renungan-09-april-2017-undang-undang-berpacaran-part-4

UNDANG-UNDANG BERPACARAN part 4

Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 49:1-5; Lukas 13:1-17
Ayat Emas
“Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”
(Mat. 22:39)

Sando berpacaran dengan Reza sudah dua bulan. Namun, beberapa hari ini hubungan mereka mulai tidak baik. Reza mulai menuntut Sando menjadi seperti dia yang berprestasi, sedangkan Sando menuntut Reza menjadi seperti cewek impiannya yang perhatian dan bersedia menemaninya ke manapun ia pergi. Keduanya saling menuntut dan berkeras dengan egonya. Namun, karena tidak ada yang mau mengalah, akhirnya mereka putus.

Pasal kelima dari Undang-Undang Pacaran Kristen berisi: Berilah, maka kamu akan diberi. Latar belakang dari pasal ini terdapat dalam Mat. 7:12 dan Luk. 6:38, kita diajar untuk memberi dan melakukan terlebih dahulu. Jadi, jika ingin pacar kita perhatian terhadap kita, berikan perhatian dulu kepadanya. Jika ingin pacar kita baik terhadap kita, berbuat baiklah dulu kepadanya. Sebab, begitulah prinsipnya. Kita lakukan terlebih dahulu maka orang lain akan melakukannya juga buat kita. Bangunlah nilai-nilai kristiani di dalam hubungan berpacaranmu ya.

Kemudian, pasal keenam adalah Kasihilah Sesamamu seperti Dirimu Sendiri. Latar belakang dari pasal ini terdapat dalam Mat. 22:39, kita harus mengasihi sesama seperti diri sendiri. Pacar kita termasuk sesama manusia, artinya kita harus mengasihi pacar kita seperti diri kita sendiri. Sebab, ada beberapa kasus tentang pacar yang tidak diperlakukan secara manusiawi, tetapi lebih sebagai samsak tinju (sering dipukul) atau jadi budak (sering disuruh-suruh) atau jadi terdakwa (selalu disalahkan). Jangan sekali-sekali kita memperlakukan pacar atau orang lain seperti itu.

Apa yang kita perbuat kepada sesama, itu juga yang akan mereka perbuat kepada kita
Doaku:
“Tuhan, tolong aku untuk mengasihi pacarku seperti diriku sendiri dan tidak menuntutnya sesuai dengan keinginanku. Amin.”

Photo Credit: pixelstalk.net

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *