teenz-heart-juni-2014

Teenz Heart — Teman Curhat • LI

SELALU TERSAKITI
Syalom, kenapa sih setiap kali aku menjalin hubungan dengan seseorang, pasti selalu saja disakiti, gak pernah ada yang pengertian. Rasanya Tuhan gak adil! Dalam hal pacaran dan pendidikan pun aku gak pernah merasa hidup ini indah.
Nomaz, Medan, +6285763298xxx

Nomaz terkasih, cobalah memandang kehidupan ini dengan lebih positif. Mungkin kamu perlu introspeksi diri dengan setiap kejadian yang kamu alami. Tuhan selalu adil dan melakukan yang terbaik atas hidupmu, Dia akan memberikanmu kekuatan untuk melewati ini semua (Flp. 4:13).

SETIA PADA TUHAN
Hai Kerygmers, bagaimana sih ciri-ciri kekasih yang setia kepada Yesus?
Clarita, +6285751139xxx

Tentu saja yang mau mengutamakan mengasihi Tuhan dalam hidupnya, takut akan Tuhan, jujur, setia, rendah hati dan membawa pasangannya juga untuk lebih mengasihi Tuhan Yesus. GBU.

MASUKAN
Hai Kerygma, boleh kasih saran? Sudah tiga bulan ini aku baca Kerygma, tapi kenapa bahasannya selalu tentang cinta? Kenapa beda banget dengan tema judul covernya?
NN, 02291991xxx

Hai sayang, terima kasih untuk masukannya. Ohya, kalau boleh tahu itu edisi kapan? Kami akan perbaiki pada edisi mendatang dengan lebih baik. GBU.

LDR
Hai Kak Lia, kalau seandainya punya cowok seiman, tapi kita pacaran jarak jauh (LDR). Apakah Tuhan Yesus mau merestui hubungan kita? GBU.
Vira, Surabaya, +6287851178xxx

Hai Vira, jika hubunganmu itu tetap kudus, LDR tidak akan jadi masalah bukan? Terpenting saling setia, jujur dan mendoakan satu sama lain. GBU.

BANYAK MASALAH
Kak, aku lagi ada masalah, tapi kenapa kalau pas di sekolah atau di luar rumah aku selalu tertawa. Tapi pas sendirian aku sedih lagi?
Rahayu, +6285741603xxx

Rahayu sayang, ada baiknya kamu menceritakan permasalahan yang tengah kamu alami tersebut kepada seseorang yang kamu anggap dewasa dan dapat kamu percaya. Kamu tidak dapat terus menerus membohongi diri kamu sendiri, karena suatu saat hal tersebut akan memperparah keadaanmu. GBU.

TAK JATUH LAGI
Hai kak, dulu aku terjatuh dalam dosa perzinahan bersama pacaraku. Akhirnya kami sempat mau bertunangan tapi batal karena alasan pendidikan. Akhirnya hubungan kami berakhir begitu saja. Sekarang aku dapat pacara baru, yang dapat menerimaku apa adanya. Tapi aku masih ragu dengan dia. Aku gak mau terjatuh dalam kesalahan yang sama lagi.
Ela, +628575257xxxx

Ela terkasih, apa yang terjadi di masa lalu menjadi suatu pelajaran bagimu. Lakukan pemberesan dengan Tuhan, mohon pengampunan dan pertobatan, 1 Yoh. 1:9. Berdoa dan mintalah pertolongan Roh Kudus untuk hubunganmu yang baru. Sebaiknya kamu juga berkonsultasi dengan orang-tua, kakak rohani atau pendeta tentang masalah ini. GBU.

MASUKAN DONG!
Saya butuh masukan nih, bagaimana cara mengatasi emosi saat lagi marah, juga menghadapi orang yang suka cemburuan?
April, 085396228xxx

Hai, April, biasakanlah saat kamu hendak marah, ambilah nafasmu panjang-panjang dan hembuskan perlahan-lahan, agar kamu bisa mengontrol emosimu. Untuk menghadapi orang yang pecemburu memang diperlukan kesabaran dan keterbukaan/kejujuran satu dengan yang lain. (Maz. 37:8, 1 Kor. 13:4). GBU.

BEDA AGAMA
Boleh gak pacaran beda agama? Kalau misalnya kita sudah pacaran beda agama gimana baiknya? Apa benar putus itu adalah hal yang menyakitkan? Satu lagi, memangnya pacaran diam-diam itu dosa ya?
Octha, 08970882xxx

Octa terkasih, 2 Kor. 6:14, dengan tegas mengingatkan kita akan hal tersebut. Sebaiknya kamu fokus pada sekolah dan mendapatkan teman sebanyak-banyaknya, agar kamu bisa mengerti karakter banyak orang. Jika sudah terlanjur pacaran, gimana kalau berteman biasa saja dengannya? Sakit tidaknya saat putus pacaran itu, tergantung seseorang menilai positif dirinya. Tentu saja, pacaran diam-diam atau backstreet itu, kurang begitu baik. GbU.

MOVE ON
Hai Kerygmers, aku punya mantan yang masih sayang padaku, demikian juga aku. Tapi setelah aku pikirkan, aku lega karena sudah putus. Sekarang aku sudah punya pacar yang baru, tapi masih kepikiran tentang kisah itu. Aku mau serius sama pacarku yang baru ini dan aku sayang banget sama dia. GBU.
Zhari, 089697960xxx

Zhari, move on! Jika kamu memang berkomitmen untuk menjalani hubungan yang baru, maka kamu harus bertekad untuk melupakan semua hal di belakangmu. Minta pimpinan Roh Kudus agar memampukan kamu. GBU.

GIMANA CARANYA?
Syalom kak, bagaimana caranya supaya saya bisa menghadapi masalah? Saya sudah berdoa tapi sering berpikir, apa karena saya orang biasa sehingga banyak salah? GBU
Dina, 085333842xxx

Dina kita semua tidak sempurna, tapi puji syukur kita diselamatkan-Nya sehingga kita beroleh kesempatan untuk menjadi anak-anak-Nya. Ingatlah, Tuhan Yesus selalu memberikan kemampuan bagi kita untuk mengatasi segala permasalahan kita (Flp. 4:13) GBU.

MASIH MENCINTAINYA
Syalom, aku putus dengan mantanku karena aku sering bilang putus padanya dan katanya sifatku gak dewasa. Dia sekarang sudah punya pacar baru, meski dulu pernah bilang suatu saat akan kembali bersamaku. Sekarang dia lebih sering minum-minuman keras, yang kata temannya akibat putus sama aku.
Nopa, 085761232xxx

Nopa yang cantik, kita tidak bisa menentukan apa yang orang lain lakukan terhadap kita, tetapi kita bisa menentukan apa yang hendak kita lakukan pada orang lain. Perbuatan yang dilakukan mantanmu adalah tidak baik. Sebaiknya kamu melupakan dia dan berfokus kepada hal lain yang membangun kehidupan dan masa depanmu. Tuhan Yesus menolongmu. GBU.

BIMBANG
Bagaimana cara menyelesaikan masalah yang berat? Saya ingin dekat dengan Tuhan tapi hati saya masih belum bisa. saya juga tidak tahu mengapa.
Detty, 089693475xxx

Mintalah pertolongan Roh Kudus dalam menyelesaikan setiap masalahmu. Tuhan juga rindu kamu mendekat kepada-Nya (Yak. 4:8). Tetap semangat melayani pekerjaan Tuhan ya. GBU.

MAU BERUBAH
Kak, aku ingin mengubah sifatku yang buruk jadi baik, tapi kok susah banget ya?
Ruth, Salatiga, 087700229xxx

Syalom Ruth, mintalah Roh Kudus menolong dan memampukanmu untuk melakukan hal baik, benar dan berkenan baginya. Perubahan karakter tidak bisa instan, tapi ketekunan menghasilkan pengharapan yang tidak mengecewakan (Rm. 5:3-5). Tetaplah bertekun untuk melakukan hal-hal yang baik. GBU.

GAK PERCAYA TUHAN
Kak, bagaimana cara mengatasi teman yang sudah tidak percaya sama Tuhan? Dia berfikir Tuhan gak adil karena dia hidup dengan kekurangan.
Lysa, +6285269624xxx

Lysa terkasih, memang tidak mudah untuk mengubah cara berfikir seseorang yang sedang berputusasa. Satu hal yang bisa kamu kerjakan adalah mendoakan dia dan belajar bersabar untuk memberikan pengertian kepadanya. Tuhan memberkatimu.

BEDA AGAMA
Kak, aku sudah pacaran 4 bulan dengan seseorang dan dia berniat melamarku. Tapi masalahnya kami beda agama. Apakah aku harus mengikut dia? Minta solusinya.
Desi, 085754214xxx

Desi terkasih, hal yang perlu kamu jawab adalah: berapa usiamu? Masih sekolahkah? Apakah ortumu mengetahui hubungan tersebut? Usia 4 bulan dalam berpacaran termasuk singkat, jika seseorang kemudian mau melamarmu. Fikirkan baik-baik. Menikah bukan saja sekadar urusan cinta, tapi juga menyatukan dua keluarga besar dalam sebuah ikatan. Apalagi kalian berbeda agama. Tuhan tidak menghendaki anak-anaknya berpasangan dengan seseorang yang tidak mengenal diri-Nya (bandingka dengan 2 Kor. 6:14), sebaiknya kamu juga berkonsultasi dengan ortumu. GBU.

GAK TAHAN
Aku bersyukur karena bisa sekolah meskipun aku tinggal dengan orang lain, karena keluargaku pas-pasan. Tapi di lubuk hatiku yang terdalam aku ingin ke luar dari rumah tersebut, karena saya merasa capek, kadang sakit pun tetap harus bekerja. Apa lagi sekarang saya kelas XII SMA yang membutuhkan banyak biaya dan waktu untuk belajar. GBU.
Ani, 082157161xxx

Ani terkasih, Tuhan Yesus pasti tidak akan tinggal diam melihat anak-anak-Nya. Tetap belajar sabar ya, hingga masa ujianmu selesai. Tuhan Yesus mencukupkan kebutuhanmu, teruslah berdoa agar kamu tetap kuat. GBU.

MENJADI BERKAT
Syalom …Tuhan mau memberkati hidup kita setiap saat, tapi Dia juga mau hidup kita menjadi berkat bagi banyak orang. Koreksi hidup kita hari ini maka Tuhan akan memberkati kita. GBU.
NN, +6285344235xxx

Haleluya! Tetap percaya dan mengandalkan Tuhan dalam segala hidup kita. GBU.

BELUM DAPAT RESTU
Kak, kenapa ya orang-tua pacarku belum juga mau terima aku sebagai calon anaknya? Padahal kami sudah pacaran hamper satu tahun lamanya.
Wendy, +6285243311xxx

Wendy terkasih, jangan putusasa. Apa yang kamu alami saat ini adalah waktu yang baik bagimu untuk menunjukkan siapa dirimu pada ortu pacarmu. Itu artinya kamu harus belajar bersungguh-sungguh dalam bekerja dan mengasihi pacarmu. Tuhan tolong ya. GBU.

DOSAKAH?
Kak memangnya kalau suka sama orang yang lain agama itu dosa? SMS ku tolong dimuat ya. Thanks. GBU.
Aryo, +6285235048xxx

Aryo memiliki rasa suka dengan seseorang (meski dia berbeda agama dengan kita) itu tidak berdosa, karena rasa yang kita miliki itu adalah wajar. Tapi, Tuhan menghendaki, agar kita tidak menjadi pasangan (menikah) dengan seseorang yang tidak mengasihi Tuhan Yesus (baca 2 Kor. 6:14). Jadi kamu bisa berteman dengan siapa saja…tapi untuk menikah, kamu harus pikirkan baik-baik tentang banyak hal terlebih dahulu!

NGEJAR TERUSSS…
Kak ada cowok yang suka sama aku, dia tembak aku tapi aku gak terima dia. Sejak itu dia selalu kiriminn aku pulsa Rp 20.000 tapi selalu aku kembalikan lagi. Aku sudah tolak berulang kali tapi dia masih saja kejar aku. Gimana nih kak?
Nike, +628124845xxxx

Nike terkasih, rupanya cowok yang ngejar kamu ini gak gampang menyerah ya… Mungkin kamu bisa minta bantuan anggota keluargamu dan teman-teman dekatmu, agar melalui mereka kamu juga bisa dilindungi. Ada baiknya kamu mengganti no HP kamu, dan jangan asal member nomor pada orang yang tidak kamu ketahui. GBU.

GAK BISA LUPAKAN DIA
Kak aku kerja di luar kota. Karena kesibukanku aku tidak sempat menghubungi pacarku. Saat aku datang ke rumah pacarku ternyata dia sudah punya pacar baru. Aku tidak dapat melupakan dia karena sebenarnya aku mengasihi dia.
NN, +62856284xxxx

NN terkasih, turut prihatin dengan keadaanmu. Tetaplah bersemangat dan fokus pada pekerjaanmu. Ada baiknya kamu mulai membuka pertemanan dengan banyak orang, di lingkungan barumu. Percaya pada Tuhan, yang akan memberikan pasangan yang tepat bagimu. GBU.

TEMA NATAL
Syalom Kerygma Teenz, sebentar lagi sekolah kami akan merayakan Natal, tetapi kami belum mendapatkan Tema yang pas atau cocok. Kira-kira tema apa yang cocok buat Natal? Minta masukan. Thanks, GBU.
NN, +6282136406xxx

NN terkasih, sebaiknya kalian mengadakan rapat untuk menentukan tema Natal tersebut. Biasanya tema Natal diambil dari apa yang menjadi kebutuhan dalam persekutuan di sekolah kalian, dari bacaan Alkitab yang terkait kisah kelahiran Tuhan Yesus atau bisa juga mengambil tema umum yang dikeluarkan PGI (Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia). Selamat menyambut Natal!

Photo Credit: http://www.mini-invasive.net

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *