renungan-18-april-2017-berani-tampil-beda

BERANI TAMPIL BEDA

Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 52; Lukas 19:1-10
Ayat Emas
“Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.”
(Rm. 12:2)

Ingatkah kalian dengan lagu “berani tampil beda”? Lagu ini adalah lagu Sekolah Minggu yang sangat digemari karena ciri khasnya yang berbeda dari lagu lain. Dimana di akhir lagu, setiap anak harus bergaya berbeda dan diam seperti patung. Biasanya, anak yang gerakannya sama dengan teman yang lain dan tidak dapat bertahan diam dalam waktu yang ditentukan akan dihukum.

Di era globalisasi ini, sebagian besar remaja berusaha tampil sama mengikuti trend yang ada. Baik itu cara berpakaian, cara berbicara, cara berdandan, gaya hidup, film, gadget, bahkan sampai kepada kebiasaan buruk seperti merokok dan dunia gemerlap (kehidupan malam). Hal ini merupakan cara para remaja untuk mendapat pengakuan dari lingkungan sekitarnya. Sebab, jika mereka tidak mengikuti trend yang ada, maka mereka akan dikucilkan dan dianggap ‘kejam’ (ketinggalan jaman) serta ‘kuper’ (kurang pergaulan).

Firman Tuhan menyatakan “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini.” Guys, sebagai anak-anak yang telah dikhususkan oleh Allah, seharusnya kita memiliki hidup yang berbeda dengan dunia ini. Baik dalam tingkah laku, perkataan bahkan gaya hidup kita. Ketahuilah bahwa tidak semua yang dikatakan gaul dan ngetrend itu sesuai dengan firman Tuhan. Jadi, mulailah bijaksana dalam mengikuti trend. Jangan sampai hidup ngetrend dan gaul malah membuat kita kehilangan kemuliaan Tuhan.

Mengikuti trend bukanlah jalan untuk bertemu dengan Bapa
Doaku:
“Bapa, tolong aku untuk memiliki hidup yang berbeda dari dunia dan yang seturut dengan firman-Mu. Amin.”

Photo Credit: butchjgo.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *