special-hari-guru-november-2015

SPECIAL HARI GURU NASIONAL

Hai, Guys. Hari ini (25 November) diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Sudahkah kalian mengucapkan selamat pada guru-guru kalian? Kalau belum, ayo, ucapkan selamat pada pahlawan tanpa tanda jasa kita. Tapi, kenapa harus tanggal 25 November ya?

Sejak sebelum kemerdekaan Indonesia, para guru di nusantara telah mendirikan organisasi bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada tahun 1912. Kemudian, kuatnya keinginan untuk merdeka dan mendirikan negara sendiri yang bernama Indonesia, membuat pengurus dan anggota PGHB mengubah nama organisasi menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) di tahun 1932. Usai kemerdakaan RI, para pengurus dan anggota PGI menyelenggarakan Kongres Guru Indonesia, tepat di 100 hari setelah kemerdekaan Indonesia, 24-25 November 1945. Kongres yang berlangsung di Surakarta itu diadakan untuk mengikrarkan dukungan para guru untuk NKRI. Nama organisasi PGI pun diperbarui menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Karena jasa dan perjuangan yang telah dilakukan oleh para guru di tanah air, maka pemerintah RI menetapkan tanggal berdirinya PGRI sebagai Hari Guru Nasional.

Ayo, anak bangsa, sebagai ucapan terima kasih kita atas jasa-jasa para pahlawan tanpa tanda jasa kita, marilah giat belajar dan memberikan yang terbaik untuk menyenangkan hati guru dan orang tua terlebih lagi menyenangkan hati Tuhan Yesus.

— Redaksi

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *