renungan-15-juni-2016-galau

GALAU

Bacaan Alkitab Setahun:
Kisah Para Rasul 2:1-21
Ayat Emas
Tetapi Engkau, TUHAN, adalah perisai yang melindungi aku, Engkaulah kemuliaanku dan yang mengangkat kepalaku.
(Mzm. 3:4)
Bacaan: Mazmur 3:1-8

Kalau kalian adalah anak remaja dan tidak pernah merasakan galau, nah itu agak aneh. Karena galau sedang melanda remaja beberapa tahun terakhir ini. Ada yang belum tahu galau itu apa?

Galau didefinisikan sebagai : bimbang, bingung, cemas, gelisah, hilang akal, kacau, khawatir, kusut, nanar, resah, risau, senewen, was-was.

Penyebab utama bisanya gak jauh-jauh dari pacaran. Memang sih ada sebab lainnya seperti masalah keluarga, masalah ekonomi, masalah nilai di sekolah dll. Tapi tetap penyumbang terbesar adalah masalah pacaran. Kalau seharian dia sudah di “PING!” bolak-balik tapi gak balas BBM-nya, langsung deh senewen. Bisa update status tapi gak bisa balas chat. Itu sudah cukup bikin sebal and bete !! Jadi deh kita galau dan bawaannya jengkel terus.

Tips manjur untuk mengatasi galau :
1. Jangan berikan sesuatu/seseorang tempat utama dalam hidupmu.
2. Ambil nafas dalam-dalam, tenangkan dirimu dan berdoalah.
3. Segera hindari setiap pikiran yang mengarahkanmu pada penyebab galau itu.
4. Lakukanlah sesuatu yang kamu suka, refresh pikiranmu.

Raja Daud galau berat waktu ia dikejar-kejar mau dibunuh anak kandungnya sendiri! Tapi dia datang pada Tuhan, percaya pada-Nya dan jadi tenang. Setiap orang pasti akan pernah menghadapi galau, tapi tidak setiap orang dikalahkan oleh perasaan galau itu. Jangan biarkan perasaan itu menguasai hidupmu dan merusak hari-harimu. Be happy, ok..!

Ada 7 miliar manusia di muka bumi ini. Jangan biarkan 1 manusia merusak hari-harimu.
Doaku:
“Tuhan Yesus, jangan biarkan aku terbawa oleh perasaan yang menekan dan mengacaukan hidupku. Aku mau bersukacita. Amin.”

Photo Credit: olarv.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *