special-artikel-hari-peristiwa-laut-dan-samudera-15-januari-2016

SPECIAL HARI PERISTIWA LAUT DAN SAMUDERA

Hari Peristiwa Laut dan Samudera atau Hari Dharma Samudera digelar setiap tanggal 15 Januari dengan tujuan mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan yang gugur dalam berbagai pertempuran di laut seperti Pertempuran Laut Aru, Pertempuran Laut Cirebon, Pertempuran Teluk Sibolga, Pertempuran Laut Malaka, Pertempuran Laut Sunda, dan masih banyak lagi. Dalam setiap pertempuran laut itu banyak pahlawan-pahlawan khususnya anggota TNI Angkatan Laut yang mengorbankan nyawanya untuk memperjuangkan kedaulatan dan keutuhan wilayah negara Indonesia.

Memang di jaman modern seperti sekarang ini, sebuah pertempuran laut jarang sekali terjadi pada posisi saling berhadap-hadapan seperti yang selalu terjadi di masa silam, namun seringkali kedua pihak yang bertempur akan saling menghancurkan dalam jarak yang sangat jauh karena telah menggunakan teknologi yang canggih seperti radar dan satelit. Namun sekali pertempuran tetaplah sebuah pertempuran, pasti ada pihak yang kalah dan menang, seringkali pihak yang menang menjadi semena-mena kepada pihak yang kalah. Hal inilah yang diperjuangkan oleh para pejuang bahari di masa lalu, yaitu mempertahankan kedaulatan negerinya agar tidak jatuh kembali ke tangan penjajah setelah kemerdekaan diproklamirkan.

Karena itu, mari kita maknai Peringatan Peristiwa Laut dan Samudera dengan tetap semangat berjuang dan berkarya bagi bangsa dan negara Indonesia serta dengan meneladani jiwa pratiotisme para pahlawan kita yang dengan penuh semangat telah berjuang demi tegaknya kedaulatan bangsa Indonesia.

— Redaksi

Photo Credit: republika.co.id

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *