renungan-18-februari-2017-jaga-hati

JAGA HATI

Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 25:14-18; Matius 23:1-22
Ayat Emas
Jagalah supaya jangan ada seorang pun menjauhkan diri dari kasih karunia Allah, agar jangan tumbuh akar yang pahit yang menimbulkan kerusuhan dan yang mencemarkan banyak orang.
(Ibr. 12:15)
Bacaan: Yosua 7:1-26

Firman Tuhan hari ini mengingatkan supaya jangan tumbuh akar pahit di hati kita, karena dapat menimbulkan kerusuhan bahkan mencemarkan banyak orang.

Ya, apa pun yang terjadi dalam diri kita entah baik atau buruk biasanya akan berdampak bukan saja pada diri sendiri, namun berpengaruh bagi keluarga, teman, atau siapa pun yang berada di sekitar kita.

Tidak percaya? Bayangkan, saat kamu sedang ‘bete’ atau bad mood karena suatu hal, lalu kamu kesal. Yang sering terjadi adalah kamu akan memarahi orang tua atau adik, hanya karena mereka melakukan kesalahan kecil saja. Betul tidak? Lihatlah, karena kekesalan, apalagi akar pahit, orang lain juga terkena imbasnya.

Di Alkitab juga ada kisah yang mirip demikian yaitu tentang Akhan. Karena ia melanggar ketetapan Tuhan mengambil barang-barang yang diperuntukkan hanya untuk Allah, akibatnya bangsa Israel kalah perang. Yang terbunuh waktu itu ada 36 orang, belum termasuk yang melarikan diri atau yang terluka.

Kerygmers, kalau kita mengerti bahwa perilaku kita bisa berakibat fatal bagi orang lain juga, berhati-hatilah. Jaga ucapan, tindakan bahkan jaga hati. Jangan simpan akar pahit, kebencian atau keserakahan. Setuju?

Jagalah hati agar orang lain tidak ikut rugi.
Doaku:
“Tuhan Yesus, bantu aku menjaga hati ini sehingga jauh dari kekecewaan kebencian apalagi akar pahit. Dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa. Amin. ”

Photo Credit: pixabay.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *