renungan-11-juni-2016-bar-mitzvah

BAR-MITZVAH

Bacaan Alkitab Setahun:
Yohanes 19:23-42
Ayat Emas
Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.
(Flp. 4:7)
Bacaan: Filipi 4:7-9

Dalam adat Yahudi hingga saat ini, jika seorang anak pria mencapai umur 13 tahun dan wanita 12 tahun, ia akan menjalani upacara yang bernama Bar-Mitzvah. Upacara ini menandakan bahwa si anak memasuki masa dewasa dan bertanggung jawab atas hidupnya sendiri. Mengerti mana yang benar dan salah, menerima kewajiban sebagai layaknya orang dewasa. Tentu saja setelah melewati masa belajar Taurat dan adat istiadat Yahudi dari kecil.

Bagaimana kita membedakan sesuatu itu benar atau salah? Jika kamu dihadapkan pada kebingungan menilai sesuatu benar atau salah, masukkan dalam pertanyaan berikut.
1. Apakah melanggar Firman Tuhan?
Kamu sudah tahu hampir semua cerita Alkitab Sekolah Minggu. Kamu tahu hukum-hukum Tuhan. Pasti ada satu yang cocok. Jika itu melanggar Firman Tuhan, berarti itu salah.
2. Apakah mengusik kedamaian dalam hati?
Roh Kudus memberikan alat dalam diri kita yang bernama DAMAI SEJAHTERA. Jika kamu gelisah tentang sesuatu dan hatimu merasa bahwa itu salah, maka Roh Kudus sedang mencoba mengatakan padamu bahwa itu salah. Maka menurutlah pada-Nya.
3. Apakah bertentangan dengan ajaran orang tua?
Orang tua pasti banyak mengajarkan nilai-nilai hidup, moral dan sopan santun. Contoh, pulang main jam 2 pagi itu salah, bukan? Orang tuamu pasti akan marah besar jika mengetahuinya.

Nah jika kamu hendak melakukan sesuatu dan kamu ragu-ragu, coba cek dengan pertanyaan di atas. Jika salah, ya jangan dilakukan

Apa yang baik belum tentu benar. Tapi apa yang benar pasti baik.
Doaku:
“Tuhan Yesus, berikan tuntunan Roh-Mu yang kudus agar aku bisa membedakan mana yang benar atau salah. Ajari aku untuk selalu memilih kebenaran-Mu. Amin.”

Photo Credit: baltimorehebrew.org

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *