teenz-heart-20

Teenz Heart — Teman Curhat • XXXIV

teenz-heart-20

BOLEH PACARAN ?
Syaloom, kak, umurku 14 tahun, sudah boleh pacaran gak…? Gbu.
Tina +6287749344xxx

Hallo Tina, sebaiknya kamu menikmati masa remajamu dengan berteman dengan banyak orang, supaya kamu lebih banyak mengenal berbagai karakter orang dan belajar bagaimana membina hubungan pertemanan. Konsentrasilah untuk mencapai cita-citamu. Jika kamu sudah bertambah dewasa dalam kepribadianmu, kamu akan lebih siap berpacaran. Gbu.

PERTUMBUHAN IMAN BERHENTI ?
Shalom,…selamat siang Kerygma Teenz, saya Haris di Medan, saya bekerja di gereja Mawar Sharon sebagai satpam. Selama hampir setahun saya bekerja di sana, pertumbuhan iman saya tidak ada. Saya menjauh dari Tuhan. Gimana ya, kak solusinya?
Haris, +6287868541xxx

Shalom Haris, pada waktu kamu berdoa meminta ampun dan menerima Yesus menjadi Jurusematmu, maka Roh Kudus memperbaharui hidupmu dan menolongmu untuk dapat melakukan semua firman Tuhan termasuk 10 hukum Taurat. Dengan bekerja sebagai satpam, kamu perlu mengatur waktumu agar kamu tetap dapat berdoa dan membaca firman Tuhan. Jika kamu bisa, gantian jaga dengan teman kerjamu sehingga kamu bisa ikut ibadah. kamu juga bisa tetap ibadah di hari lain, selain hari Minggu. Kamu dapat membicarakan hal ini dengan gembala (pendeta) tempat kamu bekerja. Gbu.

PACARAN BACK STREET
Met sore kak, aku Yana di Poso, aku punya cowok, tapi kami pacaran back street, ortuku gak tahu, karena aku takut untuk bilang. Apa yang harus aku lakukan?
Yana, +6285256816xxx

Selamat sore Yana, sebaiknya kamu memberitahu ortumu supaya mereka juga dapat membimbingmu. Jangan takut, ortumu pasti ingin yang terbaik untukmu.

PACARKU GAK SEIMAN
Syalom, aku Lambok dari Lampung. Kenapa ya, kok, aku gak pernah punya pacar seiman? Bukannya aku gak usaha dan berdoa, tapi kenapa disaat aku kuliah hidupku jauh akan Tuhan. Bukannya gak ada keinginan tapi keadaan yang buat begini. GBU
Lambok, +6285658793xxx

Shalom Lambok, mintalah pertolongan Tuhan untuk kamu dapat membuat keputusan-keputusan yang benar dalam mengatur waktu, bergaul maupun berpacaran. Ingatlah “pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik” (I Kor.15:33). Sediakan waktu untuk berdoa, baca Alkitab, dan ke gereja supaya imanmu semakin kuat. Gbu.

APA SIH PACARAN ITU ?
Syalom, nama saya Debo di Medan. Saya mau nanya, apa sih arti pacaran itu dan bagaimana berpacaran yang sehat? Thanks.
Debo, +6285297863xxx

Hallo Debo, pacaran adalah masa perkenalan antara dua pribadi secara khusus dengan tujuan pernikahan. Meski ada yang tidak sampai menikah tetapi hal itu sudah dipertimbangkan dengan baik. Dalam pacaran yang sehat, kita lebih berkonsentrasi untuk saling mengenal kepribadian dan kerohanian. Sedangkan pengenalan tubuh, cukup tahu wajah dan tampak luar saja. Pengenalan tubuh suami/isteri kita dapat dilakukan dengan cepat setelah menikah. Gbu.

SELAMAT PASKAH
Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu yang diperbuat-Nya di tanah Yudea maupun Yerusalem, dan mereka telah membunuh Dia dan menggantung Dia pada kayu salib (Kis.10:39) Selamat Paskah!
NN, +628192081xxx

Shalom, terima kasih untuk ayat yang mengingatkan tentang kasih Tuhan. Selamat Paskah!

INGIN PUTUS . . .
Syalom….selamat malam kak, mau curhat nih… Saya lagi bingung menghadapi pacarku yang akhir-akhir ini banyak berubah, sampai-sampai saya tidak kenal lagi dengan dia. sebenarnya saya mau putus saja sama dia, tapi saya tidak bisa pisah dari dia, tapi dalam hatiku ingin sekali lepas dari dia.
NN, +6285341347xxx

Shalom, perasaan cinta kepada seseorang dapat berubah, karena itu dalam membina sebuah hubungan memerlukan sebuah komitmen untuk saling mengasihi meskipun ada masalah. Dalam berpacaran, komitmen itu tidak terlalu mengikat seperti dalam pernikahan. Tetapi jika kita sudah tidak bisa mempertahankan komitmen kita waktu berpacaran, maka hubungan tersebut tidak perlu dipertahankan.Gbu.

PACARKU MALAS KE GEREJA
Selamat siang Kak Lia. Aku Yessy. Aku punya suatu pergumulan, aku punya pacar, tapi sayangnya dia males banget buat pergi gereja. Sudah berkali-kali aku ajak dia ke gereja tapi dia malas. Mama papanya juga sudah mengajak, tapi tetap dia tidak mau. Aku mau banget dia berubah. GBU
Yessy, +6285244856xxx

Selamat siang Yessy, kiranya Roh Kudus mengubahkan kehidupan pacarmu itu. Persekutuan dengan orang-orang percaya itu perlu, agar kita dapat bertumbuh, saling mengasihi dan melayani dalam tubuh Kristus.

MENGAPA HARUS MENCINTAI ?
Syalom kak, aku penggemar Kerygma Teenz. Kak kenapa orang itu harus saling mencintai?
Thesa, +6285761233xxx

Hallo Thesa, perasaan cinta itu diberikan oleh Tuhan agar manusia dapat menjalankan tugasnya untuk dapat beranakcucu…dan mengelola ciptaan Tuhan (Kej. 2:28). Tanpa cinta, tidak akan ada yang mau berpacaran dan menikah. Tetapi Tuhan juga ingin kita menjalin cinta dalam jalan yang benar.

ARTI PACARAN ?
Syalom kak, aku Stevano dari Medan. Aku sudah beberapa kali pacaran, tapi sampai sekarang aku masih bingung apa sebenarnya arti dari pacaran yang baik menurut ajaran firman Tuhan itu? Mohon bantuannya ya kakak. Thanks.
Stevano, +6287867026xxx

Shalom Stevano, Tuhan Yesus mengajarkan bahwa kita harus mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama seperti diri sendiri. Jadi berpacaran yang baik, adalah kita memuliakan Tuhan dalam pikiran, perkataan dan perbuatan kita. Kita tidak gampang berganti pacar karena kita mengasihi orang lain dan tidak ingin melukainya sama seperti kita mengasihi diri sendiri. Gbu.

Prayer & Heart

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *