renungan-15-agustus-2016-kentang-busuk

KENTANG BUSUK

Bacaan Alkitab Setahun:
Roma 15:1-13
Ayat Emas
Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.
(Mat. 5:44)

Saat retret berlangsung, Kak Farel mengajak anak-anak dalam sebuah games. “Ambillah selembar kantong plastik ini, dan kentang itu. Kalian bisa mengambil kentang itu sejumlah seberapa banyak orang yang kalian benci sampai saat ini. Kemudian ikat kantong plastik itu pada pinggang kalian, hingga akhir masa retret ini.”

Awalnya semua anak bersemangat. Ada yang mengambil 1 kentang, 2, 3 maupun 5 kentang. Awalnya semua merasa lucu ke mana-mana, selama acara retret berlangsung, membawa kantong plastik kentang di badan mereka. Tapi lama kelamaan mereka menjadi terganggu, karena ke kamar mandi, maupun tidur mereka tetap harus membawa kentang yang lama kelamaan membusuk itu. Akhirnya semua anak protes akibat bau busuk tersebut.

“Tahukah kalian, kentang-kentang yang kalian ambil ini sebenarnya menggambarkan hati kalian. Jika kalian merasa benci pada seseorang dan tidak berusaha mengampuninya, ia pun lama kelamaan akan menjadi busuk, berbau dan menyebabkan kalian menjadi sakit. Tapi jika kalian mau mengampuni dengan membuang kentang tersebut satu persatu, hidup kalian pun akan menjadi sehat,” terang Kak Farel.

Guys, membenci atau memelihara rasa pahit terhadap seseorang memang tidak terlihat dari luar, namun efeknya luar biasa dalam hidup kalian. Kalian memang masih terlihat sehat, tapi sejatinya dari dalam diri kalian mulai digerogoti penyakit kebencian yang membuat busuk tubuh kalian. Jika kalian ingin bebas dari penyakit tersebut, mengampuni adalah jalan pertama proses kesembuhanmu. Mintalah pada Tuhan Yesus agar Dia membuatmu berani mengampuni musuh-musuhmu.

Jika dosa dipelihara, ia juga akan membusuk dalam jiwa kita, dan kita mati olehnya.
Doaku:
“Tuhan Yesus, jangan biarkan hatiku menjadi busuk akibat kebencian yang meracuni jiwaku. Aku ingin mengasihi mereka dengan kasih dari-Mu. Amin.”

Photo Credit: www.keyword-suggestions.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *