teenz-heart-juni-2014

Teenz Heart — Teman Curhat • XLIV

BERTENGKAR
Aku punya sahabat yang berbicara lewat belakang tentang temanku ke teman yang lain.
Suatu saat temanku yang mendengar cerita sahabatku itu, bilang ke temanku yang di bicarakan oleh sahabatku. Akhirnya temanku menjadi marah dan menampar mulut sahabatku. Apa yang harus aku lakukan supaya sahabatku dan temanku itu berdamai?
Cacha, +6283846208xxx

Hai Chacha, kalau keadaan sahabatmu sudah lebih tenang, kamu bisa bicarakan solusi apa yang terbaik menurut dia. Kamu juga bisa sarankan dia untuk meminta maaf atas kesalahannya dan hidup berdamai dengan orang lain.

MET ISTIRAHAT…
Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Aku pun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya (Yoh. 14:21). Met malam, met istirahat.
NN, +628971348xxx

Thank you untuk ayatnya. Good night, may you have a nice dream.

 

BANYAK GODAAN
Dulu aku tinggal di pastori, sekarang aku bersama saudaraku. Ternyata banyak godaan yang membuat aku hampir terjerumus. Gimana ya caranya, agar aku bisa kembali ke pastori?
Gladis, +6285398404xxx

Selamat pagi Gladis. Pasti ada alasannya, kamu harus tinggal di rumah yang lain. Di setiap tempat pasti ada pencobaan. Tetap berdoa dan renungkan firman Tuhan, itu yang akan membuatmu kuat dalam menghadapi setiap cobaan. Tuhan hanya sejauh doa. GBU.

 

GAK BISA KULIAH
Saat ini saya bingung, saya ingin bersekolah tapi ortu tidak sanggup membiayai kuliah saya. GBU.
Ocha, 085339631xxx

Syalom Ocha, serahkanlah segala keinginanmu dalam doa kepada Allah dengan ucapan syukur. Allah tahu yang terbaik untukmu. Kerjakanlah apa saja yang baik yang dapat kamu kerjakan sekarang ini, dan kamu pun dapat tetap belajar dari berbagai buku. Smoga suatu waktu keinginanmu dapat terwujud.

BELUM ADA JAWABAN
Aku suka sama cewek dan sudah nembak dia, tapi dia belum kasih jawaban. Thanks.
Alberto, +6287869025xxx

Selamat siang Alberto. Orang yang siap berpacaran, siap juga untuk terluka. Semoga kalian bisa saling mengenal dengan lebih baik. Serahkanlah semua persoalanmu kepada Allah, Hakim yang adil. Kiranya damai sejahtera Tuhan memelihara hati dan pikiranmu.

GAK SEIMAN
Kenapa ya kak, setiap kali aku punya cowok, kok beda agama? Padahal aku sudah minta sama Tuhan untuk dapat yang seiman.
Dicka, +6283865894xxx

Hai Dicka, kamu bisa berdoa untuk meminta pimpinan Tuhan dalam hidupmu. Tetapi untuk membuat pilihan siapa yang akan menjadi pacarmu, harus kamu putuskan sendiri, sesuai dengan apa yang Tuhan kehendaki dalam firman-Nya. Kalau belum bertemu dengan cowok seiman yang cocok, sebaiknya jangan berpacaran dulu. Tuhan tidak pernah terlambat untuk menolongmu.

SUKA SESEORANG
Kak, aku suka sama seseorang tapi gak tahu dia suka sama aku atau tidak. Gimana caranya biar aku tahu kalau dia suka sama aku?
Ebo, +6285344096xxx

Ebo, ada baiknya kamu berteman terlebih dahulu dengan dia, agar dapat mengetahui siapa dia secara lebih dekat. Fokus dulu pada sekolahmu, dan berpacaran jika usiamu sudah cukup dan kamu dapat bertanggung jawab atas hidupmu. GBU.

ARTI GEREJA
Syalom, gereja itu apa? Thanks.
NN, +6285238196xxx

Kata Gereja (bahasa Portugis: igreja dan bahasa Yunani: εκκλησία (ekklêsia)) berarti suatu perkumpulan atau lembaga dari agama Kristiani. Istilah Yunani ἐκκλησία, yang muncul dalam Perjanjian Baru biasanya diterjemahkan sebagai “jemaat”.

GAK JUJUR
Gimana caranya agar pacarku itu jujur sama aku?
Afri, +628985690xxx

Afri, komunikasi itu penting dalam berpacaran, kemungkinan jika sudah mulai ada ketidak jujuran di antara kalian, berarti ada sesuatu yang kurang beres. Ajaklah dia berbicara baik-baik tentang hal ini. GBU.

FOKUS
Maafkanlah kesalahan masa lalu, tegaslah membebaskan diri untuk hidup seutuhnya sekarang, dan di masa depan. Selamat malam..Stand up for Jesus Christ.
NN, +6285237875xxx

Hanya Tuhan Yesus yang memampukan kita untuk mengampuni kesalahan diri kita sendiri dan berproses lebih baik di masa kini.

BEDA AGAMA
Kak, pacarku beda agama dan kami sudah jalani masa 3 tahun 8 bulan bersama.
Akhir-akhir ini kami mengalami kesulitan dalam berhubungan, apalagi buatku untuk menjelaskan pada ortu. Gimana baiknya?
Dina, +6282139047xxx

Dina, sejak awal kalian telah memiliki perbedaan dan makin ke kini, akan semakin sulit menyatukan perbedaan tersebut. Terang tak dapat dipersatukan dengan kegelapan. Semoga kamu dapat memutuskan yang terbaik bagi hidupmu, juga yang berkenan bagi Tuhan.

KENAPA?
Kenapa sih aku harus mencintai orang yang salah?
NN, +6287716247xxx

Menyukai seseorang itu boleh-boleh saja, tapi jika sudah memutuskan untuk mencintai seseorang, hendaknya kita membawanya terlebih dahulu dalam doa, agar keputusan yang kita ambil itu gak salah. Selama ini sudah berdoa pada Tuhan Yesus belum?

INGIN PUTUS
Kak, kenapa ya pacarku sekarang berubah, padahal kami sudah jalan 2 tahun. Sekarang dia suka miras dan narkoba. Gimana cara putus dari dia dan menyadarkannya?
Febry, +6285727949xxx

Febry, pergaulan yang buruk terkadang menular dan menjebak seseorang menjadi sama buruknya. Keputusanmu untuk meninggalkannya sudah tepat. Mungkin kamu bisa bekerjasama dengan ortu atau saudaranya untuk menyadarkannya kembali dan membawanya ke pusat rehabilitasi. Tetap doakan dia. GBU.

SYALOM…
Syalom selamat malam. Aku suka sama buku renungan Kerygma Teenz.
Angge, +6285397920xxx

Puji Tuhan, jika buku ini bisa memberkatimu. Makin cinta Tuhan Yesus.

 

SUKA MARAH
Salom kak, saya bingung sama sifat mama yang gak mau tahu apa yang saya inginkan. Mama selalu marah. Beda banget dengan papa yang suka bercanda. GBU.
Acut, +6282270200xxx

Acut, setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mungkin mamamu sedang banyak pikiran. Ada baiknya saat kamu berbicara dengan mamamu, lihatlah situasi yang baik. Ok, tetap berdoa ya, percayalah mamamu sangat menyayangimu. GBU.

KADO APA?
Kak, sebentar lagi kami akan rayakan perpisahan sekolah, menurut kakak apa kado istimewa yang baik buat sahabatku?
Rina, +6285763202xxx

Berikan sesuatu yang istimewa, sesuai dengan apa yang kamu miliki, bukan dari apa yang kamu tidak miliki, dalam artian cukupkanlah membeli sesuatu dengan melihat kemampuanmu, agar kamu tidak menjadi boros juga. GBU.

THANKS !
Selamat sore….Terima kasih, ya, sudah muat SMS di buku, jadi banyak teman baru he he he…semangat ya, GBU.
NN, +6285238183xxx

Puji Tuhan! Eh, ngomong-ngomong kamu sudah kirim foto dan biodata lengkapmu, biar makin banyak teman yang bersahabat denganmu. GBU.

REMIDI
Aku punya masalah di sekolah, aku harus remidi. Aku juga belum melunasi uang administrasi di sekolah padahal dah mau ujian. Padahal keadaan keuangan ortuku lagi kacau. Gimana nih?
Marga, +6281359908xxx

Marga, sebaiknya kamu bicarakan baik-baik dengan ortumu, tentang hal tersebut. Jika mungkin kalian meminta keringanan pembayaran pada sekolah. Mulailah fokus untuk belajar agar kamu tidak lagi remidi. Terus berdoa juga ya. GBU.

STATUS GAK JELAS
Aku punya pacar, tapi dia jauh di Manado. Sekarang dia sudah jarang SMS dan telpon aku, aku takut dia sudah punya pacar baru lagi.
Yana, +6285394864xxx

Yana, berpacaran memang butuh komunikasi dari dua belah pihak. Selain itu dibutuhkan saling mengasihi, kesetiaan, kejujuran, kepedulian dan komitmen bersama. Berdoalah sebelum kamu memutuskan sesuatu untuk masa depanmu, juga komitmenmu tetap menanti dia atau tidak. GBU.

IKUT CAMPUR
Aku lelah menjalani rumah tanggaku. Mertuaku masih turut campur, sedang suamiku tak lagi peduli padaku.
NN, +6285227100xxx

Mungkin sebagai pasangan suami isteri kalian perlu berbicara berdua, saling sharing dan menguatkan serta mendoakan agar hubungan kalian bisa tetap teguh. Semoga kalian bisa melalui masa sulit ini dengan tetap mengandalkan Dia. GBU.

Photo Credit: http://www.mini-invasive.net

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *