renungan-20-mei-2016-mengenali-kekurangan

MENGENALI KEKURANGAN

Bacaan Alkitab Setahun:
Yohanes 6:45-71
Ayat Emas
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. )
(Rm. 12:2

Theodore Roosevelt dikenal oleh masyarakat Amerika sebagai pemimpin negara yang hebat. Salah satu alasannya karena ia mampu mengenali kelemahannya sendiri.

Saat masih anak-anak, Roosevelt dalam kondisi lemah, dan sering sakit-sakitan. Penyebabnya karena ia mempunyai penyakit asma dan kekurangan berat badan. Mengetahui hal itu, ia mendedikasikan dirinya sendiri untuk memperkuat tubuhnya. Ia pun kemudian bekerja sebagai koboi, mengikuti perburuan binatang, bertempur sebagai perwira pasukan, dan bertinju. Lama-kelamaan ia berubah dari bocah laki-laki yang lemah menjadi presiden Amerika yang paling kuat.

Kerygmers, pernahkah kamu bertemu seseorang yang punya sedikit teman atau bahkan tidak memiliki sahabat seorang pun? Atau kamu sendirikah orangnya? Jika itu terjadi, kita mesti belajar mengenali kekurangan kita. Mungkin kita adalah orang yang malas, suka berkata kasar, kurang pandai, boros, suka bergosip. Coba pikirkan, siapa yang suka berteman dengan orang seperti itu? Setelah kita tahu kelemahan kita, langkah selanjutnya adalah memperbaikinya dan menggunakan kelebihan kita untuk membantu orang lain.

Kerygmers terkasih, waktu Roosevelt tahu kekurangannya dan berubah, dan ia berhasil. Demikian pula seharusnya kita. Ketika kita bisa mengetahui kekurangan dalam diri kita dan mau mengubahnya, niscaya kita akan dikelilingi oleh banyak teman dan hidup lebih berbahagia.

Sebuah kelemahan akan menjadi senjata yang tajam, saat kita mau mengubahnya menjadi kekuatan dalam hidup.
Doaku:
“Tuhan Yesus, berilah aku hikmat sehingga bisa menyadari kekuranganku selama ini. Tolonglah aku untuk mengubah kekuranganku menjadi kelebihanku. Amin.”

Photo Credit: lankumbla.is-saved.org

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *