renungan-09-september-2016-cerdik-dan-tulus

CERDIK DAN TULUS

Bacaan Alkitab Setahun:
II Korintus 2
Ayat Emas
Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.
(Mat.10:16)

Ada banyak orang yang luar biasa di dunia ini. Mereka dianugerahi talenta atau kemampuan seperti, berbicara dalam 14 bahasa, menciptakan berbagai gadget-gadget yang laris, membuat berbagai jenis lagu, dan sebagainya.

Allah memang menciptakan manusia dengan kecerdasan di atas makhluk ciptaan lain. Bahkan, Ia juga memberikan Roh-Nya kepada kita dengan tidak terbatas sehingga kamu dan saya dimampukan melakukan perkara-perkara besar.

Namun pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara kita menggunakan karunia tersebut? Ada orang yang pandai tapi memakai kepandaiannya untuk membuat bom, dan melukai banyak orang. Tidak sedikit juga yang memanfaatkan kecerdasannya untuk menipu.

Sebagai anak-anak Allah, mohonlah agar kita tidak cuma diberi kecerdikan tapi ketulusan juga. Sebab kecerdikan tanpa diimbangi dengan hati yang tulus hanya akan membuat kita menjadi anak yang jahat. Sebaliknya, ketulusan tapi tidak cerdik pun bukan hal yang baik, kita akan mudah dibohongi.

Guys, ingatlah bahwa cerdik dan tulus itu harus berjalan beriringan, agar kita dapat menjadi anak-Nya yang pandai dan mampu menggunakan ilmu untuk kepentingan orang banyak, bahkan memuliakan nama Tuhan Yesus. Setuju?

Kebaikan hati tanpa kecerdasan, sia-sia. Sebaliknya, kecerdasan tanpa diikuti sifat-sifat yang benar, membahayakan.(Samuel Jackson)
Doaku:
“Tuhan Yesus, hari ini aku meminta agar Roh Kudus-Mu memenuhi hatiku dengan kebijaksanaan dan kejujuran, supaya hidupku menjadi berkat bagi banyak orang. Amin.”

Photo Credit: valiantsheep.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *