renungan-11-september-2016-petrus-vs-yudas

PETRUS Vs YUDAS

Bacaan Alkitab Setahun:
II Korintus 4
Ayat Emas
Maka teringatlah Petrus akan apa yang dikatakan Yesus kepadanya: “Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali.” Lalu ia pergi ke luar dan menangis dengan sedihnya.
(Mat. 26:75)

Yudas dan Petrus sama-sama murid Tuhan Yesus. Mereka berdua pun pernah melakukan kesalahan yang fatal. Yudas menjual Tuhan Yesus kepada para ahli Taurat. Sementara Petrus menyangkal nama Tuhan Yesus di hadapan banyak orang.

Pada akhirnya keduanya sama-sama menyesal setelah melakukan kesalahan tersebut, namun perbedaannya adalah Yudas menyesal lalu memutuskan bunuh diri. Sebaliknya, Petrus memilih bangkit dari kegagalannya. Bahkan dikemudian hari, ia menjadi rasul yang rela mati bagi Kristus.

Tidak ada manusia yang tidak pernah melakukan kesalahan. Sebagian orang sesudah berbuat salah, diliputi perasaan bersalah, menyalahkan diri sendiri, bahkan sampai tertekan. Sebagian orang lagi, menyesal tapi tidak berhenti pada sebuah penyesalan semata. Mereka melakukan sesuatu untuk menebus kesalahan itu, bahkan berjanji tidak akan membuat kesalahan yang sama lagi.

Guys, bagaimana dengan kita? Tidak peduli kelalaian apa yang kita lakukan hari ini, akui dan mohonlah pengampunan pada Tuhan. Kemudian berusahalah memperbaiki kelakuan kita. Percayalah kalau kita tidak berlama-lama dalam penyesalan, tidak berlarut dalam kesedihan namun mau membereskan dosa-dosa kita, Tuhan akan memberi kita sukacita dan damai sejahtera yang baru.

Jangan hanya menyesal setelah melakukan kesalahan. Tapi perbaiki agar menyenangkan hati Tuhan.
Doaku:
“Tuhan Yesus, ampunilah aku jika telah menyakiti hati-Mu melalui perkataan, pikiran dan perbuatanku. Aku mau menjadi anak-Mu yang lebih baik lagi, hari demi hari. Tolong aku untuk melakukannya. Amin.”

Photo Credit: roxanabursuc.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *