renungan-13-januari-2017-jaga-hati

JAGA HATI

Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 9:1-11; Matius 8:1-4, 18-22
Ayat Emas
Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.
(Ams. 4:23)
Bacaan: Yakobus 1:19

Shrew, sejenis tikus, mempunyai sifat agresif bahkan cepat tersinggung. Meskipun panjangnya cuma 12 centimeter, namun ia mempunyai gigitan beracun yang menyebabkan luka yang sulit disembuhkan. Selain itu, ia pun dapat mengeluarkan bau yang sangat tidak sedap. Dengan bau ini, musuh-musuhnya biasanya tidak akan berani mendekatinya. Walaupun begitu, shrew juga menguntungkan manusia lho. Ya, mereka bisa melindungi ladang dan kebun sayuran dengan menghilangkan serangga dan hama yang merugikan.

Siapa yang juga punya sifat mudah tersinggung? Diledek sedikit marah. Diajak bercanda, tidak bisa, ngambek. Menjaga hati adalah upaya pengendalian diri. Artinya, kita menjaga agar kita tidak lekas marah bahkan tidak menyimpan dendam.

Sayangnya, ada orang yang begitu dipengaruhi lingkungan sekitar. Padahal, orang lain memang bisa mengecewakan atau membuat kesal, tapi kita dapat menentukan respon positif yakni tidak membalas dan memilih tidak marah-marah, sehingga tidak kehilangan damai sejahtera dan sukacita.

Kerymers, latih diri kita. Semakin terbiasa menjaga hati dan mengendalikan diri, semakin kita tidak mudah marah, dendam dan benci sekalipun teman bersikap negatif kepada kita.

Jagalah hati sehingga kita tidak gampang sakit hati.
Doaku:
“Roh Kudus, tolong aku untuk mampu menjaga hati dan mengendalikan diri ini, sehingga tidak menjadi orang yang gampang tersinggung. Amin. ”

Photo Credit: northvalleynews.org

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *