renungan-01-februari-2017-sopo-dan-jarwo

SOPO & JARWO

Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 18:47-50; Matius 16:13-28
Ayat Emas
Tetapi barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil ini yang percaya kepadaKu, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia ditenggelamkan ke dalam laut.
(Mat.18:6)

Pernah menonton film Adit & Sopo-Jarwo? Film animasi hasil karya bangsa Indonesia, yang diputar setiap sore hari, di salah satu stasiun TV nasional ini, menceritakan kisah-kisah kehidupan yang seru untuk ditonton.

Salah satu kisah menariknya adalah tentang persahabatan antara Sopo dan Jarwo. Sopo adalah seorang yang polos hatinya, sedangkan Jarwo dikenal sebagai pembawa masalah, karena ia sering mengajak Sopo untuk melakukan hal–hal yang tidak baik. Sopo sering menolak, namun karena takut akhirnya ia menurut juga. Namun biasanya aksi mereka tidak pernah berhasil, selalu ketahuan dan berujung pada masalah.

Firman Tuhan hari ini mengingatkan barangsiapa menyesatkan orang, atau membuat ia tidak percaya lagi kepada Kristus, lebih baik kalau ia ditenggelamkan atau mati saja. Perkataan ini keras, tapi memiliki maksud penting yaitu agar setiap kita bukan menjadi penyesat, mengajak orang melakukan hal tidak benar. Sebaliknya, setiap kita dipanggil untuk menjadi garam dan terang bagi sesama.

Kerygmers, jangan sampai teman-teman kita terpengaruh oleh karena perbuatan kita yang buruk. Sebab itu, jadilah teladan dalam perkataan, tingkah laku, kesucian, bahkan kesungguhan dalam mencari Tuhan. Tetaplah hidup dekat dan berpegang pada firman-Nya.

Kita semua dipanggil untuk menjadi berkat bagi sesama, bukan malah menjadi pembawa masalah.
Doaku:
“Tuhan Yesus, mulai hari ini aku tidak mau lagi menjadi pembawa masalah. Aku tidak ingin memengaruhi orang untuk melakukan hal yang tidak patut. Tolonglah aku untuk selalu menjadi anak-Mu yang berkenan. Amin. ”

Photo Credit: budiputra.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *