renungan-07-juli-2016-kepo

KEPO

Bacaan Alkitab Setahun:
Kisah Para Rasul 15:1-21
Ayat Emas
Lagipula dengan keluar masuk rumah orang, mereka membiasakan diri bermalas-malas dan bukan hanya bermalas-malas saja, tetapi juga meleter dan mencampuri soal orang lain dan mengatakan hal-hal yang tidak pantas.
(1 Tim. 5:13)

Kepo alias rasa ingin tahu masalah orang lain adalah hal yang menggoda untuk dilakukan. Ingin tahu siapa pacar teman sekarang atau apa yang menyebabkan teman putus dari pacarnya adalah contoh dari rasa ingin tahu kita terhadap orang lain.

Sebenarnya rasa ingin tahu seperti ini sah-sah saja, hanya kadang bila sudah menyentuh wilayah privat alias kita menanyakannya terus-terusan, tentu akan mengganggu. Nyebelin deh!

Rasul Paulus menuliskan sebuah peringatan agar jangan menjadi orang yang suka mencampuri urusan orang lain, termasuk selalu ingin tahu urusan orang-orang. Karena biasanya, setelah tahu orang akan berkomentar yang bukan-bukan atau bergosip yang membuat orang bersangkutan merasa tidak nyaman.

Teman-teman, hati-hatilah dengan rasa kepo dan kebiasaan ingin mencampuri urusan orang lain. Ingat ada hal yang boleh kita ketahui, ada saatnya kita terlibat tetapi ada waktunya kita diam dan membiarkan mereka menyelesaikan masalahnya sendiri. Kalau pun akhirnya kita tahu tentang masalah teman, ada baiknya kita menyimpan perkara itu sendiri, jadi tidak disebarluaskan lagi. Bahkan, doakan agar teman kita yang tengah mengalami masalah mendapat jalan keluar terbaik.

Rasa ingin tahu tentang orang lain memang menggoda. Jangan sampai hal itu membuat kita berdosa.
Doaku:
“Bapa di Sorga, tolong supaya aku dapat mengendalikan rasa ingin tahuku terhadap masalah orang lain. Apalagi, keingintahuan yang bukan bermaksud memberi penyelesaian masalah, malahan menambah beban masalah. Dalam nama-Mu aku berdoa. Amin.”

Photo Credit: malakayuara.wordpress.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *