renungan-16-juni-2016-kisah-penambang-chile

KISAH PENAMBANG CHILE

Bacaan Alkitab Setahun:
Kisah Para Rasul 2:22-47
Ayat Emas
Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.
(Flp. 4:13)

33 orang terjebak di sebuah tempat sempit yang panas, gelap dan pengap, terputus dari dunia orang hidup yang berada 625 meter di atas mereka. Semua orang mengira mereka telah mati tertimbun reruntuhan. Yang bisa mereka lakukan adalah makan sesedikit mungkin bekal mereka dan terus berdoa serta berharap. Setelah 17 hari, baru mereka bisa memberi kabar tentang keberadaan mereka dan misi penyelamatanpun mulai dilakukan.

Berita yang terjadi di sebuah tambang di Gurun Atacama, Chile ini segera mendunia. Pertolongan datang dari banyak negara. Alat bor tambang tercanggih digunakan untuk memasukkan sebuah kapsul besi seukuran pas badan ke tempat mereka terjebak. Setiap pekerja akan masuk dalam kapsul itu dan ditarik ke atas. Dibutuhkan sekitar 15 menit untuk sampai pada permukaan. Setelah 92 hari terjebak di kedalaman bumi, mereka semua dapat diselamatkan.

Persoalan yang paling gawat adalah kondisi pikiran dan emosi mereka. Jika satu orang saja putus asa dan hilang pengharapan, maka seluruh kelompok akan terpengaruh. Tapi syukurlah, mereka yang mayoritas beragama Katolik meminta kiriman Alkitab dan Rosario untuk berdoa. Di antara mereka ada seorang pastor yang memimpin doa setiap pagi. Surat dan video dari keluarga menguatkan mereka untuk bertahan. Akhirnya mereka selamat karena fokus pada Tuhan dan keluarga. Itu yang membuat mereka kuat.

Arahkan pandangan hanya pada Yesus, maka kita akan bertahan dan selamat melewati saat tergelap sekalipun.
Doaku:
“Bapa di Surga, aku percaya, selama mata imanku tetap tertuju pada-Mu, aku akan bisa melewati apapun. Amin.”

Photo Credit: broadsheet.ie

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *