renungan-15-september-2016-mengapa-vs-apa

MENGAPA Vs APA

Bacaan Alkitab Setahun:
II Korintus 8
Ayat Emas
Ada seorang laki-laki di tanah Us bernama Ayub; orang itu saleh dan jujur; ia takut akan Allah dan menjauhi kejahatan.
(Ayb. 1:1)
Bacaan: Ayub 1:20-22

Ada sebuah display picture (DP) bbm yang berbunyi, “Don’t be totally worried about everything that’s going around you. It’s my job. Signed Jesus.”

Saat membaca DP ini, kita diajak untuk tidak terlalu mengkhawatirkan masalah yang sedang mengelilingi kita. Sebab, Tuhan kadang-kadang sengaja mengizinkan penyakit, kesedihan, kekecewaan, penolakan, untuk hadir diantara kita. Dialah yang mengerjakan semuanya. Ya, persoalan datang bukan karena kesalahan atau kelalaian kita saja tapi terkadang merupakan kehendak-Nya.

Barangkali kita berpikir, “Hah? Katanya Tuhan cuma memberikan yang terbaik, tapi mengapa malah memberi bencana, penyakit, dan kesusahan lainnya?” Sebelum kita terus bertanya-tanya, lihatlah kehidupan Ayub.

Ayub adalah seorang yang saleh dan takut akan Tuhan. Namun, Allah mengizinkan ia mengalami penderitaan sedemikian rupa, untuk menguji imannya. Allah ingin melihat, apakah saat ia kehilangan segalanya tetap dapat memuliakan nama Tuhan? Hingga akhirnya terbukti bahwa Ayub benar-benar merupakan orang yang saleh dan takut akan Tuhan.

Guys, ayo kita menjadi seperti Ayub. Ketika masalah datang, jangan bertanya, “Mengapa persoalan ini menimpaku?” tapi bertanyalah, “Apa yang harus saya lakukan untuk bangkit? Apa maksud Tuhan dibalik masalah ini?” Saat kita mengganti kata “MENGAPA” menjadi “APA”, Tuhan Yesus akan menyatakan rencana-Nya yang sesungguhnya dalam hidup kita.

Jangan bertanya MENGAPA saat terjadi masalah. Bertanya APA, sehingga Tuhan memberi jalan keluarnya.
Doaku:
“Tuhan Yesus, apa yang harus aku lakukan untuk mengatasi masalah ini? Tunjukkan lah apa yang dapat aku perbuat agar dapat menyenangkan hati-Mu. Tolonglah aku, ya, Bapa. Amin.”

Photo Credit: elmundoesunlibro.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *