renungan-28-juli-2016-sola-gratia

SOLA GRATIA

Bacaan Alkitab Setahun:
Kisah Para Rasul 28
Ayat Emas
Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah.
(Ef. 2:8)

Sola gratia adalah satu dari tiga pandangan yang diusung oleh bapak reformasi gereja, yaitu Marthin Luther sebagai sebuah kritik terhadap kehidupan gereja pada abad pertengahan.

Dua pandangan lainnya adalah sola fide, yaitu kembali kepada iman dan sola scriptura, yaitu kembali kepada kebenaran Alkitab.

Sola gratia sendiri berarti hanya oleh anugerah saja, sebuah pandangan yang menegaskan bahwa orang hanya bisa selamat oleh anugerah Allah semata dan bukan karena perbuatannya sendiri.

Ini bukan berarti bahwa kita tak perlu lagi melakukan perbuatan baik. Perbuatan baik tetap perlu kita lakukan, apalagi sebagai anak-anak Allah. Namun tujuan kita berbuat baik seperti memberi, menolong teman, dan seterusnya bukan untuk beroleh amal atau kehidupan kekal, itu kita lakukan karena kita mengasihi mereka.

Nah, jika kita mengerti bahwa keselamatan adalah pemberian, hadiah dari Allah bagi siapa saja yang percaya kepada-Nya, yang menjadi masalah adalah apakah kita sudah mengundang Tuhan Yesus secara pribadi untuk menjadi Tuhan dan juruselamat kita? Apakah kita mengakui bahwa kita tidak bisa menyelamatkan diri sendiri dan membutuhkan Tuhan? Jika belum, mari lakukan hari ini.

Keselamatan adalah anugerah Allah, tidak didapat karena usaha dan kerja keras kita.
Doaku:
“Tuhan Yesus, hari ini aku mengundang Engkau untuk masuk dalam hidupku. Jadilah Tuhan dan juruselamatku dan ampuni semua dosa dan pelanggaran yang pernah aku lakukan. Aku percaya saat ini aku sudah menjadi anak-Mu dan berhak memperoleh keselamatan dari-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin. “

Photo Credit: dribbble.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *