renungan-30-november-2016-mengakui-danmeninggalkan

MENGAKUI DAN MENINGGALKAN

Bacaan Alkitab Setahun:
II Petrus 2
Ayat Emas
Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi.
(Ams.28:13)

Benny keranjingan bermain game online. Awalnya, ia hanya bermain jika memiliki uang jajan lebih saja. Namun lama kelamaan, meskipun tidak mempunyai uang, ia akan berusaha mendapatkannya. Sebab kalau tidak bermain, ia akan uring-uringan. Demi memperoleh uang, ia meminjam dari teman-temannya, bahkan menggunakan uang yang harusnya dipakai untuk membayar SPP. Suatu kali sampai berani mencuri dari dompet orang tuanya.

Ketika pihak sekolah menagih SPP kepada ibunya, spontan orang tua Benny terkejut lalu menanyakan kepada anaknya. Benny mengaku jika uangnya dipakai untuk menolong temannya yang kesusahan. Dalam hati, Benny merasa takut sekali, jika kebohongannya kelak akan terbongkar.

Lihatlah, begitu seseorang melakukan dosa atau kesalahan dan ia tidak segera membereskannya, maka ia akan melakukan kesalahan yang lain lagi. Ia seakan menutupi dosa dengan dosa. Akhirnya, bukannya penyelesaian yang ia dapat, namun keadaan yang bertambah kacau. Bahkan hatinya sendiri jadi tidak tenang, selalu dibayangi ketakutan.

Kerygmers, apabila kita diingatkan tentang kelalaian kita, ayo segera minta ampun kepada Tuhan dan memperbaiki diri. Sebab, bukan saja orang sekitar akan memaafkan kelakuan kita, hati kita pun akan menjadi damai kembali.

Menutup dosa dengan dosa hanya membuat kita menderita.
Doaku:
“Roh Kudus, bantu aku untuk senantiasa hidup benar dan kudus di mata-Mu, supaya hatiku dipenuhi sukacita dan damai sejahtera. Amin.”

Photo Credit: Flickr.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *