renungan-17-juni-2016-amy-carmichael

AMY CARMICHAEL

Bacaan Alkitab Setahun:
Kisah Para Rasul 3
Ayat Emas
…. Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima.”
(Kis. 20:35c)

Amy Carmichael hidup di Irlandia, sebagai sulung dari 8 bersaudara. Ayahnya mempunyai pabrik tepung dan mereka hidup mewah. Kemudian keadaan ekonomi memburuk, pabriknya bangkrut, ayahnya meninggal. Amy harus keluar dari sekolahnya yang mahal, pindah ke rumah yang kecil dan mengurus ketujuh adiknya. Dunia jadi jungkir balik untuk keluarga ini, sangat menyakitkan, bukan.

Suatu waktu, ia dan ibunya sedang minum teh di sebuah kafe. Ada pengemis kecil yang mengintip dari kaca dan melihat ke arahnya, dengan mata membesar dan kelaparan. Hal itu sangat menyentuh hatinya. Saat itulah Amy tahu, ketika besar dan sudah berpenghasilan, ia akan memberikan uangnya pada yang miskin.

Beberapa tahun kemudian, dengan keadaan tubuh yang sakit-sakitan, Amy terpanggil untuk pergi ke India dan melayani di sana. Ia menampung banyak anak-anak India yang tidak diinginkan dan dibuang keluarganya. Jadilah Amy mendirikan sebuah panti asuhan. Ia tidak pernah menikah dan memberikan hidup sepenuhnya untuk menolong mereka yang tersisih. Dan hal itu memberikan sukacita yang sangat besar dalam hidupnya.

Apakah kamu sedang sebal dan galau hari-hari ini? Cobalah berbagi kasih dengan orang lain. Belilah sebungkus nasi seharga Rp 6.000,- dan berikan pada tukang sapu atau tukang becak atau pengemis. Hatimu akan terasa lain saat kamu melakukannya. Itulah sukacita dalam memberi. Tidak hanya itu, banyak kebaikan yang bisa dilakukan. Kata-kata ramah, senyum tulus, kunjungan pada nenek yang kesepian, telinga untuk mendengar, dsb. Cobalah!

Dalam memberi dan berbagi, ada sukacita ajaib tersendiri.
Doaku:
“Tuhan Yesus, ajari aku untuk menemukan sukacita dari membantu orang lain. Berikan roh yang lembut dan tulus dalam diriku. Amin.”

Photo Credit: alternativainformacije.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *