renungan-19-mei-2016-kerja-sama

KERJA SAMA

Bacaan Alkitab Setahun:
Yohanes 6:22-44
Ayat Emas
Maka penatlah tangan Musa, sebab itu mereka mengambil sebuah batu, diletakkanlah di bawahnya, supaya ia duduk di atasnya; Harun dan Hur menopang kedua belah tangannya, seorang di sisi yang satu, seorang di sisi yang lain, sehingga tangannya tidak bergerak sampai matahari terbenam.
(Kel. 17:12)

Kerygmers, tahukah kamu berapa jauh seekor kumbang kecil dapat terbang? Faktanya seekor kumbang dapat terbang menyeberangi terusan Inggris-dari Inggris ke Perancis, kira-kira 50 Km dalam garis lurus. Luar biasa bukan!

Tapi biasanya mereka memang tidak terbang sendirian, mereka terbang secara berkelompok bersama kumbang yang lain. Tetapi itu tetaplah merupakan prestasi yang menakjubkan.

Hal tersebut juga pernah terjadi pada Yosua. Ketika Yosua berperang dengan orang Amalek, terjadilah sesuatu yang menarik. Apabila Musa mengangkat tangannya, lebih kuatlah orang Israel, tetapi apabila ia menurunkan tangannya, lebih kuatlah orang Amalek. Maka Musa terus mengangkat tangannya, namun lama-kelamaan ia pun menjadi lelah. Lalu Hur dan Harun menopang kedua tangan Musa, sampai Yosua benar-benar mengalahkan seluruh orang Amalek dalam peperangan.

Kerygmers, kerja sama yang baik memang memberi hasil yang lebih baik, daripada bekerja sendirian. Karena itu, di sekolah, di gereja atau di rumah, jangan ragu untuk bekerja sama dengan orang-orang yang ada di sekitarmu. Jangan gengsi meminta bantuan teman, jika kalian membutuhkan. Dengan begitu kalian bisa lebih dekat satu sama lain dan bebanpun akan menjadi lebih ringan.

Bekerja sendirian hanya membuat kita kelelahan.
Doaku:
“Tuhan Yesus, jangan biarkan aku menganggap diriku sendiri kuat, sehingga tidak memerlukan seorang teman. Jauhkan lah segala rasa gengsi dari hatiku. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.”

Photo Credit: pixabay.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *