renungan-09-desember-2016-suka-menuntut

SUKA MENUNTUT

Bacaan Alkitab Setahun:
Yudas
Ayat Emas
Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.
(Yes. 55:8)

Jika ada orang yang sangat sering menuntut orang, organisasi, benda dan membawa kasus tuntutannya itu ke pengadilan, pasti orang itu bernama Jonathan Lee Riches.

Kabarnya ia telah menuntut sebanyak 4.000 buah tuntutan. Adapun orang-orang atau organisasi yang pernah dituntutnya adalah mantan presien AS, George W. Bush, Ratu Inggris, Britney Spears, organisasi Nazi milik Adolf Hilter, Menara Eiffel, dan masih banyak lagi. Karena saking banyaknya tuntutan yang dia buat, maka Guiness Book pun mengukuhkannya sebagai orang yang paling banyak menuntut pada tahun 2010.

Tanpa disadari kita pun sering atau bahkan terlalu banyak menuntut. Kita menuntut orangtua membelikan kita ini dan itu karena sudah menjadi tanggung jawab mereka. Kita menuntut teman-teman memperlakukan kita dengan baik. Bahkan kita menuntut Tuhan menjawab semua doa kita dengan cepat.

Menuntut apa yang menjadi hak kita tidaklah salah. Namun kalau kita cenderung memaksa atau mengatur orang, itulah yang keliru. Tidak semua yang kita inginkan, bisa kita dapat. Belajarlah menjadi dewasa. Terutama kedewasaan di dalam Tuhan. Artinya, kita rela menerima segala yang Allah izinkan hadir dalam hidup kita.

Menuntut berarti memaksakan keinginan, dan hal itu sama saja dengan mengatur Tuhan.
Doaku:
“Bapa di Surga, ampuni kalau selama ini tanpa sadar aku sering menuntut. Hari ini aku mau belajar tidak memaksakan kehendakku kepada orang tua terutama kepada-Mu. Amin.”

Photo Credit: delivertheword.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *