8 sep

SPECIAL HARI AKSARA INTERNASIONAL

Hai, Guys….apakah kamu lancar membaca? Atau masih mengalami kebutaan aksara? Aduh, sayang banget dong! Tahu tidak, bermula dari diadakanya sebuah Konferensi Tingkat Menteri Negara-negara Anggota PBB yang diselenggarakan pada tanggal 17 November 1965, di Teheran, Iran, oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization), menghasilkan sebuah keputusan sekaligus menetapkan bahwa tanggal 8 September ditetapkan sebagai Hari Aksara Internasional (International Literacy Day).

Ditetapkanya tanggal 8 September sebagai Hari Aksara Internasional (International Literacy Day) bertujuan untuk mengingatkan kepada seluruh anggota PBB bahwa pada saat itu diakui oleh hampir semua anggota PBB melalui UNESCO disebutkan bahwa masih tingginya jumlah penduduk yang mengalami tuna aksara di seluruh negara-negara di dunia.

Jumlah buta aksara di Indonesia sendiri, pada September 2014, menurut beberapa tokoh dan pengamat jumlahnya masih sangat tinggi. Ada sekitar 6 Juta penduduk Indonesia yang termasuk dalam usia produktif yang ternyata masih buta aksara. Tentu bukanlah kondisi yang membanggakan, ya? Melalui peringatan Hari Aksara Internasional (International Literacy Day) ini harus dijadikan momentum yang sebaik-baiknya untuk memberantas buta aksara di Indonesia.

Nah, buat kamu yang sekarang sudah dapat kesempatan belajar dan duduk di bangku sekolah, manfaatkan baik-baik untuk terus belajar. Sayang bukan kalau kamu termasuk dalam orang-orang yang mengalami buta aksara? Yuk, semangat belajar!

~ Redaksi

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *