renungan-02-juni-2016-what-a-stressed-world

WHAT A STRESSED WORLD

Bacaan Alkitab Setahun:
Yohanes 13:1-20
Ayat Emas
Dalam kesesakan aku telah berseru kepada TUHAN. TUHAN telah menjawab aku dengan memberi kelegaan.
(Mzm. 118:5)

Elaine Leader adalah pengelola Teen Line, sebuah hotline untuk remaja di Cedars-Sinai Medical Center, di Los Angeles (Ssstt! Itu rumah sakitnya artis-artis Hollywood, lho..). Dalam setahun ada 4.600 telpon yang masuk dari remaja-remaja yang stres untuk berkonsultasi. Selain itu ada 4.100 email dan 15.000 SMS yang berbicara tentang stres dari remaja-remaja di seluruh Amerika. Dan setiap tahun semakin buruk, katanya. Stress melanda seluruh dunia. Bahkan Cesar Milan dalam acara Dog’s Whisperer menyelesaikan banyak kasus anjing yang berubah perilaku karena stres.

Stres adalah faktor yang bersifat jasmaniah, kimiawi dan emosional yang menyebabkan ketegangan tubuh dan mental. Adik bayi jika tidak nyaman atau lapar ia akan mengangis keras. Ayah gampang marah karena tuntutan pekerjaan di kantor. Opa tidak mau makan karena frustasi dengan penyakitnya. Supir angkot saling memaki di tengah udara yang sangat panas. Ibu guru yang bisaanya ramah berubah jadi judes sekali. Di mana-mana kita melihat bentuk-bentuk stres. Bahkan kita sendiripun ikut tertekan melihatnya.

Kabar baiknya adalah, kita tidak perlu menelan semua keadaan menekan yang dibawa oleh orang lain itu. Jangan biarkan itu semua bikin kita gak hepi, rugi banget. Caranya? Setiap sampai di rumah, masuklah ke tempat yang tenang di mana kamu bisa sendirian. Ambil nafas panjang berkali-kali dan berdoalah.

Jangan bawa beban kemana-mana. Letakkan di tangan Tuhan dan biarkan Ia membawanya.
Doaku:
“Tuhan Yesus, aku mempersilahkan Roh-Mu yang kudus untuk membersihkan segala bentuk tekanan yang aku alami hari ini. Aku mengundang sukacita dan damai sejahtera-Mu memenuhiku. Amin.”

Photo Credit: vanillanews.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *