renungan-12-juni-2016-filter-akibat

FILTER AKIBAT

Bacaan Alkitab Setahun:
Yohanes 20
Ayat Emas
Orang bijak berhati-hati dan menjauhi kejahatan, tetapi orang bebal melampiaskan nafsunya dan merasa aman.
(Ams. 14:16)

Jika kamu hendak melakukan sesuatu, pikirkanlah akibat-akibat dari apa yang akan kamu lakukan. Apakah itu mencoba merokok, ditawari Narkoba, kebut-kebutan di jalan, pacaran kelewat batas, uji nyali di kuburan atau bahkan mencoba bunuh diri sekalipun.

Makan bakso saja ada efek kenyangnya, kan. Jangan berpikir bahwa apa yang kamu lakukan tidak ada akibatnya. Semua ada rentetannya. Inilah mesin waktu yang bisa membawa pikiranmumu melayang ke waktu setelah kamu melakukan kegiatan apapun itu. Namanya FILTER AKIBAT dan jawablah pertanyaannya.

1. Apakah perbuatan itu akan bawa saya makin dekat pada Tuhan ?
Jika kamu merokok dan menggunakan Narkoba, apakah kegiatan itu akan membawa kamu lebih dekat pada Tuhan? Pasti tidak, karena ada rasa tertuduh melakukan hal yang salah.
2. Apakah perbuatan itu akan membawa orang lain makin dekat pada Tuhan?
Kalau ada orang yang melihatmu merokok, kebut-kebutan atau berpelukan di mall, mengata-ngatai temanmu dan menjatuhkan mereka di twitter, misalnya. Mereka pasti akan mencibir jika suatu saat kamu berbicara tentang kebenaran dan mengajak ke gereja.
3. Apakah perbuatan itu berbahaya secara jasmani atau rohani ?

Apakah pacaran kelewat batas itu bahaya? Jelas, karena bisa mengarah pada kehamilan dan hancurnya nama baik.

Nah setelah kamu melewati FILTER AKIBAT dan nekat melakukannya, maka jika suatu saat hidupmu dalam kekacauan, kamu harus menanggungnya. Tapi semoga itu tidak terjadi.

Siapa menabur angin, ia akan menuai badai. Siapa menabur kebaikan akan menuai kebaikan, begitu juga sebaliknya.
Doaku:
“Tuhan Yesus, latih aku untuk selalu memikirkan akibat dari perbuatanku. Ajari aku untuk menjadi orang yang berhikmat. Amin.”

Photo Credit: Flickr.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *