renungan-05-januari-2017-cuma-titipan

CUMA TITIPAN

Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 4; Matius 4:1-17
Ayat Emas
Lalu TUHAN Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil.
(Kej. 3:23)

Andi merasa kesal bukan main dengan adiknya, John. Itu terjadi karena John merusakkan motornya, yang dititipkan kepadanya, saat ia pergi ke luar kota. Ternyata saat Andi pergi, John memakai motor itu dengan ugal-ugalan, dan menjadi rusak.

Saat menciptakan Adam dan Hawa, Allah menempatkan mereka di taman Eden. Ia menitipkan taman tersebut agar mereka mengusahakan dan merawatnya. Sayangnya, keduanya didapati melanggar perintah Allah, mereka pun diusir dari sana. Namun demikian, Allah tetap memberi tempat (tanah) agar manusia mengusakannya demi kelangsungan hidup mereka.

Tuhan pun sudah menitipkan bumi ini pada kita. Lalu bagaimana sikap kita dalam mengelolanya? Cobalah lihat bumi dalam arti yang lebih kecil yakni rumah, sekolah dan lingkungan sekitar kita. Apakah kita menjaga kebersihannya, membuat keadaan menjadi nyaman untuk dihuni?

Seringkali yang terjadi, kita tidak mau tahu, kurang peduli, bahkan cenderung merusak bumi ini. Padahal, jika saja kita mau menjaganya, semua keuntungannya kita juga yang merasakan.

Mulai hari ini, jadilah pengelola yang baik. Itu dilakukan karena kita ingin berterima kasih pada Tuhan, karena sudah menyediakan segala hal yang baik bagi kelangsungan hidup kita.

Bumi ini bukan milik kita, hanya titipan Allah. Maka jadilah pengelola yang dapat dipercaya.
Doaku:
“Bapa di Surga, aku mau belajar bertanggung jawab atas semua titipan-Mu dalam hidupku. Dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa. Amin.”

Photo Credit: http://divineahadjie.blogspot.co.id

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *