teenz-heart-juni-2014

Teenz Heart — Teman Curhat • XLVIII

SUKA MENYINDIR
Kak, aku punya teman yang selalu menyindir kita. Misal, dia bilang kalau cowok kita itu gak bisa dibanggain, katanya cowok kita gak ada apa-apanya. Gimana cara menanggapi dia? Apa perlu marah?
NN, 085254696xxx

Hai sobat, gak perlu dimakan hati perkataan orang-orang yang seperti itu. Asal kamu dan pacarmu tetap saling percaya dan menjaga hubungan kalian. Menjadi marah akan melemahkan dirimu sendiri. Sebaiknya kamu menjauhi teman yang tidak membangun bagi kedewasaanmu. GBU.

PUTUS KARENA CEMBURU
Kak, pacarku meninggalkan aku. Awalnya karena aku cemburu melihat foto-foto dia bersama mantannya di FB. Aku berharap dia bisa mendapatkan seseorang yang lebih baik bagi dia. GBU.
Ella, 085751307xxx

Ella terkasih, kamu istimewa dan berharga bagi Tuhan. Tak perlu meratapi hal-hal yang sudah lewat. Terus melakukan yang terbaik dalam hidupmu, Tuhan Yesus pasti pertemukan kamu dengan seseorang yang tepat, jika saatnya tiba nanti. GBU.

LONG DISTANCE RELATIONSHIP (LDR)
Malam kak, kalau seandainya punya cowok seiman tapi kita pacarannya jarak jauh. Apakah Tuhan Yesus mau merestui hubungan kita? GBU.
Vira, +6287851178xxx

Vira terkasih, LDR bukan menjadi sebuah halangan bagi hubungan pacaran kalian, asalkan kalian berdua sudah sama-sama berkomitmen untuk saling setia, percaya satu sama lain, saling menjaga hubungan dan mendoakan. Tentu saja Tuhan akan merestui hubungan ini jika kalian juga menyertakan Dia selalu.

DIACUHKAN
Kak, saya suka sama cewek, tapi dia suka sama temanku. Aku tetap perhatian sama dia, tapi kenapa dia mengacuhkan aku? Dia pernah bilang sama aku, jika aku sayang dia, aku dimnta jangan menghubungi dia dalam waktu 1 bulan ini. Jujur aku bingung dan merasa sakit hati terhadap dia
Wahid, 085640943xxx

Wahid terkasih, saat kita mulai berani untuk menjalin hubungan dengan seseorang secara khusus, seharusnya kita juga berani untuk menerima perasaan ditolak, disakiti, disayangi, dsb. Ada kemungkinan cewek yang kamu sukai itu juga masih bingung dengan perasaan yang dia miliki, antara menyukai seseorang atau mengukaimu. Berdoa ya, agar Tuhan memberikan yang terbaik dalam hidupmu.

GOD IS LOVE
God is Love! God is Awesome! God is Almighty! God is Great! God is Amazing!
God is Merciful! God is Perfect! God always Bless you!! :)
NN, 089674439xxx

God bless you, too.

 

HAMIL DILUAR NIKAH
Kak, saya mau bantu adik sepupu saya yang hamil dengan orang yang tidak seiman. Keluarganya belum ada yang tahu tentang hal ini, karena dia masih kuliah semester 1. mohon masukannya. GBU.
NN, 082188607xxx

NN terkasih, sebaiknya kamu mengajak adik sepupumu itu untuk melakukan pertobatan. Mengingat kehamilannya saat ini, sudah seharusnya ia berani belajar bertanggungjawab atas perbuatannya tersebut, dengan berani mengungkapkan apa yang terjadi pada kedua orang-tuanya. Langkah selanjutnya, tergantung keputusan dalam keluarga mereka. GBU.

BELAJAR MENYAYANGI
Gimana caranya, agar kita terus bisa menyayangi kekasih kita? Thanks.
NN, 085254696xxx

Saling mengasihi dengan tulus hati disertai kasih dari Tuhan Yesus, akan menguatkan hubungan kalian. Jadi selalu doakan hubungan kalian tersebut, agar Tuhan menumbuhkannya sepanjang waktu. GBU.

MINTA SOLUSI
Aku sebenarnya mau ikut training tamborin. Tapi kadang gak ada yang mengantarku. Cari solusinya ya kak, biar aku bisa ikut training. GBU.
NN, 08563225xxx

Hai sayang, jika kamu memang bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan tersebut, tentu kamu memiliki keberanian hati. Cobalah belajar mandiri dengan berangkat ke tempat training sendiri, jika memang tidak ada yang mengantar. GBU.

RAHASIA HARI
Hari adalah rahasia yang tidak pernah diketahui manusia, tentang apa yang akan terjadi di dalamnya. Hari bahkan mampu membuat manusia ragu untuk melangkah di dalamnya. Tapi jika doa menjadi awal menyambut hari, maka kekhawatiran menjadi akhir sebelum hari dimulai. Selamat pagi, selamat beribadah di hari ini, Tuhan Yesus menyertai.
Resky, 081247118xxx

Mengarahkan hidup pada Sang Pemberi Kehidupan akan mengenyahkan kekhawatiran diri. GBU.

PACARAN YANG SEHAT
Kak, pacaran yang sehat itu bagaimana? Soalnya pacarku meminta ciuman denganku.
Makasih kak sarannya :) Gbu
Ani, 085254696xxx

Hai Ani, masa berpacaran sebenarnya lebih pada pengenalan lebih dekat pada pasangan kita, siapa dia sesungguhnya dengan melihat sifat dan sikapnya selama menjalanihubungan denganmu. Pacaran yang sehat tentu saja berlandaskan pada prinsif-prinsif kristiani, dimana kalian diminta untuk menjaga kekudusan. Sebaiknya hindarkan melakukan ciuman jika hal tersebut menggoda kalian untuk melakukan hal-hal negatif lainnya.

MEMPERBAIKI HUBUNGAN
Kak, dulu papa dan mamaku hampir bercerai, tapi akhirnya berbaikan kembali. Tapi sekarang hubungaku dengan papaku terasa jauh, demikian juga dengan adik-adikku yang lain, padahal aku sudah berusaha mendekat padanya. Ohya, apakah pacaran beda agama itu dosa?
Remiani, 085751369xxx

Remiani terkasih, memang butuh waktu untuk memperbaiki hubungan yang hampir rusak. Kamu perlu mengampuni orang-tuamu, mendoakan mereka, agar pemulihan dari Tuhan yang terjadi atas keluargamu. Ingatlah 2 Kor.6:14, agar kamu tidak salah memilih pasangan.

DIAKAH PASANGANKU?
Syalom kak, aku suka seseorang. Kami telah lama berteman. Aku yakin bahwa dia kelak akan menjadi pasanganku, aku berdoa untuk ini. Tapi kenapa dia malah suka dengan perempuan lain yang tidak mengasihinya? Apakah aku bisa menetapkan hatiku padanya dan belajar bersabar menunggu dia?
Ayuk, +6285726869xxx

Ayuk terkasih, kita bisa mencintai siapa saja yang kita jumpai, tapi Tuhan yang memberikan pasangan terbaik bagi kita. Berdoalah pada Tuhan dengan segala penyerahanmu, jangan mendiktekan apa yang kita mau, agar kita tetap bisa memahami rancangan dan kehendak-Nya dalam hidup kita. Kesabaran dan kekuatan akan menyertai jika kita senantiasa mengandalkan-Nya. GBU.

PILIH KASIH
Kak aku tinggal bersama saudaraku, yang juga punya keponakan dari pihak istrinya. Tapi anehnya, kenapa ya, kok sepertinya mereka pilih kasih terhadapku. Keponakan mereka bebas melakukan apa saja, sedangkan aku harus bekerja dulu di rumah ini sebelum ingin melakukan yang lainnya (seperti ke luar rumah). Aku sakit hati banget.
Jhana, +6285696199xxx

Jhana terkasih, sabar ya. Mungkin saat ini Tuhan Yesus tengah mendidikmu menjadi seorang yang kuat kelak. Jadi, teruslah belajar mandiri, rajin dan bersemangat. Jangan menjadi marah, tapi belajarlah mengucap syukur dengan kesempatan yang kamu miliki saat ini. Tuhan Yesus menguatkanmu. GBU.

SELALU ADA MASALAH
Shalom, kak, aku itu sudah sunggguh-sunggguh beribadah, berdoa, mendengarkan dan melakukan Firman Tuhan, tapi kok masih saja banyak masalah yang datang? Setiap kali minta sesuatu sama Tuhan, kadang-kadang gak ada jawaban. Apa Tuhan itu gak dengar doa kita? Thank’s.
Elisa, +6287853735xxx

Elisa sayang, pernahkah terpikir olehmu bahwa Tuhan senantiasa membentukmu melalui apa yang kamu alami? Masalah yang kamu alami itu adalah sebuah kesempatan bagimu untuk menjadi kuat, belajar bersabar, menumbuhkan hikmat dan kepekaan-Mu pada Tuhan. Jikalau kamu mengandalkan Tuhan Yesus, maka kamu akan belajar bersyukur untuk semua masalah yang ada. Tuhan bukannya tidak menjawab doamu, tapi Dia sedang mempersiapkan sesuatu yang besar dalam hidupmu. Jadi belajarlah mencari kehendak Bapa. GBU.

KURANG PENGERTIAN
Gimana menyelesaikan masalah dengan kakak yang tidak pengertian. Tapi saat aku beritahu ke ayah, dia hanya percaya pada kakakku saja. Yang mengerti hanya ibu, tapi ibu sekarang sudah meninggal.
Vhyra, +6285341245xxx

Vhyra terkasih, sabarlah untuk menghadapi kakakmu. Ada kok yang peduli padamu dan selalu setia menolongmu, ada Tuhan Yesus. Jika mereka tidak memahamimu, sekaranglah waktunya bagimu untuk lebih belajar memahami mereka. Tuhan tolong ya. GBU.

PACARKU BERUBAH
Kak, akhir-akhir ini pacarku berubah tanpa sebab. Kaih masukan ya. Thanks.
Shelmy, +6285242998xxx

Shelmy terkasih, apakah kamu sudah pernah ajak dia untuk bertemu dan membicarakan hal tersebut? Mungkin kalian bisa bicarakan hal tersebut dengan kepala dingin, sehingga ada jalan keluar. Berdoalah agar Tuhan menolong kalian. GBU.

EGOIS BANGET!
Kak, gimana caranya melupakan orang yang sudah membuat sakit hati kita. Jujur saja aku benci dengan kakakku…masa orang pergi belajar kelompok eh, dia bilang ketemu cowok. Egois banget sih dia.
NN, +6285341245xxx

Sabar…sabar….ampuni kesalahannya ya, agar kamu tidak menyimpan kepahitan dalam hatimu. Jika kamu masih marah dengan dia, berdoalah, agar Tuhan Yesus sendiri yang memulihkan hatimu. GBU.

MASIH ADA RASA
Syalom Kak, mantan pacarku sudah punya kekasih lain, tapi jujur aku masih menginginkannya. Tolong dong solusinya? Terima kasih.
Rachel, +6281248462xxx

Rachel terkasih, belajar move on ya…! Kamu diciptakan berharga oleh Tuhan, dan sayang banget lho, kalau disia-siakan untuk memikirkan mantan yang tidak memikirkanmu. Move on! Fokus pada prestasi pendidikanmu, fokus pada apa yang kamu lakukan…pasti Tuhan sediakan orang yang tepat bagimu nanti.

ADA BINGKISAN GAK?
Syalom, kalau kita mengirim “My Poem” itu, apa akan dapat bingkisan dari Kerygma? Thanks.

Jika kamu mengirimkan karyamu ke Kerygma Teenz, dan dimuat, tentu akan ada bingkisan buatmu. GBU

KOMITMEN BERSAMA
Syalom kak, saya menyukai seorang cewek, dia juga suka sama saya. Tapi kami punya komitmen untuk gak pacaran sebelum habis kuliah, kami berdua sudah saling percaya. Tapi kalau bertemu/berpapasan kami berdua sama-sama takut/malu, tapi kami juga sering SMS-an. Gimana nih kak, apakah Tuhan menghendaki kami akan berjodoh??
Rischy, +6285237875xxx

Rischy terkasih, mungkin kalian perlu bicarakan ulang komitment bersama tersebut. Bagaimana sebaiknya model pacaran yang harus kalian jalani. Mungkin usia kalian sudah cukup untuk lebih terbuka dan jujur satu sama lain. Teruslah berdoa!

LEBIH MUDA
Kak, salah gak kalau kita pacaran dengan orang yang lebih muda dari kita (selisih 2 tahun)?
Helen, +6285398501xxx

Helen terkasih, kalau kamu merasa nyaman dan kalian berdua tidak terganggu dengan hal tersebut, its ok! Asal, kalian sama-sama mengasihi Tuhan Yesus. GBU

BIAR SEMANGAT
Kak, aku sangat malas belajar, ada gak sesuatu yang bisa membuatku menjadi semangat belajar karena sebentar lagi aku ujian? GBU.
Eci, +6285333214xxx

Eci terkasih, tekad atau semangat belajar itu harus keluar dari diri kita sendiri. Kalau kamu ingin berhasil lulus dalam ujian, maka pupuklah semangat dari dalam diri kamu sendiri, yang disertai dengan semangat kuat untuk mulai giat belajar. Kamu harus berani melawan kemalasan dirimu, berani membatasi diri untuk nonton TV/bermain. Ayo, dicoba terus dan makin bertekunlah belajar, agar kamu berhasil. GBU.

Photo Credit: http://www.mini-invasive.net

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *