renungan-03-juni-2016-stressor-1-sekolah

STRESSOR #1 : SEKOLAH

Bacaan Alkitab Setahun:
Yohanes 13:21-38
Ayat Emas
Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu.
(Mzm. 119:71)

Status Nia hari ini di twitter adalah “Blm selese tugas yg satu udh ada tugas yg lain, ulangan pula. Mati ajaaaaa!”

Apakah kalian mengalami hal yang sama ?

Hal-hal yang membuat kita stres dinamakan STRESSOR. Nah, bagi kebanyakan anak remaja, stressor nomor satu adalah sekolah. Gimana gak stres, tugas-ulangan-PR sambung menyambung. Tapi Firman Tuhan berkata bahwa penderitaan karena mengejar ilmu itu sebenarnya baik buat kita. Tinggal kitanya saja gimana bisa mengatur waktu.

Ini ada beberapa tips untuk menghindarkan kalian dari stres.

1. Buatlah jadwal besar di dinding kamar/tempat yang mudah terlihat. Isikan jadwal ulangan, les, tugas, PR, pelayanan bahkan hang out dengan teman. Masukkan di jadwal itu kapan tugas harus dikumpulkan. Kalian jadi bisa melihat garis besar waktu kalian di situ.

2. Jangan pernah menunda mengerjakan PR/tugas hingga detik terakhir. Buatlah deadline dua hari sebelum dikumpulkan, semua tugas harus selesai. Jaga-jaga kalau ada halangan di detik terakhir.

3. Carilah keunikan cara belajarmu sendiri. Alisha belajar dengan diiringi musik yang berdentum-dentum. Benaya harus belajar di kamar yang tenang. Vanya selalu membawa camilan. Sharon lebih mudah menghafal dengan banyak coretan berwarna di bukunya. Ozil senang berjalan mondar-mandir sambil menghafal. Dan masih banyak cara lagi. Temukan gayamu ! Itu akan memudahkanmu.

4. Berdoalah memohon hikmat dan bimbingan Roh Kudus.

STUDYING = STUDENTS + PRAYING
Doaku:
“Tuhan Yesus, aku benar-benar memohon hikmat dan bimbingan-Mu untuk melewati masa-masa sekolah ini. Jadikanlah ini semua ringan dan menyenangkan untuk dilewati. Amin.

Photo Credit: studynama.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *