renungan-05-februari-2017-mr-cranky

MISTER CRANKY

Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 20:7-9; Matius 18:21-35
Ayat Emas
Jangan berteman dengan orang yang lekas gusar, jangan bergaul dengan seorang pemarah.
(Ams. 22:24)
Bacaan: Amsal 25:28

Dennis Rodman seorang pemain basket terkenal. Keahlian bermainnya yaitu gerakan rebound atau ketangkasan dalam merebut bola di udara. Oleh karena itu, Phill Jackson, pelatihnya, selalu menempatkan Rodman sebagai pemain utama di setiap pertandingan.

Sayangnya, Rodman memiliki sifat yang tidak baik. Ia mudah sekali marah apabila timnya mengalami kekalahan. Hal itu akan terlihat dari cara bermain Rodman yang kasar terhadap pemain lawan. Tak ayal, penonton menjulukinya dengan sebutan ‘Mister Cranky’ (Si Tuan Pemarah).

Marah adalah emosi yang wajar, yang orang tunjukkan terutama jika ia melihat ketidakbenaran atau diperlakukan buruk. Tapi kalau marah sudah berubah menjadi marah-marah, apalagi menjadi pemarah, ini yang merupakan pelanggaran. Karena hal tersebut menandakan kalau orang itu tidak mampu mengendalikan diri. Ya, jika ada kesalahan sedikit saja, atau kalau ada hal yang tidak disukai, ia langsung mengeluarkan kata-kata kasar, bahkan ‘main tangan’.

Kerygmers, sebagai anak muda kita gampang emosi. Namun ingat, setiap anak-anak-Nya sudah diperlengkapi dengan Roh Kudus. Artinya, ada roh yang lebih kuat dan lebih besar yang memimpin hidup kita. Taatlah pada suara-Nya.

Kendalikan diri sebelum segalanya berubah menjadi tak terkendali.
Doaku:
“Roh Kudus, bantu aku untuk belajar taat pada suara-Mu. Jadi, ketika Engkau berkata ‘jangan’, aku menurut. Tolonglah, aku untuk bisa melakukannya. Amin.”

Photo Credit: Flickr.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *