renungan-23-mei-2016-turut-merasakan

TURUT MERASAKAN

Bacaan Alkitab Setahun:
Yohanes 8:1-27
Ayat Emas
Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.
(Ibr. 4:15)

Joe Namath adalah seorang bintang sepak bola Amerika. Suatu hari, ia mengunjungi mantan pelatihnya Bear Bryan.

Saat berkunjung, ternyata Bear Bryan sedang mengadakan pertemuan dengan para pemainnya. Bear berkata kepada mereka, “Ini adalah jam kedisiplinan. Aku ingin sepatu kalian mengkilap, rambut tercukur rapi dan pakaian yang dikenakan sesuai jadwal. Aku tidak ingin melihat pembangkang atau orang yang tidak bisa diatur. Karena ketidaktaatan adalah kebodohan. Jika ada yang bodoh, yang tidak mau diberitahu, silahkan berdiri!”

Joe Namath sedari tadi berdiri mendengarkan mantan pelatihnya itu. “Joe, kenapa kau berdiri? Kamu kan tidak bodoh?” tanya Bear. Joe menjawab, “Aku hanya sangat sedih melihat Anda berdiri sendirian.”

Kerygmers, mungkin jawaban Joe Namath kedengarannya lucu, namun kisah di atas mengajarkan kita tentang suatu sikap yang terpenting dalam solidaritas, yaitu turut merasakan. Sikap ini penting terutama dalam sebuah pertemanan, sebab kita mau turut merasakan kesusahan orang, tidak hanya memikirkan kesenangan atau perasaan diri kita sendiri.

Sobat Kerygmers, mari kita bertanya kedalam hati kita masing-masing. Kapan terakhir kali kita berusaha mengerti perasaan teman kita? Kapan terakhir kali kita duduk bersama seorang teman yang tengah mengalami musibah, sambil mendengarkan keluhannya? Mulai sekarang marilah kita memiliki hati yang peka terhadap sesama, agar kita dapat menjadi saluran berkat bagi para sahabat-sahabat kita.

Miliki hati yang peka, bukan sebaliknya selalu ‘menutup mata’.
Doaku:
“Tuhan Yesus, berilah aku hati yang peka, yang bisa merasakan apa yang dirasakan teman lain saat mereka sedang mengalami kesusahan. Amin.”

Photo Credit: kissyourworld.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *