renungan-19-desember-2016-gorila

GORILA

Bacaan Alkitab Setahun:
Wahyu 10
Ayat Emas
Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian.
(Ef.6:1)
Bacaan: Efesus 6:1-9

Dalam dunia gorila, biasanya gorila jantan yang menjadi pemimpin atas sekelompok gorila. Mereka berpindah-pindah tempat sesuai perintah si pemimpin. Sebagai seorang pemimpin dan ayah, gorila jantan punya banyak tugas. Mulai dari mencari makan untuk isteri dan anak-anaknya, mengajarkan anaknya membuat tempat tidur, mengajarinya bersembunyi dari musuh, sampai mengajar menghadapi pemangsa.

Namun hal ini tidak berlaku bagi anak-anak gorila yang ditangkap dan ditaruh di kebun binatang. Justru mereka banyak yang mati. Sebab saat dipisahkan dari keluarganya, anak gorila menyangka kalau induk dan ayahnya telah mati. Makanya mereka bersedih hingga tidak mau makan, dan akhirnya mati.

Bila saat ini kita tinggal bersama orang tua kita, bersyukurlah. Sebab ada banyak teman-teman di luar sana, yang harus tinggal terpisah dari orang tuanya. Mungkin karena harus bekerja atau bersekolah di luar daerah. Keadaan ini tentu tidak menyenangkan. Mereka harus mandiri. Bahkan untuk bertemu keluarga pun bisa jadi mereka harus menunggu dalam waktu yang lama. Kita yang bisa bertemu keluarga kapan saja, sudah semestinya menyayangi orang tua kita, bahkan tidak membantah perkataannya.

Salah satu cara menyayangi keluarga adalah dengan mendengar perkataan orang tua.
Doaku:
“Bapa di surga, aku bersyukur karena tinggal dekat bersama keluargaku. Karena itu, aku mau senantiasa mengasihi bahkan taat pada mereka. Amin. ”

Photo Credit: pexels.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *