sahabat-sejati-tentang-kita-juni-2014

PENGKHIANATAN

Ih, serem banget judulnya? Siapa yang pernah dikhianati?

Maria merasa jengkel sekaligus jadi benci banget sama Grace. Sebenarnya mereka bersahabat sejak masuk SMP. Ke mana-mana selalu bersama. Mengerjakan PR bareng, pergi ke kantin bareng. Bahkan Grace sering juga tidur di rumah Maria pas liburan tiba. Perasaan jengkel, marah sekaligus benci di hati Maria pada Grace bertumbuh sejak dia merasa dikhianati. Grace merebut pacar Maria.

Lain lagi sama Anton. Anton merasa dikhianati Roy. Saat ulangan hari Rabu lalu, Anton ketahuan menyontek, tapi dia melemparkan kertas jawaban contekannya pada Anton, sehingga Anton yang akhirnya kena marah Pak Guru.

Kamu mungkin pernah juga mengalami hal serupa, merasa dikhianati oleh teman-teman baikmu. Akhirnya kamu jadi marah, benci dan ingin balas dendam. Padahal khan, sebagai anak-anak Tuhan katanya gak boleh membenci orang lain, apalagi balas dendam? Duhhh, gimana dong?

Kerygmers, perasaan marah, benci dan merasa dendam akibat dikhianati, adalah wajar. Kamu boleh merasakan perasaan itu, tapi…..jangan dipelihara! Artinya, cukup sekian detik, sekian jam dalam hari ini kamu merasakan itu, sisanya kamu harus fokus pada Tuhan Yesus untuk melawan semua itu. Duhhh, sulit banget dong!
Tuhan Yesus bahkan senantiasa mengingatkan, “Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.” (Yohanes 14:23)

Karena sulit, teruslah berfokus pada pertolongan Tuhan Yesus. Ucapkan terus dalam hatimu, jika amarahmu kembali muncul, “Tuhan Yesus, tolong aku…untuk sabar dan terus mau mengasihi!” Jangan biarkan hari itu berlalu dengan rasa amarah, agar hidupmu tidak dikendalikan rasa amarahmu. Kamu yang memiliki tubuhmu, dan Tuhan Yesus yang telah menciptakanmu, jadi terus memohon pertolongan kepada-Nya.

Jika kamu dapat menguasai dirimu, dan hatimu tidak dikuasai rasa dendam akibat pengkhianatan teman baikmu, percayalah…kamu akan menikmati kehidupan yang berkemenangan bersama Dia. “Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.” (Roma 8:37)

Jika hatimu dimenangkan, kamu senantiasa bisa positif thinking… lebih fokus untuk hidupmu yang memberkati orang lain. Ok, Kerygmers, teruslah memiliki karakter seperti Kristus dalam hidupmu.

(By: Ayik)

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *