renungan-20-agustus-2016-melupakan-untuk-mengampuni

MELUPAKAN UNTUK MENGAMPUNI

Bacaan Alkitab Setahun:
I Korintus 3
Ayat Emas
dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;
(Mat. 6:12)

“Apa yang membuatmu bahagia dan sukses?” tanya seorang jurnalis, pada seorang pengusaha yang jatuh bangkrut tapi kemudian dapat bangkit kembali dari kejatuhannya.

Pengusaha itu terdiam beberapa lama, kemudian sambil tersenyum ia menjawab. “Melupakan dan mengampuni mereka yang telah membuatku jatuh.”

“Apa maksudnya?” tanya jurnalis itu lagi.

“Pada awalnya memang tidak mudah mengalami kejatuhan. Tapi aku bekerja keras untuk berusaha melupakan semua itu dan mengampuni musuh-musuhku. Sehingga aku dapat bangkit lagi dan menikmati semua ini,” ucap pengusaha itu sekali lagi.

Apa keistimewaan dari sebuah pengampunan? Dengan pengampunan sebuah jurang kebencian yang dalam sekalipun bisa dilewati dengan jembatan kasih sayang. Pengampunan memungkinkan seseorang untuk belajar melupakan hal-hal yang jahat yang terjadi dalam hidupnya, dan berusaha mengisi hatinya dengan kasih dari Tuhan. Jika hidupmu penuh dengan kasih, apa yang akan terjadi? Kamu hanya memikirkan melakukan hal-hal yang terbaik dalam hidupmu.

Jika seseorang ingin melakukan yang terbaik dalam hidupmu, berarti ia tidak ingin dirinya dipenuhi dengan rasa dendam untuk seseorang yang telah menghancurkannya. Tapi hatinya, semangatnya dipenuhi kasih untuk berbuat sesuatu yang lebih baik, lebih baik dan lebih baik.

Coba tilik hidupmu saat ini, lebih banyak manakah yang terjadi: dipenuhi aura negatif penuh dengan rasa dendam terhadap seseorang atau aura positif untuk mengampuni dan mengasihi seseorang? Kamu sendiri yang mengetahuinya!

Forgiveness is a permanent attitude ~ Martin Luther King, Jr.
Doaku:
“Tuhan Yesus, aku mau belajar mengampuni dan melupakan hal-hal yang jahat yang pernah terjadi dalam hidupku. Berikan keberanian dalam hatiku untuk melakukannya. Amin.”

Photo Credit: apocministries.org

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *