teenz-heart-juni-2014

Teenz Heart — Teman Curhat • XLX

KEBIASAAN BURUK
Kak, saya ingin lepas dari kebiasaan buruk saya yang suka emosi, malas dan suka mencuri uang mama diam-diam. Bantu saya ya, kak. Terima kasih.
Intan, Tual, 085344607xxx

Intan terkasih, pertama kamu harus jujur sama mama kamu, mengakui perbuatanmu dan berjanji tidak akan melakukannya lagi. Tekunlah membaca Firman Tuhan, agar kamu mengerti apa yang dikehendaki Tuhan dalam hidupmu, sehingga kamu pun bisa menahan diri untuk emosi, dsb.

CEWEK IDEAL
Kak, umurku baru 15 tahun, gimana caranya supaya bisa jadi cewek yang ideal? Ohya, pacarku beda agama, dulu ia sering memaksaku untuk pindah agama. Tapi aku masih belum yakin dengan dia.
Tyur, Riau, 085356760xxx

Tyur terkasih, remaja seusiamu lebih baik fokus pada sekolah. Berpacaran akan membuatmu mudah tidak berkosentrasi dalam hidup. Baca ya 2 Kor.6:14. menjadi cewek ideal bukan semata masalah penampilan fisik, namun juga pertumbuhan kerohanianmu, juga hubungan dengan sesama di sekitarmu. GBU.

ADAKAH PENGAMPUNAN?
Kak, aku sudah lama tidak ke gereja, apa Tuhan mau mengampuni aku? Pengampunan-Nya apa bagi semua orang?
Jhony, 085239280xxx

Jhony terkasih, pengampunan dari Tuhan Yesus berlaku bagi semua orang, yang mau bertobat dan percaya pada-Nya. bertobat artinya tidak melakukan lagi dosa yang sama, dan mau menerima pimpinan Tuhan dalam hidupnya. Ayo, segera datang kembali ke gereja ya. GBU.

GAK SALAH KAN?
Kenapa aku mencintai cowok yang beda agama? Dia gak mau masuk Kristen. Gak salah kan pacaran beda agama?
Elida, 085374805xxx

Elida, Firman Tuhan dengan tegas melarang kita berpasangan dengan orang yang tidak seiman, (2 Kor. 6:14). Namun seringkali kita menolak hal tersebut, dan mulai mencoba-coba, “Khan masih pacaran…” Nah, hal semacam inilah yang semakin mendorong kita untuk terjerumus dalam kesulitan-kesulitan yang lebih besar nantinya. Belajar taat pada firman ya!

DIPUTUSIN
Kak, aku sudah berusaha setia dengan pacarku, tapi dia tetap putusin aku. Waktu aku ajak dia ngomong, dia sudah tidak mau lagi. Apa yang harus aku lakukan?
Marsel, Waingapu, 085238267xxx

Marsel terkasih, usiamu berapa? Terkadang usia berpengaruh terhadap seseorang dalam mengambil keputusan. Kesetiaan bukan satu-satunya syarat dalam berpacaran, juga kejujuran, kedewasaan dan sifat menjadi penilaian seseorang. Mungkin kamu perlu introspeksi diri dulu sebelum berpacaran lagi. GBU.

TEMAN MAKAN TEMAN?
Selamat malam, saya ditembak oleh mantan pacar sahabat saya. Kalau saya terima, saya takut dibilang teman makan teman. Sahabat saya menyarankan agar saya terima dia.Sahabat saya juga pernah berpacaran dengan mantan pacar saya. Jadi apa yang harus saya lakukan? GBU.
Ayu, 085336317xxx

Ayu, ruwet sekali ya, hubungan pacaran kalian? Memang umur kamu berapa? Kalau masih sekolah lebih baik fokus sekolah dulu deh! Jika memang kamu telah siap berpacaran, kamu juga perlu pikirkan baik-baik, agar pacaran yang kamu lakukan tidak mudah putus atau sekadar permainan. Seriuslah berpacaran dan hindari hubungan yang ruwet diantara teman/sahabatmu. GBU.

NILAI TURUN
Kak, nilai aku di sekolah akhir-akhir ini menurun dan semangat belajarku pun kurang. Gimana sih agar aku semagat lagi dalam belajar?
Gresia, 082391813xxx

Hai, Gres, jika kamu sulit untuk belajar sendiri, ada baiknya kamu belajar kelompok dengan temanmu. Mungkin hal itu juga bisa membantumu menghilangkan rasa bosan. Jangan lupa berdoa juga ya!

LDR
Apakah bila berpacaran jarak jauh itu sama dengan berpacaran jarak dekat? Soalnya banyak orang bilang pacaran jarak jauh itu sama saja bohong. GBU.
NN, +6287819034xxx

Hai sayang, siapa namamu? Tentu saja berbeda, tergantung setiap orang yang menjalaninya. Ada orang yang merasa nyaman berpacaran jarak jauh (LDR= Long Distance Relationship), karena mereka saling menjaga komitmen bersama. Saran kakak, jika kamu belum siap berpacaran, sebaiknya jangan dilakukan!

RASA SUKA
Kak, kok aku gak rela pacarku pergi dariku? Apa aku sudah mencintainya?
Aprilia, +6287836416xxx

April, rasa suka itu terkadang berkembang seiring kebersamaan hubungan kita dengan seseorang. Ada kalanya seseorang sudah pergi, eh, kita baru merasakan suka kepadanya. Memang mau pergi kemana? Putus kah? Lain kali SMS yang lengkap ya, biar kakak paham dengan ceritamu. GBU.

EMOSI
Emosi negatif lainnya adalah perasaan marah dan depresi. Tak sedikit anak muda yang dapat menerima keadaan dirinya, akibatnya mereka menjadi marah dan depresi. Tidak jarang mereka akhirnya melukai perasaan orang lain maupun Tuhan.
NN, +6289698005xxx

Biar dapat mengontrol dan mengendalikan emosi yang negatif, hidup makin dekat dengan Tuhan yuk…baca Firman-Nya setiap hari, berdoa dan melakukan kehendak-Nya. GBU.

DIREBUT
Kenapa ya, cowok yang aku sayangi selalu direbut orang lain? Apa aku sudah tidak pantas disayangi?
Lina, +6285359760xxx

Lina terkasih, Tuhan Yesus mengasihimu, kamu berharga bagi Dia. Jangan menjadi patah semangat hanya karena kamu kehilangan seseorang yang kamu kasihi, pasti ada rencana Tuhan yang lebih besar bagi hidupmu. Apakah itu? Salah satunya, agar kamu lebih fokus pada sekolah dan masa depanmu lebih dulu. Tuhan Yesus menguatkan hatimu. GBU.

LEBIH DARI SATU
Kak, kawan-kawanku memintaku agar aku pacaran lebih dari satu orang. Aku gak setuju, tapi mereka terus saja memaksaku. Aku harus bagaimana? GBU.
Mely, Palopo, +6285397164xxx

Mely, terkadang kita tidak perlu melakukan apa yang diminta orang lain pada kita, jika hal tersebut memang bertolak belakang dengan hati nurani kita. Roh Kudus kiranya membimbingmu untuk menemukan teman-teman yang baik, yang takut akan Tuhan. GBU.

MERASA DISAKITI
Syalom… aku merasa orang-orang didekatku selalu menyakitiku, mereka tak mengasihiku. Akibatnya aku jadi merasa tersakiti, prestasiku menurun dan aku suka dengan sesama jenis (lesbi). Aku ingin lepas dari semua ini. Bantu aku kak.
Melati, Blitar, +6283848127xxx

Melati terkasih, meskipun ada banyak orang yang menyakitimu, percayalah ada kakak dan Tuhan Yesus yang selalu mau mendengarkanmu. Yuk, belajar mengampuni mereka. Berfokuslah untuk memperbaiki dirimu dan masa depanmu. Dia yang akan menguatkanmu selalu (Flp. 4:13).

THANKS!
Makasih ya, karena lewat Kerygma aku punya cowok yang seiman. Mungkinkah itu rencana Tuhan?
Hanna, +6285855954xxx

Hanna terkasih, Puji Tuhan! Sebaiknya kalian terus berdoa, agar hubungan itu senantiasa diberkati-Nya. GBU.

DITOLAK
Bagaima aku bisa melupakan wanita yang aku cintai, karena dia menolak cintaku. Aku lagi butuh saran dan doa. Thanks.
Trie, Salatiga, +6289668048xxx

Hai, Trie, mendapatkan penolakan bukan sebuah akhir dalam hidupmu. Tunjukkan bahwa dirimu istimewa dengan terus melakukan sesuatu yang terbaik dalam hidupmu. Saat kamu berhasil dalam hidupmu, kelak pasti mereka merasa menyesal telah menolakmu. GBU.

SUKA SESEORANG
Syalom kak, aku punya banyak masalah yang susah untuk diselesaikan dan aku binggung. Sedangkan orang-tuaku gak pernah pedulikan aku. GBU.
Ester, +6283831499xxx

Ester terkasih, bukankah Tuhan memberikan kekuatan pada kita untuk mengatasi segala masalah kita? Flp. 4:13. Kamu bisa utarakan disini, jika memang ortumu sedang sibuk. Terus belajar mengandalkan pertolongan Tuhan ya. GBU.

HAI…
Hai, kak, aku mau bergabung dengan Kerygma Teenz.
Maria, Jayapura, +6285244178xxx

Senang bisa berkenalan denganmu Maria. Kirim dong foto dan biodata lengkapmu, agar semua kawan bisa mengenalmu. GBU.

TEMAN YANG MEMBINGUNGKAN
Kak, aku ada masalah sama teman. Sebenarnya aku gak ada masalah sama dia, tapi dia bilang aku sombong dan mengatakan yang jelek-jelek tentang aku pada teman yang lain. Aku jadi bingung. Waktu diajak ngomong, dianya gak mau. Aku harus bagaimana?
Dhita, Jogya, +6285729253xxx

Hai Dhita, tidak semua teman harus jadi sahabat kita. Jika memang kamu telah berusaha berbuat baik padanya, tapi responnya buruk, lebih baik kamu berteman biasa saja dengannya. Terus bersikap baik dan mendoakan dia, agar Roh Kudus membantumu mengubah hatinya. GBU.

LUAR BIASA!
Tuhan Yesus luar biasa bagi kita semua. Kasih-Nya tak pernah berkesudahan.
NN, +6285231888xxx

Ya, betul sekali. Tuhan Yesus memang sangat luar biasa! Beruntung kita beroleh kasih sayang-Nya.

SUKA BERPRASANGKA
Kak, aku punya pacar satu gereja. Dia cantik dan banyak yang naksir. Terkadang aku berfikir dia tidak setia sama aku. Aku ingin menghilangkan prasangka buruk itu.
Ryan, Purworejo, +6289671913xxx

Hai, Ryan…kalau dalam hatimu sering timbul prasangka buruk, itu artinya kamu kurang PD dengan dirimu sendiri. Jika memang selama ini pacarmu dapat membuktikan kesetiaannya selama ini, gak perlu kan berprasangka buruk? Teruslah berdoa meminta pada Tuhan untuk memenuhi hatimu dengan Roh Kudus.

PATAH SEMANGAT
Syalom, setelah mamaku meninggal, aku merasa gak ada semangat. Padahal aku ingin menjadi orangyang sukses. Tolong bantu aku ya. GBU.
Christin, Lawang, +6285740868xxx

Kami turut berdukacita tentang mamamu, Christin. Rasa sedih memang wajar terjadi, tapi setelah masa berkabung, kita harus bangkit kembali. Ada tugas yang harus kamu kerjakan yakni bertekun untuk menyelesaikan sekolahmu dan menggapai impianmu. Amsal 18:14 semoga mengingatkanmu untuk bangkit kembali. GBU.

PUTUS ASA
Tuhan, entah apa yang aku alami saat ini… aku merasa capek dengan kehidupan ini,
Bosan, letih, bahkan semangatku pun hilang. Aku tak mampu untuk memilih dan memahami mana yang benar dan salah, hingga kembali jatuh pada kesalahan yang sama.
NN, +6285855954xxx

Saudara terkasih…mungkin Anda mengalami kejenuhan dalam hidup, saat seperti itu adalah waktu yang tepat untuk terus dekat dengan Tuhan. Berdoalah dan minta pimpinan Roh Kudusnya, agar kita tidak terjatuh. Melainkan beroleh pimpinan Tuhan Yesus.

Photo Credit: http://www.mini-invasive.net

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *