special-hari-kesaktian-pancasila

Special Hari Kesaktian Pancasila

Monumen ini terletak di Kel. Lubang Buaya, Kec. Cipayung, Jakarta Timur. Di sebelah selatannya terdapat markas besar Tentara Nasional Indonesia, sebelah utaranya adalah Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, sebelah timurnya adalah Pasar Pondok Gede, dan sebelah baratnya adalah Taman Mini Indonesia Indah. Dibangun untuk mengingat perjuangan para Pahlawan Revolusi yang berjuang mempertahankan ideologi negara Republik Indonesia, Pancasila, dari ancaman ideologi komunis.

Sebelum menjadi sebuah museum sejarah, tempat ini merupakan tanah atau kebun kosong yang dijadikan sebagi pusat pelatihan milih Partai Komunis Indonesia. Kemudian tempat itu dijadikan sebagai tempat penyiksaan dan pembuangan terakhir para korban Gerakan 30 September 1965 (G30S/PKI). Di kawasan itu terdapat sebuah lubang sumur tua sedalam 12 meter dan berdiameter 75 cm yang digunakan untuk membuang jenazah para korban G30S/PKI.

Setelah dibangun dan diperbaiki, Lubang Buaya dijadikan sebagai museum sejarah, yang di dalamnya terdapat Monumen Pancasila Sakti, Museum Diorama (miniatur 3D untuk menggambarkan figur para pahlawan revolusi), sumur tua, sebuah ruangan relik, dan lapangan peringatan peristiwa sejarah itu.

Kita sebagai anak bangsa, jangan sampai melupakan setiap sejarah negara kita. Belajarlah dari sejarah yang pernah terjadi dan lakukan sesuatu yang lebih baik untuk kemajuan bangsa dan negara kita. Hormatilah Pancasila dan amalkan dalam kehidupan kita.

— Redaksi

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *