renungan-27-februari-2017-sebelum-menghakimi

SEBELUM MENGHAKIMI

Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 31:1-9; Matius 26:1-5, 17-25
Ayat Emas
Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni.
(Luk. 6:37)
Bacaan: Matius 7:1-5

Alkisah, Huang Fu seorang yang kaya pernah sengaja memberi tugas sulit pada temannya yang bernama Hop, seorang buruh tani. Huang Fu memberi Hop botol dan berkata, “Tolong belikan saya sebotol anggur.”

Hop, buruh tani miskin itu bertanya, “Bagaimana saya bisa membeli anggur tanpa uang sama sekali?” Huang Fu menjawab dengan sinis, “Siapa pun bisa membeli anggur dengan uang. Dibutuhkan keterampilan yang hebat untuk membeli anggur tanpa uang.”

Waktu berlalu dan Hop akhirnya kembali dengan botol kosong. Dia menyerahkan botol ke Huang Fu dan bergumam, “Nikmati anggurnya, silakan.” Menatap botol kosong dengan heran Huang bertanya, “Tidak ada anggur, bagaimana saya bisa menikmati ini?” Hop segera menjawab, “Siapa pun bisa menikmati anggur jika ada. Dibutuhkan keterampilan hebat untuk menikmati anggur ketika tidak ada.”

Kerygmers, kita seringkali gampang menyuruh orang melakukan suatu hal, padahal kita sendiri belum tentu bisa melakukannya. Kita meminta orang bersabar, tidak egois, dan seterusnya. Namun kita malah mengerjakan hal itu. Mari hari ini kita belajar untuk berhenti menuntut, tidak hanya meminta agar orang bersikap sempurna, tapi lebih mengoreksi diri. Mau?

Sebelum menghakimi, lihatlah dulu ke da

Share ini ke Google+