renungan-03-oktober-2016-merespon-dgn-benar

MERESPON DENGAN BENAR

Bacaan Alkitab Setahun:
Efesus 5: 17-33
Ayat Emas
Sesungguhnya berbahagialah manusia yang yang ditegur Allah, sebab itu janganlah engkau menolak didikan yang maha kuasa.
(Ayb.5:17)
Bacaan: Ayub 5:13-17

Apakah kamu suka dikritik oleh orang lain? Ada beberapa orang yang tidak mudah menerima kritikan dari orang lain. Beberapa lagi bisa menerima kritikan karena mereka menganggap hal itu baik untuk memperbaiki sikap mereka selanjutnya. Bahkan ada pula orang yang begitu mudah menjadi marah karena sebuah kritik atau teguran.

Bagaimana seharusnya sikapmu saat menerima teguran? Alkitab memberikan contoh seorang tokoh saleh yang bernama Ayub. Kisah Ayub memberi gambaran seseorang yang setia dan taat kepada Allah. Hal itu menuntun Ayub kepada berkat yang melimpah.

Ayub menyadari bahwa teguran adalah untuk memperbaiki dirinya menjadi pribadi yang semakin berkenan kepada Allah. Dia tidak sakit hati pada saat ditegur, namun mengakui bahwa ada yang salah dan haruslah diperbaiki.

Kerygmers, apakah kamu marah dan kemudian menghindar saat menerima teguran? Ayub tidak memilih menjadi marah dan lari pada saat mendapat teguran. Ia menghadapinya dan berusaha memperbaiki hidupnya.

Lari dari sebuah teguran bukan berarti menyelesaikan permasalahanmu. Terkadang kita harus belajar berani menerima teguran, yang akan mendidik kita menjadi lebih baik lagi. Yuk, terus meneladani Ayub, yang tetap setia kepada Tuhan!

Orang yang sukses adalah orang yang menganggap suatu teguran keras baginya, lebih lembut dari pada sanjungan merdu dari seseorang yang berlebihan.
Doaku:
“Tuhan Yesus, aku mau mengikuti teladan Ayub yang tetap setia walaupun di tengah badai kehidupan. Berkati dan bantu aku, ya, Bapa, untuk melakukannya. Amin.”

Photo Credit: www.eventbrite.com.au

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *