teenz-heart-juni-2014

Teenz Heart — Teman Curhat • XLIII

SMS BERANTAI
Aku baru saja dapat SMS dari temanku isinya berupa iman dan kutukan. Kemudian diminta mengirimkan SMS itu ke banyak orang agar kita tidak celaka seumur hidup. Apa yang harus kita lakukan dengan SMS seperti itu?
Alfons, +6285239392xxx

Alfons, anak-anak Tuhan hendaknya percaya pada kuasa Tuhan Yesus. Bacalah Yak. 3:9-10. Abaikan saja SMS yang demikian dan fokus pada keselamatan yang dari Tuhan Yesus saja. GBU.

RALAT
Syalom kak, saya cuma kasih tahu di buku Kerygma edisi November 2010 di hal 9 ada tertulis 1 Tes 5:14- 45 padahal ayatnya sampi 28 saja. Terus di hal 26 ayat emas Ayb. 37:14 isiny lain dengan di Alkitab.
Susi, +6287892262xxx

Thanks, Susi. Maaf telah terjadi kesalahan tulis. Semoga ke depannya, Kerygma Teenz bisa lebih baik lagi. GBU.

MENAHAN AMARAH
Kak gimana sih, nahan amarah itu?
Maharani Lado, +6282144362xxx

Coba baca Galatia 5: 16 – 26

 

MAU GABUNG
Selamat malam. Saya mau bergabung dengan Kerygma Teenz.
Johan, +6285237593xxx

Selamat bergabung Johan,Kerygma senang bersahabat denganmu. Kirim dong foto dan biodata lengkapmu ke alamat redaksi. GBU.

PUTUS KARENA SAKIT
Syalom, saya punya adik cowok dan dia punya pacar tapi pacarnya mengidap penyakit Silus, jadi ortu gak setuju jika nanti mereka menikah. Salah gak ortu saya berfikir demikian? Saya berharap adik saya dapat cewek yang sehat, gak penting pekerjaannya apapun.
NN, +6287892262xxx

Setiap ortu pasti berharap yang terbaik buat anak-anaknya. Pastikan dapat jodoh yang sepadan dalam Tuhan.

ALLAH SETIA
Setetes air matamu Allah perhitungkan. Sepatah katamu Allah selalu mendengar. Sesakit hatimu yang hancur Allah pun merasakan. Sekecil apapun pergumulanmu, Allah pedulikan. Allah sangat mengasihimu, menjagamu seperti bola mata-Nya. Apapun yang kamu rasakan, Allah selalu setia. Met pagi kakak!
NN, +6281339881xxx

Selamat pagi friend, andalkan Tuhan Yesus selalu yukk…

 

MENCARI GEREJA
Hai Kerygme Teenz, aku kan lagi nyari gereja,… nah kemudian dapat gereja perintisan tapi pantekosta, sedangkan aku karismatik. Gereja ini gak pakai bahasa roh. Aku bingung kenapa kok ditempatkan Tuhan di tempat itu? Aku harus bagaimana?
Lisa, +6285767530xxx

Hai Lisa, gereja Pantekosta dan Karismatik percaya adanya bahasa roh sebagai tanda baptisan Roh Kudus dan karunia Roh. Bahasa roh berguna untuk membangun iman seseorang dan membantunya berdoa. Bahasa roh yang tidak ditafsirkan untuk membangun jemaat, sebaiknya diperkatakan untuk diri sendiri dan Allah (1 Kor. 14:27-28). Pilihlah gereja dimana kamu dapat bertumbuh dalam iman dan dapat saling melayani. Dalam Kis 2:9-11, ada berbagai bahasa termasuk bahasa Arab yang dipakai Roh Kudus untuk memuliakan Allah. Gunakanlah setiap kesempatan belajar untuk kemuliaan Tuhan.

RASA SUKA
Kak, aku suka kepada seseorang sejak kelas 1 SMP, tapi saat naik kelas 2 aku coba melupakan dia. Tapi secara diam-diam dia mulai menyimpan perasaan suka juga padaku, dan itu tidak aku ketahui. Saat ini aku juga suka pada seseorang yang lainnya. Apa yang harus aku lakukan?
Meli, +6285395350xxx

Hallo Mely, serahkanlah segala pergumulanmu dalam doa kepada Allah. Perasaan suka/kagum kepada seseorang itu wajar bagi remaja, tetapi itu bukan berarti cinta. Isilah waktumu dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat di masa mudamu dan layanilah Tuhan.

KEPAHITAN HATI
Papaku dulu aktif melayani di gereja, tapi karena mengalami kepahitan sehinga tidak lagi kegereja. Nah, aku rindu sekali papa aktif ke gereja lagi, tapi kok Tuhan belum jawab doaku? Thanks.
NN, +6285269624xxx

Syalom, di dunia ini tidak ada gereja yang sempurna. Karena itu, Tuhan Yesus mengajarkan kita untuk saling mengasihi dan mengampuni sebagaimana kita telah dikasihi dan diampuni Tuhan. Semoga kasih Allah memulihkan hati papamu.

GIMANA NIH ?
Syalom Kak Lia. Aku bingung nih… teman cowokku itu baik banget sama aku, sampai aku suka sama dia. Tapi dia cuma menganggap aku sebagai adiknya. Aku harus gimana kak, kasih sarannya ya, kak. GBU.
Zelin, +6289668605xxx

Syalom Zelin. Kamu dapat tetap berteman dengannya seperti dengan teman-temanmu yang lain. Dengan demikian kamu akan semakin banyak mengenal kelebihan teman-temanmu yang lain. Sekarang, fokuskan pikiranmu untuk menyelesaikan studi, menolong orang tua dan melayani Tuhan.

BERKHIANAT
Apa yang harus aku lakukan, kalau teman yang aku sayangi, aku percayai, ternyata dia ngomongin aku di belakang?
Shima, +6287862078xxx

Hallo Shima. Doakanlah temanmu dan minta Tuhan memberimu hikmat untuk dapat bicarakan masalah ini dengan temanmu. Jika dia masih melakukannya, tetap ampuni dia dan berteman biasa saja dengannya, bukan menjadikannya sahabatmu.

BANYAK BEBAN
Banyak beban yang aku rasakan. Aku ingin masalahku ini selesai. Terima kasih kak.
Mahlia, +6281370530xxx

Hai Mahlia, segala perkara dapat kamu tanggung di dalam Tuhan Yesus yang memberikan kekuatan kepadamu. Kiranya Tuhan Yesus memberimu jalan keluar yang tepat.

PILIH KASIH ?
Syalom kak, semenjak papaku meniggal mamaku berubah, dia lebih sayang koko saya dari pada saya. Aku sedih melihatnya.
NN, 02192010xxx

Syalom, setiap mama sayang kepada semua anak-anaknya. Mamamu memberikan perhatian lebih kepada kakakmu karena mungkin kakakmu membutuhkannya saat ini. Kamu belajar untuk memahami dan menolong mamamu. Tuhan Yesus mengasihimu dan keluargamu.

ADIK JAHAT ?
Saya punya adik, selama ini saya sudah berusaha untuk sayang sama dia, tapi dia malah sering menyakiti hati saya, pelit, memukul saya gara-gara saya meminjam jaketnya, dsb. Apa yang harus saya lakukan? Thanks buat solusinya.
Fitha, +6285398464xxx

Syalom Fitha. Jika kamu menabur kasih, suatu waktu kamu akan menuai kasih juga. Bersabar ya! Jika kamu mau pinjam barang adikmu, izin dulu sebelum memakainya. Kalau tidak boleh, pakai saja apa yang kamu punya. Yang penting bersih dan rapi, pasti kamu akan tampil cantik.

PERSAHABATAN
Malam kak, aku punya sahabat, tapi sekarang dia berubah semenjak dekat teman lamaku? Aku harus bagaimana kak? Sekarang sahabatku sudah menjauh?
Tya, +6281997509xxx

Selamat malam Tya. Kamu tetap bersikap baik saja dengan sahabatmu itu. Kamu juga dapat membangun hubungan pertemanan dengan orang-orang yang tidak terlalu dekat denganmu, tetapi mereka memberi pengaruh yang baik. Siapa tahu, kamu menemukan sahabat-sahabat baru.

BERTUMBUH DALAM GEREJA
Syalom, kak.. kenapa sih kita harus tertanam di satu gereja lokal? Apakah tertanam di dua gereja itu salah? Mohon penjelasannya.
NN, +6285297636xxx

Syalom, firman Tuhan mengumpamakan kita seperti pohon, harus bertumbuh dan menghasilkan buah (Yoh. 15:5; Ef.3:17). Sebuah pohon tidak mungkin dapat bertumbuh baik, jika setiap kali dipindahkan ke wadah yang berbeda. Dalam sebuah wadah gereja, kita dapat dibimbing, bertumbuh dalam iman dan terlibat dalam pelayanan.

DILARANG PACARAN
Syalom kak, aku punya cowok, beberapa minggu ini dia ada acara di gereja, dan tidak memberi kabar sama sekali? Aku kecewa sama dia dan minta putus, tapi dia tidak mau. Selain itu ortu juga kurang setuju aku pacaran saat ini. gimana nih?
NN, +6281997509xxx

Syalom, kalau ortumu belum mengizinkanmu untuk pacaran, sebaiknya kamu jangan pacaran dulu. Masalah berpacaran dapat mengganggu kosentrasi belajarmu. Nanti, kalau kalian sudah sama-sama dewasa dan siap untuk membangun hubungan yang lebih serius di masa depan, barulah berpacaran. GBU.

BENCI TAPI CINTA
Aku benci sama salah satu cowok di kelasku, tapi dia baik sama aku. Aku sama dia beda agama dan sekarang aku mendadak suka sama dia. Menurut kakak gimana?
Lisa, +6285767530xxx

Hai Lisa, lebih baik kamu jangan membiarkan perasaan suka terhadap temanmu itu bertumbuh di hatimu. Jalan hidupmu masih panjang. Berdoalah agar Tuhan memberikan kepadamu seorang pria yang mengasihi Tuhan Yesus dan kamu di masa depanmu, karena itu yang Tuhan kehendaki.

CINTA SEGITIGA
Saya pernah suka sama seseorang, tapi dia tidak tahu saya. Sedangkan saudara dia juga suka sama dia. Apa yang harus saya perbuat?
Gabriela, +6287813563xxx

Hai Gabriel, kamu belum mengenal orang itu secara dekat, dan dia pun tidak mengenal kamu. Jadi kamu hanya simpati sama dia, bukan cinta. Rasa simpati/suka karena kelebihan yang ada pada seseorang dapat mudah berubah.

CUEK
Kak, aku suka sama cewek tapi kayaknya dia gak respon, cuek banget. Gimana solusinya?
Willythan, +6287798956xxx

Hallo Willy, lebih baik kalian tetap berteman baik saja dulu. Jadinya kalian akan semakin mengenal kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau usiamu sudah 20 tahun, baru kamu putuskan siapa yang akan menjadi pacar/calon pasangan hidupmu nanti.

AIR MATA
Jika air mata adalah tanda untuk melepaskan seseorang, maka jangan pernah sesali setetes air matamu yang keluar, sebab sesungguhnya air matamu adalah tanda betapa bahagianya kau parnah bersamanya. Jika hari ini dia kembali kepadamu dengan air mata, berikanlah dia senyuman agar dia tahu betapa beratnya kehilangan orang yang dia cintai.
Celly Hambala, +6285333519xxx

Belajar menghargai sesuatu, sekalipun itu kecil sangatlah perlu. GBU.

 

MET BERAKTIVITAS!
Pagi, met beraktivitas. GBU.
NN, +6281248450xxx

Met beraktivitas juga. Terus andalkan Tuhan Yesus dalam segala langkah hidup kita. GBU.

Photo Credit: http://www.mini-invasive.net

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *