renungan-08-maret-2017-unity

UNITY

Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 35:1-10; Markus 2:23-28
Ayat Emas
Karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan.
(Flp. 2:2)

Belalang adalah hewan yang kecil. Bila ia sendirian, anak-anak dapat dengan mudah menangkapnya dan memasukkannya ke dalam toples untuk jadi pajangan. Bahkan di beberapa daerah seperti Wonosari, Klaten, Wonogiri, Pacitan dan Nusa Tenggara, belalang bisa diolah menjadi makanan.

Belalang memang kecil, namun jika bersatu mereka dapat menghabiskan sawah. Bahkan dikatakan bahwa mereka juga dapat menutupi cahaya matahari, sehingga sebuah negeri dapat menjadi gelap, contohnya seperti yang terjadi di Mesir.

Demikian pula dengan manusia, apabila ia seorang diri maka ia hanya dapat berbuat sedikit hal saja. Tetapi akan berbeda saat ia berjumlah banyak atau bersatu, pasti mereka akan mampu melakukan perkara yang lebih besar.

Kerygmers, masalahnya adalah unity, sehati, dan sejiwa itu tidak mudah untuk melakukannya. Tak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Di sinilah tantangannya, apakah kita mau mengalah demi kepentingan orang lain? Lakukanlah! Bersatu memang tidak mudah, namun akan memberi hasil berlipat-ganda.

Ketika jaring laba-laba disatukan, jaring itu bisa mengikat seekor singa(Pepatah Etiopia)
Doaku:
“Tuhan Yesus, aku mau belajar menekan egoku agar kesatuan hati dapat terjadi antara aku dengan komunitasku. Mampukan aku ya, Bapa, untuk melakukan yang berkenan dalam hidupku. Amin. ”

Photo Credit: flock2god.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *