teenz-heart-juni-2014

Teenz Heart — Teman Curhat • XLIX

BERHARGA BAGI TUHAN
Selembar uang tak akan turun harganya walaupun telah kotor. Begitupun juga dengan manusia, seburuk apapun masa lalunya, dia tetap berharga di mata Tuhan. GBU.
NN, +6285355419xxx

Puji Tuhan! Kasih Tuhan sungguh luar biasa bagi hidup kita, juga bagi siapapun yang mau mengasihi Dia.

MANTAN PEMBOHONG
Kak, apa yang harus aku lakukan, jika misal, aku punya mantan pacar, terus mantan itu sudah pernah janji dengan aku, kalau dia gak akan pacaran lagi, dia mau belajar. Tapi dia bohong, ternyata dia malah pacaran lagi, gimana kak?
Shima, Purworejo, +6282137189xxx

Shima terkasih, itu mantan bukan? Jadi gak perlu dipikirin. Kecuali kalau kamu memang benar suka dia ya? Mungkin kamu merasa sakit hati, dan itu wajar. Tapi, kakak rasa dia bukan pilihan yang tepat buatmu. Move on! Fokus untuk sekolahmu dan percayalah, kelak kamu akan temukan seseorang yang tepat buatmu. GBU.

GAK PERNAH BAHAGIA
Syalom, kenapa ya, setiap kali aku menjalin hubungan dengan seseorang, pasti aku disakiti? Di sekolahpun rasanya aku gak pernah merasa bahagia. Apa Tuhan itu gak adil sama aku?
Nomaz, Medan, +6285763298xxx

Nomaz terkasih, yang bisa menentukan dan merasakan kebahagiaan dalam hidup kita adalah diri kita sendiri. Sejauh mana kamu selalu menyertakan Tuhan Yesus dalam setiap pergumulanmu? Coba introspeksi diri juga, mengapa orang lain kurang merasa nyaman dengan diri kamu. Itu mungkin langkah awal bagimu untuk juga berubah. Tidak semua masalah bersumber dari luar diri kita, terkadang diri kita pun menjadi sumber masalahnya. GBU.

SUKA BERTENGKAR
Kak, saya punya tiga orang sahabat, tapi mereka sekarang lagi marahan. Saya sudah berulang kali mendamaikan mereka, tapi tetap saja marahan lagi. Tolong kasih jalan keluarnya ya, kak. Thanks. GBU.
Fita, +6281354092xxx

Fita terkasih, memang gak gampang menjalin persahabatan, apalagi lebih dari dua orang. Kalian juga perlu belajar saling memahami, mengalah, mendengarkan, jujur dan saling mendoakan. Coba lakukan hal tersebut, semoga persahabatan kalian lancar ya.

MASIH SAYANG
Kak pagi ini aku sedih banget harus melihat mantan yang paling aku sayangi, pergi ke Palangkaraya untuk melanjutkan pendidikannya. Sakit, terluka itu yang aku rasakan. Bantu aku melupakan dia ya, kak.
NN, +6285752571xxx

Hai, sayang,…jika kamu memang mengasihinya, sudah seharusnya kamu mendoakan untuk keberhasilannya. Kamu pun harus lebih fokus untuk mengejar masa depanmu, dari pada tenggelam dalam rasa sedihmu. Semangat ya, kamu tidak sendirian. Tuhan Yesus mengasihimu.

BINGUNG
Kak, sebenarnya aku sering ikut pelayanan, tapi aku belum bisa sepenuhnya melayani. Aku sering bingung membagi waktu buat Tuhan dan pacarku. Aku juga rindu ortuku bisa mengenal dan menerima Tuhan dalam hidupnya.
Fhyna, 085253891xxx

Fhyna terkasih, ada kalanya kita harus fokus terhadap sesuatu. Mungkin ini saat yang baik bagimu untuk lebih dekat pada Tuhan dan mulai mengenalkan Tuhan Yesus bagi mereka. Kalau perlu libatkan pacarmu dalam pelayananmu, agar kalian bisa saling mendukung satu sama lain. GBU.

MENDUA
Syalom, saya mencintai seseorang yang setiap hari datang ke rumah saya. Tapi saya juga punya pacar, dia pun demikian. Tolong berikan solusinya.
Mariance, Sumba, +6285237467xxx

Mariance, sebelum kamu memutuskan untuk menjalin hubungan dengan pria lain, selain pacarmu, sebaiknya kamu membereskan masalahmu dengan pacarmu. Ada baiknya kamu pikirkan ulang baik-baik hubungan tersebut. Jika memang kalian sama-sama ingin berpisah, sebaiknya dilakukan dengan baik-baik, agar tidak terjadi masalah dikemudian hari. Berdoalah, agar kamu tidak tergesa-gesa untuk mengambil keputusan.

GAK BISA MOVE ON!
Kak, kenapa ya, aku kok masih sangat berharap pada mantan pacarku? Padahal dia sudah punya pacar, dia pun sudah gak peduli lagi sama aku. Tapi aku masih sayang sama dia. Tolong bantu aku ya, kak. Thanks.
Ade Vera, +6285237862xxx

Ade terkasih, ada baiknya kamu mulai menyibukkan dirimu dengan kegiatan-kegiatan yang berguna bersama teman-temanmu di sekolah, gereja atau di rumah. Jangan biarkan dirimu menganggur dan melamun. Ok, bersemangatlah!

CHRASH DENGAN SAHABAT
HKak, aku lagi ada masalah nih sama sahabatku. Padahal selama ini aku sudah berusaha memperhatikan mereka, tapi mereka bilang akulah yang jadi masalahnya. Aku harus bagaimana?
Grace, Medan, +6282163846xxx

Grace, terkadang kita perlu mendengarkan orang lain, sehingga kita bisa belajar memahami mereka. Kami berdoa, supaya persahabatan kalian bisa terjalin kembali dengan baik. GBU.

DICINTAI
Kak, sahabatku mencintaiku, tapi aku tidak. Apa yang harus kuperbuat? GBU.
Marsha, Sumba, +6285337503xxx

Marsha, lebih baik kamu jujur terhadap sahabatmu itu. Mungkin awalnya hubungan kalian jadi sedikit renggang dan berbeda dari sebelumnya. Tapi jika dia sahabat yang baik, ia akan memahami dirimu juga. GBU.

MUSUHAN
Kak, aku lagi musuhan sama sahabatku. Saat aku sedih ada teman yang juga mau mendengarkan curhatku, tapi dia juga sedang ada masalah. Bagaimana baiknya?
Ribka, Ungaran, +6285740182xxx

Ribka, kenapa harus musuhan? Ayo, baikkan dong…masak anak Tuhan suka musuhan sih. Belajar mengampuni dan rendah hati yuk, biar hidup kita tidak menjadi batu sandungan bagi orang lain.

DENDAM
Kak, aku punya teman yang pengkhianat. Aku benar-benar mau balas dendam sama dia.
Menurut kakak gimana?
Novhi, Medan, +6285760177xxx

Novhi sayang, ingat apa yang diajarkan Tuhan pada kita? Belajar mengasihi dan mengampuni. Jika kamu merasa dendam, berdoalah agar Tuhan memenuhi hatimu dengan Roh-Nya untuk terus mengasihi teman-temanmu. Pembalasan dendam hanya hak Tuhan, anak-anak Tuhan tidak pantas untuk balas dendam.

TAKUT GELAP
Kak, gimana sih cara ngilangin rasa takut? Soalnya aku takut sekali sama gelap. GBU.
Meishin, Manado, +6287846848xxx

Hai, Meishin terkasih, rasa takut biasanya muncul dari diri kita sendiri. Kamu bisa berdoa dan membaca firman Tuhan sebelum tidur. Atau, nyalakan lampu kamarmu, jika memang kamu phobia gelap. Ok, Tuhan menolongmu.

NILAI TURUN
Syalom, kak, nilai saya akhir-akhir ini menurun, dulu masuk 5 besar, sekarang peringkatnya jadi belasan. Padahal saya sudah berusaha sebaik mungkin. Thanks, GBU.
Valent, Tasik, +6285222566xxx

Valent, kita memang tidak bisa terus menerus berada di posisi teratas, kadang juga bisa di bawah. Pelajaran di sekolah pun dari waktu ke waktu semakin sulit, asalkan kamu mau terus tekun dan giat belajar, pasti kamu akan raih impianmu tersebut. Jangan lupa berdoa ya.

BEDA AGAMA
Kak, aku punya pacar beda agama. Tapi pacarku dimarahi ortunya karena pacaran denganku. Akhirnya kami putus. Padahal aku ingin bersama dia dan sangat menyayangi dia. Aku berharap dia bisa mengenal Tuhan Yesus saat bersamaku. Mohon sarannya, GBU.
Hendra, +6281907298xxx

Hendra 2 Kor.6:14 dengan tegas mengatakan hal itu pada kita. Untuk membawa jiwa pada Tuhan, tidak harus menjadikan seseorang menjadi pacar kita terlebih dahulu, tapi juga melalui teladan dan kesaksian hidupmu tentang Tuhan Yesus. ayo, semangat ya! GBU.

PACARAN DI FB
Syalom kak, saya pacaran dengan cowok lewat Facebook. Kami sama-sama pelayanan, tapi sampai saat ini kami belum pernah ketemuan. Gimana menurut kakak? Trims.
Elen, Medan, 085358728xxx

Elen, saat kamu memutuskan untuk menjalin berpacaran dengan orang lain, seharusnya kamu sudah paham dengan karakter dia, sekaligus asal usulnya. Pacaran lewat FB memang tidak salah, tapi coba kamu lebih berhati-hati dengan penggunaan Sosmed, dengan semakin banyaknya penyalah gunaan didalamnya. GBU.

DOSEN KILLER
Syalom kak, akhir-akhir ini saya sering berhadapan dengan dosen yang menurut saya suka membunuh karakter mahasiswa. Dosen tersebut menganggap mahasiswa tidak punya kemampuan, sehingga sering meremehkan orang lain. Bagaimana cara menghadapi dosen seperti ini?
Thia, Sulawesi Utara, 08218870xxx

Thia, kamu sering berhadapan dengan dosen tersebut dalam kapasitas sebagai apa? Dosen pembimbing skripsimu kah? Ada baiknya kamu juga berkonsultasi dengan dosen-dosen yang lain, agar kita tidak gampang men-judge seseorang. Ok, terus mengasihi dan mendoakan orang-orang di sekitar kita ya. GBU.

MOHON AMPUN
Syalom kak, bagaimana caranya memohon pengampunan pada Tuhan atas segala kesalahan kita, dan memperoleh kasih anugerah-Nya?
Susi Rozed, 085238334xxx

Susi terkasih, berdoalah dengan sungguh-sungguh memohon pengampunan dari Dia. Bertobat dan tidak melakukan kesalahan yang sama. Tuhan Maha Pengampun, percayalah Dia juga akan mengampuni kamu. Ada baiknya kamu juga berkonsultasi dengan seorang kakak rohani/pendetamu, agar mereka bisa membantu mengawasi pertumbuhan imanmu. GBU.

SUKA NGESELIN…
Syalom kak, aku punya masalah tentang abangku. Dia selalu menyusahkan ortuku, padahal aku ingin ortuku juga bisa merasakan bahagia. Aku mau dia berubah.
Irma, Pekanbaru, 081268074xxx

Irma sayang, mungkin kamu perlu juga mencoba mengobrol baik-baik dengan abangmu tentang hal tersebut. Satu hal yang perlu kamu lakukan adalah mendoakannya selalu, karena hanya Tuhan Yesus yang sanggup mengubahkan hati seseorang. GBU. GBU

SELALU DIEJEK
Kak, saya punya teman, dia sering mengejek orang yang beragama Kristen. Bagaimana sebaiknya sikap saya? GBU.
Andreas, 085235048xxx

Andreas, teman semacam itu lah yang perlu dikasihi, karena mereka belum mengenal secara pribadi dengan Tuhan Yesus. Jangan membalas meskipun dia mengejek kamu, melainkan doakan dia terus menerus, agar Roh Kudus juga menyentuh hatinya. GBU.

BERUBAH
Saya memiliki teman, dari pertama kenal dia selalu memanggil dengan sebutan “kakak”. Tapi akhir-akhir ini dia mulai memanggil langsung dengan sebutan nama saya. Saya tidak bisa menerima hal itu, saya ingin dia terus memanggil dengan “kakak” , meskipun sebenarnya dia lebih tua dari pada saya.
Lina, 085398464xxx

Lina tekasih, kita tidak bisa memaksa seseorang untuk selalu menuruti kemauan hati kita. Ada kalanya mereka juga ingin berubah dan berkembang. Jangan galau hanya karena masalah sepele ini, bukanlah kalian berteman sejak lama dan dia lebih tua dari kamu? Hayo, gantian panggil dia “kakak” dong!

DITUDUH
Teman baikku menyebutku merebut pacarnya. Padahal pacarnya itu telah lebih dulu kenal dengan aku, dan sudah aku anggap kakak sendiri. Apa saya harus menjauhi temanku itu? GBU
NN, +6285396778xxx

Hai sayang, saat seseorang mulai berpacaran terkadang memang lebih sensitif. Kamu tak perlu menjauhi dia, tapi menjaga jarak saja, agar hubungan pertemananmu dengan dia dan pacarnya, tetap bisa berjalan dengan baik. Doakan juga mereka, ya. GBU.

Photo Credit: http://www.mini-invasive.net

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *