renungan-15-januari-2017-tidak-menyalahgunakan-kebebasan

TIDAK MENYALAHGUNAKAN KEBEBASAN

Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 10:1-11; Matius 9:27-38
Ayat Emas
Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.
(Gal. 5:13)
Bacaan: Filipi 2:12

John diberi kebebasan oleh orang tuanya. Mereka mengizinkannya pulang malam, asalkan tujuannya jelas, misalnya untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah bersama teman.

Sayangnya, suatu kali, John menyalahgunakan kebebasan itu. Ia pergi ke mall sampai larut malam hanya untuk bersenang-senang, bermain game, menghabiskan uang untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan. Ketika orangtuanya tahu, sejak itu John tak pernah diizinkan lagi pulang malam, sekalipun mungkin alasannya baik. Mengapa? Sebab, John tidak bisa menghargai kebebasan yang sudah diberikan kepadanya.

Ketika seseorang sudah menerima Tuhan Yesus, sebagai Tuhan dan Juru selamatnya, secara otomatis ia berpindah status dari hamba dosa menjadi orang merdeka, karena Tuhan Yesus sudah mengampuni semua dosa-dosanya. Namun firman-Nya mengingatkan agar kita tidak memakai kebebasan itu untuk berbuat dosa dan melakukan apa pun yang kita sukai.

Kerygmers, keselamatan merupakan anugerah yang mahal harganya. Jadi jangan disia-siakan, hargailah! Setelah kita menerima kasih karunia tersebut, kerjakan keselamatan itu dengan takut dan gentar. Bahkan layani Tuhan dengan talenta dan kemampuan yang kita miliki, sehingga ada lebih banyak orang yang mengenal Kristus melalui kehidupan kita. Mau?

Keselamatan memang cuma-cuma, tapi bukan berarti kita bisa menyia-nyiakannya.
Doaku:
“Terima kasih, ya, Bapa, untuk untuk penebusan dan keselamatan yang Engkau anugerahkan padaku. Aku mau makin setia mengikut-Mu. Amin.”

Photo Credit: talesfromamother.blogspot.co.id

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *