teenz-heart-juni-2014

Teenz Heart — Teman Curhat • XLVI

CINTA DITOLAK
Kak, bagaimana aku bisa melupakan wanita yang aku cintai, karena dia menolak cintaku.
Sedih sekali kak, aku butuh sarannya.
Trie, Salatiga, +6289668048xxx

Shalom Tri, mungkin untuk saat ini kamu butuh ketenangan. Memang sakit ketika cinta kita ditolak. Mungkin saat ini kamu tidak bisa menerima mengapa dia menolakmu. Yang perlu kamu tanam dalam hatimu sekarang bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan ((Roma 8:28). Okey…tetap semangat ya Trie..

MENJADI WORSHIP LEADER
Syalom, gimana sih jadi worship leader yang baik, agar bisa memacu jemaat merasakan hadirat Tuhan? Terima kasih. GBU.
Nana, Purworejo, +6289671913xxx

Tugas Worship Leader (WL) adalah mengajak jemaat menyembah Tuhan. Nomor satu kita harus memiliki hubungan pribadi dengan Tuhan setiap hari yaitu memiliki kehidupan penyembahan. Kemudian siapkan lagu yang iramanya mengalir satu dengan yang lain. Kemudian sediakan waktu untuk latihan bersama tim musik, supaya menyatu. Yang terakhir harus diingat Tuhanlah pemimpin ibadah kita. Met melayani.

SAHABATKU CUEK
Hai kak, sahabatku gak mau lagi memaafkan aku. Bahkan dia sudah cuek sama aku, dan lebih memperhatikan teman cewek yang lain, padahal aku masih ingin sekali berteman dengan dia, apalagi besok aku mau ultah.
Brigita, +6281807239xxx

Hai Brigita, kehilangan sahabat itu memang tidak enak. Tapi itulah liku-liku persahabatan. Sepertinya kamu menyimpan perasaan lebih dari seorang sahabat??? He..he..Tetaplah berdoa dengan ketulusan. Tidak ada yg mustahil di hadapan Tuhan, Dia bisa mengembalikan persahabatan kita. Namun juga diperlukan usaha dari kita.

DIJAUHI TEMAN
Kenapa ya di sekolah aku selalu dipojokkan dan dijauhi teman-teman sekelasku?
NN, +6285244178xxx

NN yang baik…SMS mu menurut kakak kurang lengkap, apa yang menjadi permasalahannya. Jadi kakak agak sulit memberi masukan. Tapi menurut kakak jadilah anak yang manis, yang ringan tangan dan menyenangkan buat semua orang. Pasti kamu akan diterima oleh semua temanmu. Selamat mencoba…

INGIN GABUNG
Syalom.., kak, aku mau bergabung dengan Kerygma Teenz.
Maria, Jayapura, +6285244178xxx

Ok Maria..kakak senang kamu mau bergabung dengan kamI. Kirim dong foto dan biodata lengkapmu. GBU.

DIMUSUHI TEMAN
Kak, aku ada masalah dengan teman sekelasku. Aku sudah minta maaf dan berbuat baik padanya tapi dia tetap tidak mau berteman denganku.
Ditha, Yogya, +6285729253xxx

Hallo Ditha, apa yang kamu lakukan dengan mengajak berbicara baik-baik sudah benar. Kamu sudah melakukan apa yang menjadi bagianmu. Kalau dia masih tetap sinis ke kamu, tenang saja, tidak usah diimbangi. Tetaplah berbuat baik kepadanya dan terus doakan saja dia.

LUAR BIASA
Tuhan Yesus luar biasa bagi kita semua. Kasihnya tak pernah berkesudahan!
NN, +6285231888xxx

AMIEN!!

 

SELALU IRI & TAK PERCAYA
Kak, aku pacaran satu gereja. Dia cantik dan banyak yang naksir.
Kadang aku berfikir dia tidak setia sama aku. Aku ingin hilangkan prasangka buruk itu tapi gak bisa. Dalam hatiku selalu ada rasa iri hati. Menurut kakak gimana? Trims.
Ryan, Purworejo, +6289671913xxx

Hai Ryan, menjalin hubungan dengan seseorang butuh kepercayaan, kalau tidak akan sangat sulit. Mengapa kamu selalu iri? Itu bisa membusukkan tulangmu (Amsal 14:30). Setiap orang diciptakan Tuhan berbeda-beda dan punya kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Jadi kembangkan kelebihanmu dan banggalah dengan dirimu sendiri. Tuhan Yesus sangat mengasihimu dan menerimamu apa adanya.

APAKAH DIA JODOHKU?
Kak, saya suka sama seseorang, dia anak pendeta. Saya selalu berdoa untuk hal ini. Tapi apakah bisa saya memilikinya karena orang-tua saya bukan dari kalangan pendeta.
Tolong saya ya, kak, terima kasih.
Reris, +6285743900xxx

Syalom Reris, perasaan suka yang ada dalam dirimu itu wajar tapi sebaiknya utamakan sekolahmu dulu dan raih cita-citamu. Tuhan pasti akan memberikan pasangan hidup yang terbaik untukmu, pada waktu yang tepat.

SEDANG BERDUKA
Syalom, setelah mamaku meninggal aku jadi gak bersemangat, selalu bersedih. Padahal aku ingin berhasil dalam hidupku. Tolong bantu aku ya, kak.
Christin, +6285740868xxx

Syalom Christin, kakak bisa merasakan perasaanmu. Memang sedih ditinggal mama. Tapi kita yang masih hidup perlu terus melanjutkan perjalanan kita di dunia ini. Jadi jangan terus larut dalam kesedihan ya. Kalau sedih minta Roh Penghibur itu menghibur hatimu. Kamu tidak sendiri. Tetap semangat. Tuhan Yesus memberkati

SELALU SALAH MEMILIH
Tuhan entah apa yang aku alami saat ini, yang jelas aku merasa capek dengan kehidupan ini. Aku bosan, letih, bahkan semangatku pun hilang. Perempuan paling lemah adalah aku karena aku tidak mampu untuk memilih mana yang benar dan mana yang salah, sampai akhirnya aku jatuh dikesalahan yang sama.
NN, +6285855954xxx

Allah masih memberi kesempatan untuk kamu dapat kembali kepada-Nya. Allah kita adalah Allah yang panjang sabar. Jangan patah semangat. Terus maju walaupun sedikit.

DITUDUH MEREBUT PACAR
Tadi temanku marah, karena menganggap aku mau merebut pacarnya. Padahal aku lebih lama berteman dengan pacarnya itu dan menganggap dia kakakku. Apa saya harus menjauhi teman saya atau gimana. GBU.
Any, +6285396778xxx

Any, cerita seperti ini sering dialami oleh seseorang yang bersahabat. Mau tidak mau hubungan kalian menjadi sedikit berubah setelah ada orang ke tiga dalam persahabatan kalian. Saran kakak hargailah perasaan sahabatmu sekalipun kamu lebih lama kenal pacarnya. Mungkin kedekatanmu dengan pacarnya perlu agak dikurangi ya. Supaya semuanya baik.

KOK MONOTON SIH…
Hai Kerygma boleh kasih saran gak? Sudah 3 bulan aku baca Kerygma, tapi kenapa bahasannya selalu tentang cinta? Beda banget dengan tema judul covernya? Thanks.
NN, 02291991xxx

Ok, terima kasih saran dan masukannya. Ohya, itu edisi berapa? Akan kami perhatikan. GBU

INGKAR JANJI
Kak, apa yang harus aku lakukan kalau misal aku punya mantan pacar, trus mantanku itu sudah pernah janji denganku kalau dia gak akan pacaran lagi, dia mau belajar. Tapi dia bohong, ternyata dia sudah pacaran dengan cewek lain. Gimana kak?
Shima, +6282137189xxx

Shima, hanya Tuhan yang tidak pernah ingkar janji. Mantan pacar kita masih manusia kan? Setiap manusia punya kelemahan dan kekurangan termasuk kita. Jadi maklumi saja dan terima dia apa adanya, maka kamu tidak akan sakit hati.

SELAMAT PAGI
Hai, kak, selamat pagi…
NN, +6285354062xxx

Selamat pagi juga…Tuhan memberkatimu.

 

SUKA PACAR ORANG
Kak, saya suka sama seorang cewek, tapi dia sudah punya pacar. Gimana agar dia tahu kalau saya ini tulus sama dia?
NN, +6285395890xxx

Hai, sayang…apabila memang dia sudah punya pacar, sebaiknya kamu berusaha melupakan dia. Berteman biasa saja dengan tulus, meski kita tidak tahu siapa jodoh kita nanti. Ada baiknya kamu terus mendoakan dia. GBU.

PACARAN BEDA AGAMA
Kak, aku pacaran dan kami beda agama. Ortuku melarang. Apa salahnya sih pacaran beda agama?
NN, +6287759088xxx

Berpacaran dengan orang yang beda keyakinan bukanlah hal yang tepat. Alkitab dengan jelas mengatakan dalam 2 Kor. 6:14. Kita tidak dapat memakai alasan “tidak apa-apa” asal kan kita tetap percaya dengan keyakinan kita, karena Tuhan menghendaki kita membina sebuah rumah tangga yang seiman dan itu yang terbaik untuk kita. Berusahalah menyibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan lain dan ikutilah aktivitas gereja, menambah persahabatanmu di kalangan seiman, agar kamu mulai bisa melupakan dia.

SELALU DIHINA
Syalom, kak, saya boleh minta pendapat, ada orang yang sudah berkali-kali menghina saya. saya jadi tidak sabar dan ingin mencelakakan dia. Apa seharusnya tindakan saya?
Ebenezer, +6285370711xxx

Ebenezer, memang tidak mudah berhubungan dengan orang lain. Teruslah belajar bersabar dan memohon pertolongan dari Tuhan Yesus, sehingga kamu dapat menanggung semuanya (Filipi 4:13) Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku

PERBUATAN DAGING
Kak, 8 perbuatan daging yang disebutkan Rasul Paulus itu apa saja ya? Terima kasih.
Martha, +6287759628xxx

Baca di Galatia 5:19-21. GBU.

 

GAK ADA YANG BENAR
Kak ortuku selalu menyalahkan setiap pekerjaan yang aku lakukan. Apa yang aku kerjakan selalu salah di mata mereka. Kasih solusi dong!
Yohanes, +6285277943xxx

Yohanes, introspeksi diri ya, mungkin ada sesuatu yang kita perbuat kurang benar bagi orang lain. Kamu juga perlu mendoakan mereka, agar Roh Kudus memberikan sukacita dalam hati orangtuamu, sehingga hubungan kalian bisa menjadi baik. GBU.

TERJERAT PORNOGRAFI
Syalom kak, saya minta tolong agar bisa terlepas dari gambar-gambar erotis dan pornografi. Saya tahu Tuhan pasti marah dengan apa yang saya perbuat.
HR, +6289656658xxx

HR terkasih, ada baiknya kamu mohon ampun pada Tuhan, agar Tuhan Yesus mengubahkan hatimu dan melepaskanmu dari kuasa kedagingan tersebut. Fokuslah pada sekolah/pekerjaanmu, perbanyak aktivitas di gereja, persekutuan atau sekitarmu agar kamu memiliki kegiatan yang positif. GBU.

PERASAAN CINTA
Perasaan cinta sama orang yang tidak mungkin bersama kita apakah harus di pertahankan? Orang itu berbeda agama dengan saya.
NN, +6282271343xxx

NN terkasih, ada baiknya kamu mulai meninggalkan hal tersebut, fokuslah pada hal-hal lain yang bisa membuatmu semakin maju. 2 Kor. 6:14 mengingatkan kita untuk berkenan di hadapan Tuhan. perbanyak hubungan pertemanan dengan teman-teman di gereja, ikuti aktivitas di sana, kamu pasti akan temukan suasana baru dan juga mungkin seseorang yang mungkin mengasihimu. GBU.

Photo Credit: http://www.mini-invasive.net

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *