu bersifat sosial dan terbuka. Alangkah bijak bila kamu memilah hal-hal pribadi untuk tidak dibawa ke media umum di mana orang banyak dapat membacanya. GBU.

BEDA PENDAPAT
Kak, bagaimana mengatasi perbedaan pendapat dalam anggota keluarga?
Elsa, Kediri, 081259737xxx

Perbedaan pendapat bisa berawal dari karakter, kebiasaan, cara berpikir atau prioritas yang berbeda. Untuk mengatasinya, pusatkanlah perhatian pada kesamaan semisal hobi yang sama, dsb. Jagalah komunikasidengan tidak mengucapkan perkataan yang menyinggung orang lain. Terlebih lagi, dasarilah segala sesuatu dengan kasih (1 Tes. 5:12-13). GBU.

GAK INGIN PISAH
Kak pacarkumau kuliah di Jawa Timur. Aku takut berpisah dengan dia, akuingin diakuliah di sini saja.Akusudah berusaha dan berdoa, apa yang harusku lakukan?
Lisa, Lampung, 087798802xxx

Lisa sayang, sebuah hubungan haruslah didasari dengan rasa saling percaya, tidak egois demi saling membangun untuk kebaikan bersama. Artinya, dukunganmu sangat penting untuk orang yang kamu kasihi demi masa depannya yang lebih baik (1 Kor. 13:4-5; Rm. 14:19; Ibr. 10:24). GBU.

TEMAN EGOIS
Sebenarnya menghadapi teman yang sangat egois itu gimana ya? Tiap kali aku nasihati, pasti dia tidak mau tahu.
Lily, 082369124xxx

Hai Lily, tetaplah bersabar dan berdoalah untuknya (1 Tes. 5:14). GBU.

 

KAPAN YA…
Syalom, kak, kapan ya saya dapat pasangan hidup karena setiap kali punya teman dekat pasti tidak seiman. Aku ingin punya pasangan hidup yang seiman.
Ovi, Blitar, 085755893xxx

Wah, coba kamu lihat pertanyaan Aries dari Kediri di atas. Yakinlah Tuhan Yesus pasti menjamin masa depan yang terbaik bagimu, asal kita setia menanti janji-Nya yang indah pada waktu-Nya (Pkh. 3:11,; Yer. 29:11). GBU.

DIMINTA BALIKAN
Kakaknya mantanku memohon padaku agar aku balikan dengan adiknya. Tapi aku gak mau kak, dia belum berubah. Gimana kak?
NN, 081247510xxx

Sebaiknya kamu menolak kakaknya dengan baik dan sopan. Tetap sabar ya. GBU.

 

Photo Credit: http://www.mini-invasive.net

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *